Apa Yang Di Maksud Teknologi Nano? Septo Indarto

11 Jan

Apa Yang Di Maksud Teknologi Nano?

Septo Indarto

 

Saat ini kita sering mendengar istilah mengenai teknologi Nano. Apa sih yang dimaksud dengan teknologi Nano? Teknologi Nano adalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu untuk mengontrol zat, material dan skala nano meter sehingga dapat menciptakan fungsi baru yang belum pernah ada. Ukuran 1 Nano Meter adalah 1 per satu miliar meter yang berarti ukurannya 50.000 kali dari ukuran rambut manusia.

Satu hal yang harus diketahui adalah teknologi nano dapat membuat zat di ubah menjadi ukuran yang lebih kecil dan sidat serta fungsi zat tersebut dapat di ubah sesuai dengan kehendak kita. Jadi teknologi nano dapat membuat peragkat-perangkat menjadi lebih kecil tau dengan kata lain teknologi yang mampu untuk merekayasa dalam skala nano meter. Ukuran nano adalah seluruh parameter kehidupan seperti biologi, elektronik dan lainnya yang bisa dikontrol secara teknis.

Jika kita berhasil menguasai teknologi nano berarti kita dapat menguasai teknologi masa depan. Teknologi nano sangat penting sekali untuk di kuasai karena mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi kemajuan suatu bangsa.

Di masa mendatang teknologi nano akan mempunyai pengaruh yang besar bagi perkembangan industri. Pengenalan teknologi nano  bisa di mulai dari tingkat sekolah supaya generasi muda mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai teknologi nano. Sehingga di masa depan generasi muda dapat menguasai teknologi nano.

Teknologi nano dapat digunakan dalam filtrasi penyaringan air. Dari air yang kotor hingga di ubah menjadi air yang bersih dan sangat jernih sehingga kita dapat menjernihkan air kita. Untuk skala medis dan juga pengobatan. Teknologi nano dapat digunakan untuk mendeteksi kanker dan juga dapat menghantarkan langsung obatnya ke sel target. Untuk industri detergen dapat menciptakan butiran detergen yang mampu membersihkan semua macam noda dalam serat pakaian. Pesawat terbang juga saat ini di buat dari bahan komposit yang sangat ringan dan kekuatannya sama seperti baja. Penggunaan teknologi nano bisa digunakan untuk pengembangan berbagai macam produk seperti pembuatan komputer, produk elektronik, kosmetik, polimer, suplemen makanan dan juga ramuan herbal. Penelitian mengenai nano teknologi terus dikembangkan. Untuk pengembangan teknologi diperlukan kerjasama antara industri dan juga akademisi di universitas untuk menciptakan daya saing industri nasional.

Industri kecil, menengah, besar dapat menjadi pemain kunci bagi pengembangan teknologi nano dan dapat menciptakan produk-produk baru dalam teknologi nano yang mempunyai nilai jual yang lebih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: