Krisis Ekonomi Global dan PHK Karyawan Septo Indarto

25 Nov

Krisis Ekonomi Global dan PHK Karyawan

Septo Indarto

 Krisis ekonomi global telah menyebabkan gelombang PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) di seluruh dunia. Keadaan ekonomi dunia yang sedang krisis menyebabkan banyak perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia harus mem PHK karyawan mereka untuk tetap mampu bertahan dan berkompetisi dengan para kompetitor. Krisi ekonomi tahun 2000-an yang dimulai dari krisis ekonomi Yunani telah menyebar ke seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan tidak mampu menutupi biaya operasional mereka. PHK adalah kebijakan yang paling tepat untuk di ambil untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Sementara permintaan dari para pelanggan terus turun.

Hal ini menjadi sebuah pemandangan umum, ketika para pelanggan menyetop belanja mereka dan lebih memperketat pengeluaran mereka untuk difokuskan kepada hal-hal yang dianggap lebih penting untuk diprioritaskan.

Di sisi lain perusahaan-perusahaan besar harus terus bertahan, jika tidak mampu bertahan maka akan bangkrut. Oleh karena itu mereka terus melukan efisiensi di segala bidang untuk memperkecil pengeluaran. Sehingga dana yang ada cukup untuk digunakan kepada hal-hal produktif yang diprioritaskan.

Perusahaan pembuat Hardisk Seagate telah melakukan PHK kepada karyawannya. Jumlah karyawan yang di PHK sebesar 1.600 orang yang akan di lakukan pada akhir Q3 2016. Seagate melakukan hal ini untuk menghemat pengeluaran mereka sebesar USD 100 juta setiap tahun. Perusahaan ini juga terkena imbas dari krisis global hal ini disebabkan permintaan hardisk dari produsen PC yang terus menurun, sehingga mereka tidak dapat menjual lebih banyak hardisk.

Intel perusahaan pembuat Chip komputer melakukan PHK sebanyak 12.000 karyawannya. Alasan perusahaan ini melakukan PHK karena menurunnya permintaan produk PC dan Laptop. Sehingga Intel harus mengalihkan fokus ke micrchip di data center dan perangkat terkoneksi internet. Brian Krzanich mengatakan bahwa salah satu pemicu menurunnya permintaan PC adalah melemahnya penjualan PC di China dan negara-negara berkembang. Sehingga Intel mengalami kerugian. Intel juga akan menghentikan pengembangan prosesor Atom yang telah di desain untuk perangkat mobile dengan kode SoFIA dan Broxton. Dalam teknologi mobile, Intel kalah dalam persaingan melawan Qualcomm dan Samsung. Karena Intel terlambat mengantisipasi trend teknologi. Saat ini pelanggan tidak begitu tertarik untuk membeli PC baru, para pelanggan lebih tertarik untuk membeli smartphone karena bisa di pakai untuk bekerja dan juga hiburan. Saat ini para pelanggan lebih menyukai mobile. Tetapi PC tetap akan dibutuhkan untuk pekerjaan yang lebih berat dan serius, seperti untuk bidang rekayasa, konstruksi, kedokteran dll.

Perusahaan komputer Lenovo asal China memPHK sekitar 700 dari 1.200 karyawan yang berasal dari divisi ponsel. Lenovo mengatakan hal itu dilakukan untuk rencana intergrasi bisnis smartphonenya dengan Motorola. Tujuannya agar lini produknya tetap mampu bisa berkompetisi di pasar smartphone global.

Sementara Samsung menjual unit bisnis PC nya ke Lenovo yang diperkirakan senilai USD 850 juta. Samsung juga telah menjual unit bisnis printernya ke Hewlett Packard (HP) senilai 1 miliar. Hal itu dilakukan oleh Samsung untuk merampingkan bisnisnya dan tetap mempertahankan keuntungan untuk di masa yang akan datang.

PHK adalah kebijakan terakhir yang dilakukan oleh sebuah peruasahaan, karena sudah tidak ada pilihan. PHK adalah hal yang sangat berat dilakukan. Karena banyaknya karyawan produktif yang kehilangan pekerjaan. Sementara situasi ekonomi global semakin tidak menentu dan belum ada tanda hingga kapan krisis global akan segera berakhir.

Ketika persaingan bisnis semakin ketat dan situasi ekonomi yang sangat sulit, maka tidak ada pilihan bagi perusahaan untuk memPHK karyawannya untuk menyelamatkan bisnis mereka dari kebangkrutan dan juga keterpurukan. Ini adalah pilihan terakhir yang paling buruk di masa yang sangat sulit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: