Hubungan Diplomatik China dan Jepang Septo Indarto

29 Mar

Hubungan Diplomatik China dan Jepang
Septo Indarto

Hubungan diplomatik China-Jepang kembali memanas setelah salah seorang menteri dari Jepang sengaja berkunjung ke Taiwan untuk sebuah kunjungan khusus untuk menghadiri acara promosi pariwisata, pihak Tokyo mengatakan kunjungan Wakil Menteri Jiro Akama ke Taiwan adalah untuk menghadiri acara tersebut, dia pergi hari Jumat (24/03/2017) dan pulang kembali ke Jepang pada haru berikutnya.
Tetapi bagi China itu adalah sebuah kunjungan yang penuh dengan nilai konfrontasi karena sampai saat ini China masih menganggap bahwa Taiwan adalah bagian dari China dan bukan negara yang merdeka. Bahkan Taiwan dianggap sebagai salah satu propinsi yang membangkang kepada China. Karena berani mengadakan hubungan bilateral kepada sejumlah negara di seluruh dunia, walaupun lebih banyak dalam hubungan bilateral kerjasama ekonomi dan kerjasama teknologi.
Pihak China mengatakan apa yang dilakukan oleh Jepang telah menyalahi kepercayaan China yang menganggap Jepang adalah tetangga China, sementara bagi Jepang saat ini China adalah ancaman serius dibidang geopolitik yang berkaitan dengankonflik di wilayah Asia Timur dan juga berada di wilayah perairan China Selatan. Jepang dengan meminta bantuan dukungan militer dari Amerika dan juga Korea Selatan berupaya untuk mengimbangi pengaruh dan tindakan agresif militer China di kawasan Asia Timur dan juga perairan China Selatan.
Media di Jepang juga memberitakan bahwa Akama adalah pejabat pemerintahan tertinggi yang secara resmi mengunjungi Taiwan sejak Jepang telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan pada tahun 1972 dan membuka kembali hubungan dengan pihak Beijing.
Ini merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh pihak Jepang yang secara jelas tidak menghargai hubungan diplomatik dengan China. Pihak China merasa terluka dan juga merasa tidak di hargai oleh pihak Jepang mengenai kunjungan tersebut.
Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying bahwa kunjungan tersebut tentunya akan berpengaruh kepada hubungan baik China-Jepang yang di dasari kepada sikap hubungan saling percaya satu sama lain.
Menurut NHK yang telah menayangkan kunjungan tersebut, Akama mengatakan bahwa kunjungan ke Taiwan tidak aakan mengubah hubungan baik Jepang-China dan juga Jepang-Taiwan. Jepang menganggap perlu untuk mengadakan kerjasama yang baik kepada China dan Taiwan.
Bagi Jepang, China dan Taiwan adalah dua negara yang mempunyai potensi ekonomi yang besar dan dapat bekerjasama dengan Jepang saat ini dan juga di masa yang akan datang. Tetapi pandnag China melihat sebagai hal yang lain, kunjungan tersebut dapat merusak hubungan baik China-Jeoang saat ini dan juga di masa yang akan daatang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: