Teknologi Augmented Reality Septo Indarto

9 Jan

Teknologi Augmented Reality

Septo Indarto

 Saat ini teknologi Augmented Reality akan menjadi kebutuhan di bidang riset dan juga industri bahkan juga industri iklan. Kemajuan teknologi memungkinkan semua hal itu terjadi. Suksesnya permainan Pokemon Go yang mewabah di segala penjuru dunia adalah sebuah trend teknologi masa depan yang terjadi saat ini. Komputer saat ini dan juga ponsel pintar (Smartphone) mengadopsi teknologi Augmented Reality. Secara umum pengertian Teknologi Augmented Reality adalah perpaduan antara dunia maya dan dunia nyata  atau dengan kata lain teknologi ini adalah mengikuti prinsip yang menempelkan gambar-gambar dunia maya di lingkungan dunia nyata. Contoh seseorang yang ingin membeli sebuah mobil baru bisa di lihat terlebih dahulu apakah ditempatkan di dalam depan rumah atau di di dalam ruangan rumah sebelum anda ingin membeli mobil tersebut. Anda ingin merenovasi dapur anda, anda bisa memilih desain yang cocok untuk kebutuhan dan keinginan anda sebelum anda melakukan renovasi total dapur anda.

Aplikasi Augmented Reality yang canggih akan membutuhkan perangkat lunak (software) dan juga perangkat keras (hardware) yang lebih canggih untuk digunakan oleh semua orang. Perusahaan Google dan Apple. Google dan Apple mengembangkan teknologi ini dimasing-masing perangkatnya. Google mengembangkan teknologi ini melalui pengembangan teknologi OS Android sedangkan Apple menggunakan OS iOS, perusahaan-perusahaan lainnya juga akan menerapkan teknologi yang sama dan teknologi Augmented Reality akan menjadi kebutuhan semua orang untuk kegiatan pekerjaan dan juga kebutuhan hiburan.

Nintendo adalah perusahaan yang mempopulerkan teknologi Augmented Reality untuk pengembangan permainan hiburan video game yang didistribusikan melalui smartphone dan berhasil menjadi trend ikon di seluruh dunia. Kesuksesan permainan video Pokemon Go menunjukan kehebatan Nintendo menciptakan inovasi baru dalam industri video game. Bahkan banyak terjadi kasus-kasus yang cukup menghebohkan dalam pencarian moster di seluruh dunia, seperti ada orang yang jatuh ke sungai untuk mencari dan mendapatkan monster Pokemon.

Ponsel pintar (Smartphone) adalah salah satu alat yang mengadopsi teknologi Augmented Reality versi awal karena dibutuhkan oleh semua orang. Smartphone bukan hanya untuk berkomunikasi saja tetapi juga dapat membantu setiap orang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Saat ini teknologi smartphone akan terus berkembang baik dari segi perangkat lunak (Software) maupun segi perangkat keras (Hardware).

Toko perabot online Wayfair telah memasang aplikasinya baik sistem operasi Android dan sistem operasi iOS. Penggunaan aplikasi ini bertujuan untuk membantu para konsumen untuk memetakan dimensi ruangan anda dan menyesuaikan skala benda maya secara otomatis sehingga anda tidak perlu untuk mengukur secara manual. Ini akan membantu anda untuk meletakan perabot yang anda ingin beli untuk ditempatkan ditempat yang cocok sebelum anda sungguh-sungguh untuk membelinya.

Penggunaan teknologi Augmented Reality juga sangat berguna untuk diterapkan di dunia pendidikan untuk merangsang para pelajar untuk belajar. Bahkan para siswa dapat mengerkan sebuah proyek sains yang bisa dikerjakan secara bersama-sama sehingga akan menarik untuk dipelajari dan juga untuk dikembangkan. Para siswa juga dapat menjelajahi sistem tata surya, gunung berapi, tempat-tempat bersejarah dengan menggunakan perangkat cerdas baik smartphone, komputer, TV pintar ataupun perangkat lainnya.  Universitas juga harus menerapkan penggunaan teknologi Augmented Reality dalam pengembangan pelajaran dan juga pengembangan penelitian ilmiah atau riset dalam dunia digital sehingga akan  banyak menciptakan inovasi-inovasi penelitian baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Seiring dengan  berjalannya waktu aplikasi-aplikasi yang berbasis teknologi Augmented Reality akan terus berkembang karena kebutuhan setiap orang yang berbeda dan pengembangan aplikasi program berbasis teknologi Augmented Reality akan bervariasi sama seperti pengembangan teknologi aplikasi perangkat lunak (Software) selama 20 tahun mulai dari kebutuhan dasar untuk bekerja hingga aplikasi untuk bermain, berfoto, berwisata dll. Perusahaan-perusahaan akan memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak untuk pengembangan teknologi Augmented Reality. Teknologi Augmented Reality akan semakin berkembang dan menarik minat orang untuk menggunakannya.

Ini hanya menunggu waktu, kita semua akan banyak menggunakan aplikasi berbasis teknologi Augmented Reality untuk kebutuhan kita baik kebutuhan untuk bekerja. Perusahaan-perusahaan teknologi akan bekerja keras untuk menciptakan produk-produk baru yang berbasis teknologi Augmented Reality.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: