Human Capital Dalam peningkatan Kinerja Organisasi Septo Indarto

9 Jul

Human Capital Dalam Peningkatan Kinerja Organisasi

Septo Indarto

 Sumber modal bagi sebuah organisasi perusahaan:

  1. Human Capital (Modal Manusia untuk menciptakan keunggulan).
  2. Uang
  3. Sumber Daya
  4. Teknologi
  5. Akses ke Pasar
  6. Budaya Inovasi

Human Capital adalah modal usaha untuk menciptakan keunggulan untuk bersaing. Organisasi perusahaan perlu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia ketika ingin dan harus mennciptakan budaya inovasi untuk menciptakan keberhasilan untuk membangun keberhasilan jangka panjang.

Sebuah organisasi perusahaan harus mampu bagaimana menciptakan keunggulan, memotivasi karyawan, meningkatkan skill dan terus melakukan peningkatan pengetahuan untuk memperoleh wawasan baru dalam dunia yang penuh dengan perubahan yang cepat.

Riset tahun 2010 dari Hay Group yang terdaftar dalam majalah Fortune. Perusahaan yang paling dikagumi adalah perusahaan pilihan karyawan. Karyawan merasa nyaman dalam bekerja. Karena karyawan merasa senang. Perusahaan memberikan investasi yang lebih untuk meningkatkan skill dan kompetensi semua karyawannya.  Para karyawan bekerja dengan lebih cerdas karena mereka mempunyai kemampuan dan kompetensi yang lebih tinggi untuk bekerja.

Mereka bekerja dengan motivasi yang tinggi. Perusahaan tersebut mempunyai kinerja keuangan yang lebih baik dan keberadaannya mempunyai dampak yang besar kepada nilai pasar.

Perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Samsung dan Apple memiliki karyawan yang cerdas, keuangan yang baik dan produk-produk yang dipasarkan mempunyai nilai pasar.

 

Keunggulan Sebuah Organisasi Perusahaan

Dalam meniciptakan keunggulan organisasi perusahaan dalam jangka panjang adalah hal yang mutlak atau sebuah keharusan. Organisasi perusahaan harus mampu merekrut orang-orang yang mempunyai talenta di bidangnya masing-masing. Hal ini dikarenakan organisasi perusahaan harus berkembang seiring dengan jalannya waktu. Karena perusahaan akan terus tumbuh dan berkembang atau sebaliknya perusahaan akan semakin mundur dan tidak berkembang. Ada dua hal yang harus diperhatikan:

  1. Organisasi perusahaan tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan waktu. Hal itu berarti organisasi perusahaan telah berhasil membesarkan organisasinya dengan kinerja yang baik.
  2. Organisasi perusahaan tidak mampu untuk tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan waktu. Hal itu berarti organisasi perusahaan gagal untuk membesarkan organisasinya dan kinerjanya buruk.

Tanri Abeng (2006-Kaswan, 2012: 95): Bahwa organisasi yang maju adalah mereka yang menyadari pentingnya pengembangan sumber daya manusia.

Organisasi perusahaan harus terus secara kontinyu atau dengan kata lain berkelanjutan tidak boleh puas dengan skill dan kompetensi yang dimiliki oleh para pegawainya. Organisasi perusahaan harus terus mengasah skill dan kompetensi para pegawainya untuk meningkatkan kualitas diri mereka di tempat kerja. Di sinilah pentingya untuk memetakan kekuatan yang dimiliki oleh organisasi perusahaan dan itu adalah tugas dari departemen HRD.

Departemen HRD harus jeli untuk melihat kemampuan masing-masing individu. Semua harus menyadari bahwa kompetisi di dunia luar akan sangat ketat dan dinamis. Tanpa adanya peningaktan skill dan kompetensi maka akan sangat sulit untuk berkembang.

Perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google, IBM, Samsung, Apple. Mereka sangat fokus dalam pengembangan sumber daya manusia. Setiap karyawan diberikan ruang kebebasan sebesar-besarnya untuk mengembangkan skill dan kompetensi mereka. Mereka diberikan kesempatan untuk menciptakan pengembangan inovasi produk baru untuk masa depan bisnis perusahaan. Perusahaan-perusahaan teknologi menyadari bahwa mereka berbisnis untuk jangka panjang. Pengembangan skill dan kompetensi adalah hal yang mutlak yang harus dijalankan. Karena ini menyangkut masa depan perusahaan dan strategi bisnis perusahaan untuk memenangkan persaingan pasar yang sangat ketat di masa mendatang. Kualitas SDM adalah prioritas utama.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: