Privasi Diri Kita Di Dunia Digital Septo Indarto

25 Nov

Privasi Diri Kita Di Dunia Digital

Septo Indarto

Adakah ruang privasi  diri kita di dunia digital? Pertanyaan tersebut saat ini menjadi sebuah trending topic di mana saja di seluruh dunia. Dunia digital yang menciptakan berbagai kemudahan dan menciptakan revolusi teknologi dan gaya hidup baru telah menjadi sebuah standar kehidupan manusia modern dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini kita hidup dalam sebuah era yang disebut sebagai internet of things. Segala sesuatu berhubungan dengan internet. Mulai dari mencari informasi hingga kita berbelanja.

Ketika mantan seorang ilmuwan Amerika yang bernama Edward Snowden adalah mantan kontraktor National Security Agency (NSA) pada pertengahan tahun 2013 mengatakan bahwa SNA menyadap komunikasi telepon semua orang di Amerika dan mempunyai kemampuan melakukan hal yang sama di sekuruh dunia, maka masyarakat dunia pun di buat gempar oleh pernyataan Edward Snowden. Kita pun bertanya: Apakah dunia digital yang memberikan kemudahan akses dalam kehidupan kita memberikan sebuah ancaman baru kepada diri kita dalam hal ini privasi kita. Kita bisa mengatakan bahwa hal ini sangat mengerikan bagi kehidupan kita. Kita bisa membanyangkan apa yang kita bicarakan, apa yang kita tulis, apa yang kita lihat semua di perhatikan oleh agen rahasia. Bagaimana rasanya jika foto-foto yang kita unggah ke instagram, facebook, twitter dan media sosial lainnya di awasi oleh agen rahasia. Maka itu akan membuat diri kita terasa tidak aman dan syok.

Semenjak Amerika menjadi target serangan  teror global, penyadapan menjadi sebuah pilihan untuk mengamankan negeri Amerika dari ancaman luar negeri dan ancaman dalam negeri. Sebelumnya Julian Assange berhasil membocorkan jutaan informasi dalam bentuk teks ke dalam dokumen Wikileaks. Bocoran itu mengungkapkan mengenai aneka kabel diplomatik yang di sadap dari sejumlah negara kemudian di kirim ke Amerika. Kita menyadari situasi ini sebagai situasi yang sangat genting. Karena privasi kita di lihat oleh agen rahasia.  Apa yang dilakukan oleh NSA telah menyebabkan ketegangan diplomatik Amerika kepada sejumlah negara termasuk negara sekutu Amerika, yaitu Jerman. Hal ini menandakan bahwa ada faktor-faktor ketidakpercayaan Amerika dan kecurigaan Amerika kepada sejumlah negara karena di nilai membahayakan kepentingan Amerika di tingkat global.

Dalam dunia digital diperlukan sebuah perangkat hukum yang menjamin privasi individu. Karena privasi pribadi menyangkut mengenai pengakuan hak-hak asasi manusia, yaitu otonomi pribadi, penentuan nasib seseorang dan juga kehormatan seseorang. Pelanggaran terhadap privasi diri menjadi masalah yang sangat besar yang harus diperhatikan oleh semua negara. Negara berperan penting melindungi warga negaranya. Karena pelanggaran terhadap privasi seseorang telah menyangkut mengenai harkat martabat manusia. Kegiatan spionase kepada individu adalah kejahatan dan telah melanggar hukum. Hal ini tidak boleh dibiarkan terjadi. Jika dibiarkan terjadi maka hal ini akan menakutkan bagi setiap individu untuk mendapatkan kebebasan pribadi.

Untuk menerapkan hal itu memang tidak mudah karena banyak persoalan yang harus di kaji untuk di cari solusinya. Tetapi ada alternatif solusi yang bisa di terapkan di perlukan pengembangan teknologi software dan teknologi hardware yang mampu memblock kegiatan mata-mata dari agen rahasia luar negeri untuk melindungi penduduk. Dalam hal ini pemerintah dan para pakar teknologi harus duduk bersama membahasnya, kemudian menciptakan teknologi  produk tersebut yang bisa di pakai oleh setiap warga negaranya dari ancaman kegiatan mata-mata agen rahasia luar negeri.

Teknologi produk tersebut dapat melindungi banyak data-data penting baik yang di miliki oleh pemerintah, swasta, individu perorangan. Sehingga hal itu menjadi aset yang serius untuk di lindungi dari kegiatan mata-mata agen luar negeri. Jika sebuah negara dapat di susupi saluran informasinya dalam kegiatan spionase agen rahasia luar negeri, maka negara tersebut dikategorikan sebagai negara yang sangat tidak aman. Karena akan banyak informasi yang akan bocor dan akan diketahui oleh pihak luar. Hal ini harus menjadi perhatian serius oleh kita semua.

Penyediaan informasi untuk melindungi privasi setiap orang harus dilakukan dan negara berperan penting untuk melindungi warga negaranya dari ancaman kegiatan spionase agen rahasia luar negeri. Karena itu adalah hak setiap orang untuk mendapatkan perlindungan dari ancaman. Dunia digital yang penuh dengan kemudahan tetap harus dijunjung tinggi mengenai penghargaan privasi kepada setiap individu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: