Branding Septo’s Note

2 Des

Branding

Septo’s Note

Branding adalah kegiatan marketing untuk menciptakan sebuah nama brand atau merek, simbol atau desain yang mengindetifikasikan dan membedakan sebuah produk dari produk-produk kompetitor lainnya.

Apakah yang di maksud dengan branding?

Sederhana saja. Merek anda adalah yang dikenal dan memenuhi harapan kepada para pelanggan anda.

Hal ini bermaksud bahwa anda memberi tahu atau mengatakan kepada para pelanggan apa yang dapat mereka inginkan dari produk-produk dan pelayanan-pelayanan yang anda dapat berikan.

Ini yang membedakan mengenai apa yang anda tawarkan dari para kompetitor anda.

Merek yang anda ciptakan adalah yang berasal dari siapa anda (Apakah anda ingin menciptakan hal yang baru) , anda ingin jadikan apa (Produk seperti apa yang anda ingin perkenalkan), dan orang-orang yang ingin mengetahui mengenai anda (Produk-produk anda banyak orang ingin mengetahui dan membeli produk anda).

Dasar dari penciptaan merek yang anda ingin buat adalah logo yang anda harus ciptakan.

Website, pengemasan dan materi-materi promosi adalah semua yang anda harus integrasikan ke dalam logo anda. Tujuannya adalah mengkomunikasikan merek yang  anda ciptakan.

Strategi merek yang anda lakukan adalah berisi mengenai HOW, WHAT, WHERE, WHEN AND TO WHOM.  Anda harus berencana untuk dapat mengkomunikasikan dan menyampaikan pesan-pesan yang ingin disampaikan dari merek yang anda ciptakan.

Ketika anda menciptakan iklan untuk mempromosikan merek milik anda itu adalah bagian dari strategi memperkenalkan merek anda.

Apa yang anda komunikasikan secara visual dan secara verbal juga adalah bagian strategi untuk memperkenalkan merek.

Strategi branding yang tepat akan menciptakan sebuah kekuatan brand equity.

Brand equity adalah menambahkan nilai tambah kepada produk atau pelayanan dari perusahaan anda untuk menjual dengan harga lebih kepada konsumen dari pada hanya menjual produk tanpa ada merek sama sekali.

Contohnya.

Coke Coca Cola VS a Generic Soda

Coke Coca Cola telah membangun brand equity yang sangat kuat, dan dapat menjual lebih mahal untuk produk-produknya dan para pelanggan akan membayar lebih dengan harga yang lebih mahal.

Nilai tambah yang diberikan kepada brand equity secara berkelanjutan di ikuti oleh peningkatan kualitas atau pengalaman emosional. (Akan mengangkat merek dan  lebih di sukai oleh pelanggan).

Contohnya: Merek Nike dihubungkan dengan atlit-atlit terkenal. Nike berharap pelanggan akan mentransfer pengalaman emosional dari para atlit untuk membeli produk Nike. Nike tidak hanya menjual sepatu, tetapi kelebihan yang dimiliki. (Features/kelebihan-kelebihan) yang dapat menjual sepatu itu kepada pelanggan.

Mendifisikan merek adalah seperti sebuah perjalanan bisnis yang panjang (Membutukan waktu) untuk menemukan hal yang tepat untuk menentukan merek anda.

Untuk membangun sebuah merek:

  1. Apa misi usaha/perusahaan yang anda ingin ciptakan?
  2. Apa keuntungan-keuntungan dan kelebihan-kelebihan dari produk atau jasa yang anda ingin ciptakan?
  3. Apakah para pelanggan dan juga para prospek sudah siap untuk menyambut merek yang anda ingin ciptakan?
  4. Apa keunggulan-keunggulan yang anda ingin berikan kepada pelanggan yang berkaitan dengan usaha anda?

Kuncinya:

  1. Lakukan riset.
  2. Pelajari apa kebutuhan-kebutuhan, kebiasaan-kebiasaan dan keinginan-keinginan yang anda ingin ciptakan setelah mempelajari apa yang diinginkan oleh para pelanggan.
  3. Jangan mengandalkan apa yang anda pikirkan dan inginkan tetapi cari tahu apa yang pelanggan inginkan dan pikirkan.
  4. Mencari tahu lebih banyak informasi mengenai apa yang dipikirkan dan diinginkan oleh pelanggan.

Ketika pertama kali anda telah berhasil menetapkan mengenai merek yang anda akan ciptakan dan bagaimana anda mendapatkan solusinya.

  1. Dapatkan logo yang terbaik (Pasang di setiap tempat).
  2. Tulis pesan-pesan dari yang anda ingin sampaikan (Apa pesan inti yang anda ingin sampaikan mengenai merek anda? Setiap orang harus mengetahui mengenai merek yang anda perkenalkan).
  3. Mengintegrasikan merek

Merek harus mencakup semua aspek dari bisnis anda, bagaimana anda menjawab semua telepon, apa pakaian anda cukup sopan dan rapi dan begitu pun pegawai anda ketika melakukan sales visit, bagaimana anda menulis e-mail. Ini semua menyangkut image perusahaaan anda dan para pelanggan akan menghubungkan dengan merek yang komunikasikan atau anda perkenalkan kepada para pelanggan.

  1. Berkomunikasi secara sopan dengan tata bahasa yang baik akan mencerminkan kualitas merek anda di mata para pelanggan. Cara berkomunikasi ini harus diterapkan kepada semua komunikasi tertulis dan digabungkan ke dalam pandangan visual dari semua materi-materi yang di buat baik untuk kegiatan online maupun offline. Apakah merek anda telah di kenal oleh pelanggan? Ciptakan sebuah percakapan untuk memperkenalkannya. Ciptakan percakapan formal tetapi tidak kaku untuk mendapatkan respon dari pelanggan.
  2. Kembangkan Tag Line. Tulis kata-kata yang sering kali di ketik atau di cari oleh para pelanggan yang dapat mencari merek anda di internet, khususnya mesin pencari google.
  3. Desain templates dan ciptakan materi-materi yang tepat untuk menggambarkan produk anda untuk membuat materi promosi. Gunakan warna yang sama (Jika ingin warna biru dalam sebuah halaman gunakan warna biru semua di semua halaman), taruh logo di materi tersebut, lihat dan rasakan secara keseluruhan apa sudah tepat atau belum. Anda tidak perlu membuat desain yang terlihat cantik atau indah, yang perlu anda buat adalah sesuai yang anda butuhkan.
  4. Buat gambaran yang benar kepada merek. Konsumen sangat pintar saat ini, mereka tidak akan membeli produk atau jasa yang anda tawarkan dan anda jual jika tidak sesuai ekspetasi (harapan) mereka. Anda harus mampu menjelaskan kelebihan-kelebihan produk anda tanpa berlebihan dan juga anda harus menampung saran-saran dari para pelanggan untuk perbaikan kualitas produk anda. Karena pelanggan yang merasakan kelebihan dan kekurangannya.
  5. Harus Konsisten. Tip ini mencakup semua yang anda siapkan dan anda tulis di dalam daftar yang anda buat mengenai langkah-langkahnya. Jika anda sama sekali tidak dapat melakukan hal ini, maka semua yang anda akan lakukan tidak akan berhasil untuk memperkenalkan merek yang anda ingin perkenalkan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: