Go-Jek dan Pengembangan Bisnis Septo Indarto

16 Jul

Go-Jek dan Pengembangan Bisnis
Septo Indarto

Sebagai sebuah perusahaan transportasi berbasis teknologi, perusahaan Go-Jek terus mengembangkan pengembangan bisnis dengan terus menerus menambah produk-produk layanan baru yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk menciptakan inovasi layanan produk baru maka dibutuhkan pengembangan sumber daya manusia dengan kemampuan skill diatas rata-rata. Fokus pengembangan sumber daya manusia yang menjadi fokus perusahaan Go-Jek untuk meningkatkan layanan bisnis mereka. Saat ini terdapat ada sekitar delapan produk layanan di aplikasi Go-Jek dan empat layanan di aplikasi Go-Life. Untuk terus menerus memberikan kemudahan dalam pelayanan yang berbasis teknologi kepada konsumennya. Go-Jek saat ini mendirikan dua kantor di luar negeri yaitu yang pertama di Bengaluru India dan yang kedua di Singapura.
Di Bengaluru India, Go-Jek telah berhasil mengakuisisi start up lokal India, tujuannya untuk pengembangan produknya, kantor yang telah berdiri sejak bulan November 2016 telah dijadikan sebagai pusat pelatihan untuk ratusan engineer Go-Jek yang berasal dari India dan juga Indonesia. Para engineer tersebut akan di latih untuk meningkatkan kemampuan aplikasi Go-Jek yang akan digunakan di Indonesia. Kolaborasi antara engineer dari Indonesia dan dari India diciptakan untuk mempercepat kemampuan inovasi produk baru Go-Jek. Sehingga hal itu akan memberikan nilai tambah bagi konsumen di Indonesia.
Pada bulan Januari 2017. Go-Jek membuka kantor di Singapura sebagai kantor data science. Vice President Data Science Go-Jek Misrab Faizullah-Khan mengatakan bahwa pembukaan kantor Go-Jek di Singapura saat ini difokuskan untuk kegiatan data science. Karena perusahaan Go-Jek masih fokus untuk mengembangkan pasar di Indonesia yang masih sangat besar.
Kantor data science di Singapura saat ini memperkerjakan karyawan sekitar 20 orang dan 16 diantaranya adalah data scientist. Kantor data scientist di Singapura diharapkan akan menyerap tenaga kerja yang ahli di bidang data scientist dan data engineer di masa mendatang untuk memperkuat bisnis Go-Jek di masa yang akan datang.
Pada awal berdirinya di tahun 2010, Go-Jek hanya menerima layanan melalui panggilan telepon. Seiring dengan perkembangan waktu. Pada awal tahun 2015, Go-Jek sebagai perusahaan transportasi berbasis teknologi bertransformasi dengan menghadirkan aplikasi di OS Android dan OS iOS. Di play Store Android, Go-Jek telah diinstal lebih dari 10 juta orang. Aplikasi Go-Jek diciptakan untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, gaya hidup dan pembayaran.
Aplikasi Go-Jek adalah on-demand mobile platfrom yang menyediakan berbagai layanan mulai dari transportasi, logistik, pembayaran, layanan antar makanan dan berbagai layanan on-demand lainnya. Saat ini Go-Jek telah mempunyai mitra driver sebanyak 250.000 terdiri dari mitra driver ojek dan mitra driver mobil. Go-Jek telah mempunyai kerjasama dengan 100.000 penjual makanan dan lebih dari 7000 penyedia jasa layanan lainnya.
Sosok Wanita di Balik Suksesnya Bisnis Go-Jek
Nama Alamanda Shantika telah di kenal luas sebagai sosok wanita di balik suksesnya bisnis Go-Jek. Dia adalah anggota tim awal yang merintis untuk membangun Go-Jek dari nol bersama Nadiem Makarim sang pendiri Go-Jek. Peran dia dalam membangun bisnis Go-Jek tidak main-main karena dia mempunyai peran yang sangat penting untuk membangun sistem aplikasi Go-Jek. Dia bergabung dengan tim engineer Go-Jek. Dia adalah salah seorang wanita yang sukses berkarir di industri teknologi. Sebelum berkarir di Go-Jek dia telah bekerja di perusahaan Barrybenka dan juga perusahaan Kartuku dan juga dibeberapa perusahaan lainnya.
Dia adalah lulusan Binus University dan sejak kecil sudah menyukai pelajaran Matematika. Saat di bangku kuliah dia memilih dua jurusan yaitu TI dan Matematika. Dia mempunyai gelar sebagai sarjana TI dan juga Matematika.
Pada bulan Mei 2014 dia memutuskan untuk bergabung ke Go-Jek. Dia kemudian mulai membangun aplikasi Go-Jek bersama timnya. Menurut Amanda: Saat itu Go-Jek belum jadi apa-apa. Saya dan beberapa teman yang tergabung dalam tim mencoba untuk merancang aplikasinya dulu supaya untuk mengetahui bagaimana caranya supaya enak digunakan. Aplikasi Go-Jek yang dikerjakan bersama tim, mereka melakukan pekerjaan dari mulai mendesain tampilan sampai programmingnya.
Untuk program pelatihan bisa menghubungi saya di nomer 0817151574

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: