Produk Spa UKM Bali Siap Bersaing di Era MEA Septo Indarto

25 Nov

Produk Spa UKM Bali Siap Bersaing di Era MEA

Septo Indarto

Bali telah dikenal sebagai daerah turis baik di dalam negeri dan di mancanegara. Kedatangan turis dari tahun ke tahun jumlahnya terus meningkat. Ini tentunya akan menjadi sebuah kesempatan yang besar bagi para pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) di Bali untuk mengembangkan bisnis mereka. Salah satu industri yang berkembang dengan pesat di Bali adalah industri spa. Industri spa sangat berkembang di Bali karena permintaan dan kebutuhan dari para wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara begitu sangat tinggi.

Spa Factory Bali adalah salah satu UKM yang melihat peluang ini dan fokus dalam pengembangan produk spa dan perawatan tubuh. Produk Spa Factory Bali telah berhasil menembus pasar internasional. Hal ini menandakan bahwa produk lokal buatan Indonesia mempunyai kualitas yang cukup bagus dan telah di sukai di pasar dunia. Ini merupakan keuntungan yang positif untuk bersaing di era MEA dan dapat menguasai pasar regional ASEAN.

Spa Factory Bali berdiri pada tahun 2002, idenya berawal dari memberikan kesempatan kepada para wisatawan untuk melihat proses produksi produk yang di buat dan kemudian mereka mau membeli produk Spa Factory Bali sebagai cendera mata. Untuk merealisasikan ide ini, Spa Factory Bali bekerja sama dengan para travel agent sebagai operator tour untuk menarik sebanyak mungkin pengunjung ke pabrik mereka.

Spa Factory Bali melakukan full service dari pengembangan produk mereka, sehingga pembeli merasa puas mengenai kualitas produk yang mereka tawarkan dan mereka jual. Spa Factory Bali menggunakan aspek bisnis Private Label  dan saat ini 90% penjualan produk-produknya menggunakan private label system. Produknya terbuat dari bahan alami, sehingga sangat di sukai oleh pembeli. Ketika bisnis Spa Factory Bali mulai berkembang sangat pesat, mereka mulai mengembangkan pengembangan produk untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Strategi itu sangat berhasil. Tahun 2015, mereka berhasil mendapatkan omzet sebesar 500.000 dollar AS dan 70% omzetnya berasal dari pasar ekspor.

Produk Spa Factory Bali menyasar kepada tamu-tamu hoetl di Bali untuk pasar lokal. Sedangkan untuk pasar luar negeri, mereka mengekspor ke wilayah Timur Tengah yaitu UEA (Uni Emirat Arab) dan Kuwait. Pasar diperluas juga ke pasar Amerika dengan memasok ke departement store di sana. Sehingga akan memperkuat pasar dan terus memperkuat branding mereka di pasar internasional.

Spa Factory Bali terus berupaya untuk menjaga kualitas produk mereka. Ketika produk yang di jual telah memiliki kualitas yang cukup bagus maka konsumen akan terus membeli produk-produk yang di buat oleh Spa Factory Bali. Saat ini konsumennya adalah para konsumen yang setia yang sudah menjalin kerjasa sama bisnis dengan Spa Factory Bali selama bertahun-tahun. Konsistensi menjaga kualitas produk adalah kunci sukses untuk memenagkan persaingan pasar saat ini dan juga di masa mendatang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: