Pengertian Mengenai Hotel

5 Jun

Pengertian Mengenai Hotel

Septo Indarto’s Note

Apa yang anda pikirkan ketika anda mendengar atau mengucapkan kata hotel? Anda akan berpikir hotel adalah tempat untuk penginapan. Itu betul. Tetapi saat ini ketika kita menyebut nama hotel kita akan membahas mengenai jenis, karakterisitik dan juga pelaynan yang diberikan. Hotel adalah sebuah bangunan yang dirancang khusus sebagai tempat menginap untuk para tamu hotel dengan semua pelayanan yang diberikan. Jenis pelayanan adalah pelayanan kamar untuk penginapan, penyedia makanan dan minuman untuk kebutuhan tamu hotel, menyediakan tempat untuk berbagai aktivitas yang dibutuhkan seperti tempat untuk beristirahat, tempat bersantai keluarga, tempat untuk mengadakan pertemuan, tempat untuk meeting dan rapat, tempat untuk menyelenggarakan event baik skala besar dan skala kecil.

Sesuai dengan perkembangan zaman. Fasilitas-fasilitas yang dimiliki hotel terus ditambah. Mulai dari fasilitas penyediaan Wi-Fi gratis hingga fasilitas-fasilitas yang lainnya. Jam operasi hotel berlangsung selama 24 jam dalam melayani tamu. Untuk jam operasional biasanya di bagi dua shift yaitu shift pagi dan shift malam. Untuk menjaga kualitas pelayanan yang dibutuhkan maka para pegawai yang bekerja di hotel dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi tamunya karena hal ini menyangkut branding hotel di mata konsumen. Tamu hotel juga akan memperhatikan pelayanan yang diberikan oleh hotel kepada mereka, mulai dari segi kebersihan hingga cita rasa makanan. Itu sangat mempengaruhi mengenai penilaian pelayanan kepada kualitas pelayanan dari sebuah hotel.

Ada empat jenis hotel yaitu:

  1. City Hotel: Hotel yang didirikan di pusat perkotaan dan di peruntukan untuk tamu hotel yang ingin menginap beberapa hari untuk kepentingan bisnis atau kepentingan lainnya.
  2. Residential Hotel: Hotel yang didirikan berada di daerah pinggiran kota yang jauh dari keramaian dan hotel ini ditujukan kepada para tamu yang ingin menginap dalam jangka waktu yang lama. Biasanya liburan panjang.
  3. Resort Hotel: Hotel ini didirikan di daerah penggunungan atau di tepi pantai dan tempat-tempat yang dekat dengan obyek wisata.
  4. Motor Hotel (Motel): Hotel ini didirikan disepanjang jalan raya yang menghubungkan antar kota besar dan menjadi tempat transit untuk menginap untuk melanjutkan perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: