The Leadersip in My Self Apakah Perlu? Septo Indarto

11 Jan

The Leadersip in My Self

Apakah Perlu?

Septo Indarto

 

Kepemimpinan dalam diri kita? Apakah perlu? Kita bisa menjawab pertanyaan tersebut kepada diri kita bahwa kepemimpinan dalam diri kita sangat diperlukan karena akan menunjuukan mengenai kuaitas diri kita. Kepemimpinan diri sangat penting sekali untuk meraih langkah yang sukses di masa yang akan datang. Kepemimpinan diri harus diciptakan semenjak kita masih berusia muda. Selama lebih dari dua dekade kita mengenal mengenai karya The 7 Habits of Highly Effective People sebagai sebuah fondasi dan kekuatan untuk menciptakan perubahan dalam diri kita. Karya Stephen Covey telah banyak di baca oleh setiap orang yang menginginkan sebuah perubahan besar dalam hidupnya. Karya Stephen Covey di pelajari untuk mengubah diri kita dan juga kinerja organisasi.

Menciptakan kepemimpinan diri harus berasal dari diri kita sendiri. Perubahan yang sedang terjadi haruslah melalui sebuah proses bukan terjadi dengan tiba-tiba. Menciptakan kepemimpinan harus di tempa oleh berbagai rintangan supaya kita bisa mencari solusi dari semua permasalahan yang muncul dalam diri kita. Menjadi pemimpin bukanlah berasal dari hasil yang instan (Jangka waktu pendek). Jika seorang pemimpin di bentuk dengan proses yang instan maka dia tidak akan bertahan dengan lama karena dia tidak akan tahan dengan berbagai macam tekanan yang ada. Kepemimpinan diri membutuhkan perjuangan dan kerja keras dalam mewujudkannya.

7 habits memberikan dampak yang positif dalam:

  1. Workplace Satisfaction.
  2. Communication between Employees.
  3. Team Work.
  4. Organizational Goal Focus.
  5. Conflict Management/Collaboration.
  6. Organization Resilience.

Ketika berbicara mengenai kepemimpinan diri kita juga harus bertanya kepada diri kita What Can I do for the others? Lingkungan adalah sebuah tempat yang mampu untuk mengembangkan mengenai diri kita. Lingkungan adalah tempat yang mampu untuk mengembangkan mengenai diri kita. Lingkungan adalah tempat latihan bagi diri kita untuk mengelola banyak hal. Kita harus mampu menciptakan kepercayaan kepada orang lain. Karena untuk mendapatkan sebuah kepercayaan adalah hal yang tidak mudah untuk di dapat. Sekali waktu orang lain akan memberikan sebuah kepercayaan  kepada diri kita, maka mereka akan memberikan kepercayaan itu kepada diri kita selama seumur hidup. Tetapi jika kita sudah merusak kepercayaan tersebut maka orang lain tidak akan memberikan kepercayaan lagi kepada kita selama seumur hidup kita. Oleh karena itu jagalah kepercayaan dengan sebaik mungkin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: