Nokia kembali Lagi di Tahun 2017 Septo Indarto

4 Des

Nokia kembali Lagi di Tahun 2017

Septo Indarto

Nokia kembali lagi di tahun 2017 dengan mengusung OS Android. Setelah sebelumnya gagal dengan merek Nokia Lumia dan kemudian menjadi Microsoft Lumia, akhirnya Microsoft sebagai pemegang merek Nokia resmi menjual merek Nokia kepada HMD Gobal yang dimiliki oleh para mantan executive Nokia. Nokia akan menawarkan smartphone dengan harga yang sangat terjangkau dan mengusung teknonologi terbaru dengan kualitas terbaik. Ketika di era jaya Nokia yaitu era 1980-2000, Nokia selalu menawarkan produk dengan kualitas terbaik. Konsumen mengenal produk Nokia adalah produk yang bagus dan setiap produk handphone yang dikeluarkan tahan banting dan mempunyai daya tahan penggunaan produk hingga lima tahun.

Kembalinya Nokia di sambut baik sekali oleh para pengguna smartphone, karena mayoritas  pengguna smartphone saat ini adalah pengguna Nokia di masa lalu. Nokia adalah nama besar dan jaminan kualitas. Nokia siap bersaing dengan Apple dan juga Samsung untuk memperebutkan konsumen smartphone.

Fakta Mengenai Nokia:

  1. Nokia adalah perusahaan besar pertama di dunia yang mendominasi penjualan dan produksi handphone sekitar tahun 1980-2000 di seluruh dunia.
  2. Nokia adalah perusahaan yang banyak mengeluarkan model-model baru di era jayanya.
  3. Nokia terlambat mengantisipasi perubahan selera konsumen yang akhirnya memilih smartphone berbasis OS Android, penjualan Nokia merugi. Tahun 2014 Nokia menjual semuanya kepada Microsoft.
  4. Microsoft mulai meluncurkan merek Nokia dengan nama Nokia Lumia dan kemudian menjadi Microsoft Lumia dengan mengusung OS Windows. Tetapi faktanya gagal total di pasar dan tidak laku. Bahkan Microsoft sama sekali tidak mampu bersaing dengan Samsung dan Apple dalam memproduksi dan menjual Smartphone.
  5. Microsoft menjual merek Nokia kepada HMD untuk memproduksi smartphone dan juga tablet.
  6. Smartphone dan Tablet merek Nokia akan diproduksi oleh Foxconn.

Saat ini HMD Global yang dipimpin oleh veteran dari Nokia yaitu Arto Nummela akan segera meluncurkan merek Nokia kembali tahun depan yaitu 2017  dengan menggunakan OS Android setelah kesepakatan dengan Google tercapai. Jika Nokia berhasil memproduksi dan menjual smartphone dengan harga terjangkau dan menawarkan kualitas baik maka Nokia mampu bersaing dengan Samsung dan Apple.

Target pasar Nokia adalah Asia (Fokus kepada pasar India) dan Eropa Timur. Harga yang ditawarkan akan sangat terjangkau oleh konsumen di sana. CEO Nummela mengatakan kepada kantor berita Reuters: kami ingin menjadi bagian dari pemain yang diperhitungkan dalam industri dan bisnis smartphone.

HMD  dimiliki oleh Smart Connect-LP sebuah private equaity yang dijalankan oleh Jean Francois Baril. HMD Global didirikan bulan Mei 2016 setelah terjadi persetujuan pembelian merek Nokia dari Mircrosoft. HMD global akan menjalankan bisnis menggunakan merek Nokia selama 10 tahun.

HMD akan membangun partnership dengan Google dalam OS Android sementara semua yang berkaitan dengan produksi akan diserahkan kepada Foxconn dari Taiwan dengan kontrak produksi terbesar di dunia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: