Bagaimana Menulis Business Plan Anda Septo Indarto

4 Des

Bagaimana Menulis Business Plan Anda

Septo Indarto

Sebuah business plan adalah sebuah peta yang menunjukan arah bisnis anda di masa yang akan datang. Business Plan yang anda tulis menjadi sebuah dokumen akan membimbing diri anda bagaimana melakukan rencana bisnis anda secara bertahap dan dapat menumbuhkan atau membesarkan bisnis anda.

Bagaimana melakukannya: Buatlah sebuah ringkasan yang sederhana mengenai langkah-langkah yang anda lakukan dan juga anda harus memberikan gambaran mengenai company profile dan tujuan yang ingin di capai.

Langkah-langkahnya:

  1. Deskripsikan (Gambaran) mengenai usaha anda. Anda harus mampu membuat gambaran mengenai usaha anda dan jabarkan informasi-informasi penting mengenai apa yang ada ingin lakukan dalam berbisnis dan apa perbedaan bisnis andsa dibandingkan dengan para pesaing dan target market yang akan sasar.
  2. Menganalisa pasar. Sebelum memulai bisnis anda. Anda harus melakukam riset mengenai pasar, bisnis yang sedang tumbuh dan berkembang, kondisi pasar dan juga para pesaing yang terlebih dahulu sudah ada.
  3. Pengetahuan mengenai organisasi dan managemen. Setiap bisnis mempunyai struktur organisasi berbeda. Pelajari mengenai struktur managemen terbaik yang bisa diterapkan di perusahaan anda.
  4. Pelayanan atau produk yang ingin di jual. Apa yang anda ingin jual? Konsumen akan mendapatkan keuntungan apa ketika membeli produk atau jasa anda? Berapa lama produk anda dapat di pakai? Jika anda masih bingung untuk melakukan hal tersebut pelajari cara-cara memasarkan produk anda bisa membaca buku atau berbagi pengalaman dan kemudian anda dapat menulis informasi mengenai produk atau pelayanan yang anda akan jual ke konsumen.
  5. Marketing dan Sales. Apa rencana anda untuk memasarkan produk anda? Apa strategi penjualan yang anda ingin terapkan?
  6. Mengenai pedanaan. Jika memang anda belum mempunyai modal yang cukup maka anda perlu untuk mencari beberapa investor, anda harus mengumpulkan mengenai informasi-informasi mengenai investor yang anda sedang cari.
  7. Mampu membangun bisnis yang kuat. Walaupun anda harus memulai bisnis dari nol, tetapi seiringnya dengan berjalannya waktu anda harus mampu membesarkan bisnis yang anda jalani. Anda harus berhasil menjadi pemenang dalam persaingan dengan para kompetitor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: