Tahun 2017 Adalah Tahun Penuh Tantangan (Global-Review) Septo’s Note

1 Jan

Tahun 2017 Adalah Tahun Penuh Tantangan

(Global-Review)

Septo’s Note

 Tahun 2017 adalah tahun yang penuh dengan tantangan. Masalah-masalah global yang terjadi di tahun 2016 masih belum bisa diselesaikan. Para pemimpin dunia seperti bingung dan sulit untuk mencari solusi mengenai menyelesaikan akar permasalahan yang terjadi. Ketimpangan ekonomi terjadi lebih besar dibandingkan di masa lalu. Angka kemiskinan semakin bertambah hal ini di picu oleh ketidakmampuan banyak negara untuk membangkitkan pemberdayaan masyarakatnya dan juga konflik politik yang terjadi di Timur Tengah karena adanya kepentingan Amerika-NATO dan juga Rusia menyebabkan banyaknya pengungsi dari Timur Tengah yang mengungsi ke seluruh dunia, khususnya ke Eropa. Eropa saat ini menjadi tempat pencari suaka politik untuk para pengungsi Timur Tengah. Krisis di Timur Tengah adalah murni kepentingan politik antara Amerika-NATO dan Rusia sebagai kekuatan penyeimbang.

Krisis kemanusiaan terjadi di seluruh dunia, banyak orang-orang di berbagai belahan dunia hidup di bawah standar kelayakan, sementara negara-negara maju juga bingung untuk mencari solusi yang tepat. Eropa dan Amerika terlihat tidak berdaya menghadapi berbagai masalah internasional dan juga masalah regional. Pasar Bersama Uni Eropa belum menunjukkan hasil yang positif, Inggris sangat frustasi dan lebih baik keluar dari Uni Eropa dengan referendum Brexit (British Exit/Britain Exit). Krisis ekonomi melanda Eropa banyak PHK juga terjadi di negara-negara Eropa. Krisis Yunani dan Krisis di Eropa Timur tidak mampu diselesaikan. Para pemimpin Eropa dan Amerika lebih tertarik masalah politik dengan kekuatan NATO untuk menghadapi Rusia, sementara warga Eropa harus siap dengan berbagai macam potongan subsidi karena industri-industri Eropa sudah mulai kalah bersaing berkompetisi dengan industri-industri Asia. Investor China dan Investor Timur Tengah yang menjadi penyelamat industri di Eropa mulai dari industri olahraga sepak bola hingga industri perbankan.Eropa sudah dibuat tidak berdaya dalam kompetisi ekonomi modern. Asia telah bangkit jauh lebih lihat dan lebih canggih dalam menyusun strategi. Asia menjadi penyelamat karena kucuran modal dan juga teknologi baru. Warga Eropa saat ini hidup bergantung dari investasi Asia yang ditanam di negara tersebut.

Kejadian di Amerika pun sama. Asia telah bermain dengan cara total football gaya Belanda di bidang teknologi dan di bidang ekonomi. Negara-negara macan baru sudah lahir walaupun sudah diprediksi sejak tahun 1990-an. China-India-Indonesia akan terus memperbesar kapasitas ekonominya. Ketiga negara tersebut mempunyai kekuatan sumber daya manusia dari level generasi muda. Mereka melihat dunia adalah sebuah kesempatan untuk memperbesar pasar mereka. Pemimpin Asia bergerser jika tahun 1970-2000 adalah Jepang, saat ini China telah berhasil menjadi pemimpin Asia.  China terus menyusun kekuatan ekonomi, politik dan militer. Jepang dulu hanya mempunyai kekuatan ekonomi. Sedangkan kekuatan politik dan militer diatur oleh Amerika karena kalah perang dunia kedua.

Indonesia akan menjadi pemimpin ASEAN dan mempunyai kapasitas ekonomi besar dan kaya akan sumber daya alam. Orang-orang muda bergerak dengan ide mereka, lincah dan mampu menjadi pemain tangguh karena banyak yang menggunakan kekuatan teknologi internet. Mereka mempunyai pikiran lebih global mengenai bisnis, sosial, politik dll. Mereka banyak yang menjadi pengusaha dan juga aktivis untuk mempedayakan masyarakat. E-commerce akan tumbuh dan berkembang di Indonesia dan yang akan menggerakan adalah orang-orang muda, mereka lebih peduli terhadap Social Enterprise, bisnis dijalankan untuk membantu masyarakat. Indonesia mempunyai pasar lokal yang besar jumlahnya. Di dukung kondisi politik yang stabil dan juga ekonomi yang tumbuh 5%. Fokus Indonesia adalah pembangunan infrastruktur, mendesain ulang kebijakan pertanian, memperbaiki kualitas pendidikan. Jika tiga hal yang sedang dijalankan oleh presiden Joko Widodo berjalan. Indonesia sudah menjadi kekuatan ekonomi yang menakutkan di kawasan Asia Tenggara.

Industri UKM di Indonesia harus diperhatikan, selain mengenai peningkatan kualitas produk, pelatihan SDM dan juga menciptakan pasar. Kita butuh banyak para ahli digital marketer untuk lebih banyak diberdayakan untuk membantu UKM. UKM akan menjadi penggerak ekonomi Indonesia. Karena pasar lokal sangat besar dan ini potensi yang harus digarap dengan serius. Perlu di buat program khusus oleh perusahaan operator telekomunikasi dengan menawarkan tarif komunikasi dan internet yang terjangkau untuk pengusaha UKM. Pelatihan bisnis, IT dan juga bahasa harus diberikan kepada UKM sehingga mampu untuk bersaing di kancah lokal dan juga kancah global. UKM harus banyak menggunakan sales channel e-commerce untuk menekan biaya pemasaran dan juga penjualan. Karena ini menyangkut kegiatan promosi dan penjualan. Konsumen saat ini menginginkan proses yang sederhana dan tidak rumit dalam membali sebuah produk. Oleh karena itu permasalahan logistik di Indonesia harus diperbaiki. Pembangunan jalan di seluruh daerah harus di tingkatkan, sehingga memudahkan jalur transportasi. UKM bisa bekerja sama dengan jasa pengiriman dalam mengirim barang kepada konsumen.

Selamat Tahun Baru 2017.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: