Pentingnya Melatih Staf Anda dalam Memahami Konsumen Oleh Septo Indarto

16 Mar

Pentingnya Melatih Staf Anda dalam Memahami Konsumen

Oleh Septo Indarto

Sebelum mereka bekerja di perusahaan Anda sebagai staf dalam divisi pelayanan kepada konsumen, maka perusahaan mempunyai kewajiban untuk melatih para karyawan untuk memahami tugas mereka sebaik mungkin dan melaksanakannya sesuai dengan prosedur yang berlaku dengan tujuan yaitu dapat melayani konsumen dengan baik.

Seorang staf yang bekerja di departemen pelayanan harus mampu selalu membantu, bersikap sopan, dan mempunyai pengetahuan yang cukup untuk membuat setiap orang merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh mereka, mereka harus belajar bagaimana bersikap, berbicara, dan mendengarkan apa yang konsumen inginkan. Karena mereka  akan mengatakan saya telah membayar oleh karena itu ini adalah hak saya untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik dan perusahaan yang saya bayar untuk memakai jasa mereka harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada saya. Ini kelihatannya sepele, tetapi ketika melakukannya dalam pekerjaan tidaklah mudah untuk diterapkan, karena kita berhadapan dengan setiap individu yang mempunyai latar belakang yang berbeda, kebiasaan yang berbeda, dan kemauan yang berbeda.

Pelatihan di Departemen Pelayanan harus dilakukan secara teratur, para staf harus diajarkan juga mengenai psikologi untuk memahami karakter seseorang, ini membutuhkan waktu karena dalam praktek ditempat kerja mereka akan menemui ribuan orang tetapi itu adalah hal yang bagus untuk mengetahui skill mereka, apakah mereka mampu atau tidak untuk memahami keinginan setiap orang dari latar belakang yang berbeda, jika mereka mampu ini akan membawa dampak yang positif bagi perusahaan, karena perusahaan telah memberikan pelayanan yang terbaik untuk klien/konsumen mereka.

Biasanya konsumen selalu menceritakan mengenai kepuasan yang didapat ketika mereka benara-benar merasakan apa yang mereka inginkan sudah terpenuhi semuanya, dan itu bisa menjadi sebuah promosi yang luar biasa ketika mereka menceritakan kepada teman mereka, keluarga mereka dan komunitas mereka.

Mendengarkan pelanggan Anda adalah hal yang biasa dilakukan oleh staf dari departemen pelayanan, mendengarkan membutuhkan pengertian, mendengarkan membutuhkan kesabaran, mendengarkan membutuhkan perhatian. Anda pernah bertemu seorang agen asuransi yang selalu mendengarkan apa yang Anda inginkan dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Mereka bekerja sebagai marketing tetapi mereka bekerja juga sebagai seorang pelayan bagi Anda, supaya produk yang ditawarkan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Mereka telah bertemu dengan banyak orang dalam menawarkan produk mereka, mereka begitu sabar dan perhatian mendengarkan keinginan Anda dan membantu dengan pengetahuan yang mereka kuasai untuk supaya Anda paham.

Hal terbaik yang dilakukan adalah ketika kita menjelaskan tentang produk-produk yang diinginkan oleh konsumen, kita harus menjelaskan dengan detail tetapi tidak terlalu panjang durasinya, cukup lima menit, kemudian kita bisa bertanya kepada mereka Apakah ada yang harus dijelaskan kembali? Oleh karena itu staf dari departemen pelayanan harus terus melatih cara mereka berbicara, ini sangat penting, karena kemampuan berkomunikasi yang baik adalah salah satu suksesnya kunci pelayanan kita kepada konsumen.

Staf di departemen pelayanan juga bukan hanya menangani complain dari para klien/konsumen mereka juga berfungsi sebagai seorang marketing yang membatu para marketer, hanya saja mereka bekerja dibelakang meja, sedangkan marketer bekerja dilapangan dan bertemu dengan banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: