Internet dan Industri Pariwisata Septo Indarto

5 Jan

Internet dan Industri Pariwisata

Septo Indarto

Internet akan terus membuka peluang bagi perkembangan industri pariwisata di seluruh dunia. Para turis akan mencari informasi-informasi mengenai pariwisata melalui internet. Dari mulai mencari informasi sebuah daerah yang ingin dikunjungi, penginapan dengan biaya terjangkau, atraksi wisata dengan atraksi kebudayaan di sebuah daerah, daerah kuliner di sebuah daerah yang ingin di kunjungi dll. Satu hal yang harus kita perhatikan adalah segmen dari para turis milenial akan terus berkembang dan tumbuh. Mereka adalah generasi yang akrab dengan internet dan akan selalu membawa gadget kemanapun mereka pergi. Airbnb juga merupakan situs favorit mereka. Karena mereka ingin mencari tempat dengan biaya yang terjangkau dan nyaman.

Menurut William D. Chalmers seorang penulis dan juga seorang turis yang senang berkelana untuk mengunjungi daerah-daerah wisata menulis di harian Huffington Post. Dia memprediksi bahwa pada tahun 2017 nanti para turis milenial akan online selama 48 jam sehari dan selama tujuh hari seminggu dan mereka akan selalu mencari harga-harga terbaik untuk melakukan perjalanan pariwisata.

Kata kunci menurut Chalmers yang akan di cari oleh banyak orang adalah: Milenial, Online dan deal terbaik (menyangkut harga yang terbaik yang ditawarkan).

David Chapman, mantan direktur umum World Youth Student and Educational (WYSE) Travel Confederation mengatakan saat ini setidaknya sekitar 20% dari seluruh turis internasional adalah berasal dari generasi milenial. Pada tahun 2020 nanti diperkirakan ada sekitar 320 juta perjalanan yang dilakukan oleh para turis dari generasi milenial.

Mereka adalah generasi yang akan menggerakan industri pariwisata di seluruh dunia. Tentunya ini adalah prospek yang sangat cerah dan mempunyai potensi yang besar untuk di garap dengan serius. Menurut situs Hospitality.net saat ini ada sekitar 87% turis generasi milenial yang mencari informasi pariwisata dari Facebook dan juga media sosial yang lain. Facebook dijadikan inspirasi untuk jalan-jalan. Mereka akan melihat album foto mengenai jalan-jalan dan ajakan untuk pergi ke daerah tersebut.  Selain facebook, gambar-gambar yang di up load di Instagram juga menjadi inspirasi untuk melakukan sebuah kegiatan perjalanan ke daerah-daerah yang unik dan ingin untuk dikunjungi.

Internet dijadikan sumber informasi. Generasi milenial akan menjadikan internet sebagai media untuk membaca ulasan (review) daerah yang ingin dikunjungi, memesan dan mencek harga tiket pesawat, harga penginapan dengan biaya terjangkau tetapi memberikan fasilitas yang lengkap dan nyaman serta bersih untuk ditinggali selama beberapa hari. Intinya adalah mencari fasilitas terbaik dengan harga yang paling murah. Turis generasi milenial akan lebih banyak mencari hostel dengan harga yang sangat terjangkau. Hostel adalah pilihan utama untuk akomodasi perjalanan karena menawarkan biaya yang terjangkau. Yang penting bisa tidur dengan nyaman dan menyediakan kamar mandi dengan biaya terjangkau. Generasi turis milenial akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Yang mereka butuhkan dari sebuah penginapan adalah Wi-Fi. Wi-Fi adalah hal yang wajib. Mereka akan menceritakan perjalanan wisata mereka dan meng-up load foto-foto perjalanan wisata di sosial media.

Airbnb yang di dirikan oleh Brian Chesky merupakan singkatan dari bed and breakfast. Airbnb diciptakan untuk menjadi perantara dari pemilik hunian para tamu. Airbnb telah dikenal sebagai pasar online travel dan mempunyai pasar segment yaitu para turis muda. Menurut catatan hingga akhir tahun 2016, Airbnb mempunyai sekitar 1,5 juta rumah atau kamar yang disewakan. Properti tersebut menyebar di sekitar 34 ribu kota di 191 negara. Keunggulan Airbnb adalah menghadirkan suasana rumah dan memberikan paket lengkap yaitu dapur dan tempat parkir.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: