Menciptakan Innovative Media Campaign Septo Indarto

16 Mar

Menciptakan Innovative Media Campaign

Septo Indarto

Apa itu Campaign (Kampanye): Adalah upaya pemasaran, untuk menjual, mempromosikan, dan meningkatkan kesadaran.

(Rebecka Anderson, Educational Technology Manager at Napa County Office of Education).

Innovative media campaign melalui Sosial Media

Apa Itu Sosial Media: Wikipedia mendifinisikan sosial media sebagai. Sebagai istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis media yang didasarkan kepada percakapan dan juga interaksi diantara dua orang atau lebih dalam kegiatan online.

 

Saat ini pemasaran melalui internet menjadi pemasaran yang inovatif. Sejumlah perusahaan menggunakan internet sebagai media promosinya.

Tujuan dari pemasaran internet adalah bagaimana kita bisa mengembangkan pemasaran yang lebih inovatif dan menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi.

Sosial Media adalah salah satu hal yang sering digunakan oleh individu-individu dan juga perusahaan untuk mempromosikan produk-produk mereka.

 

Langkah-langkah yang sering digunakan Marketer di Sosial Media:

  1. Produk apa yang akan dijual

2.Tentukan target segment

  1. Upload video atau gambar
  2. Baca respon pembaca
  3. Adakan acara untuk memperkenalkan produk dan

undang mereka

 

Video Sosial Media Youtube

 

Video Sosial Media You Tube awalnya hanya digunakan sebagai video berbagi dari individu yang hanya ingin berbagi saja kepada siapapun dengan durasi pendek. Setelah You Tube menjadi besar dan di beli oleh Google pada tanggal 13 November 2006, You Tube menjadi video untuk aktivitas marketing oleh perusahaan besar dan perusahaan kecil. You Tube menjadi fenomena untuk kampanye media oleh setiap perusahaan, organisasi pemerintah, NGO dll. You Tube menjadi media video yang digunakan oleh baanyak orang untuk mempromosikan produk-produk mereka kepada konsumen. Keuntungan beriklan di You Tube:

  1. Perusahaan dapat menguload video untuk aktivitas marketingnya dengan tujuan meraih segmentasi pasar.
  2. Video dibuat sekreatif mungkin untuk menarik minat orang untuk melihat video tersebut.
  3. Video iklan yang kita buat bisa di sharing ke beberapa media sosial yang kita punya, sehingga jumlah traffic penonton diharapkan bertambah.
  4. Orang yang melihat video iklan kita bisa memberikan feedback mengenai iklan kita disukai atau tidak.
  5. Biaya gratis dan bisa mendapatkan uang dari You Tube.
  6. Branding kita akan semakin dikenal luas karena jumlah pengunjung ke You Tube selalu meningkat setiap tahun.

 

Mengadakan Acara Jumpa Pers

Mengadakan acara Jumpa Pers adalah salah saru cara yang efektif untuk mempromosikan sebuah produk. Karena ini merupakan cara yang tepat untuk kegiatan promosi. Kegiatan promosi akan menjadi sebuah berita besar dan memberikan dampak yang besar karena orang akan mengetahui peluncuran produk yang perusahaan Anda lakukan. Para jurnalis bisa membuat sebuah cerita untuk dipublikasikan. Para jurnalis dapat meliput dan mengulas produk Anda dan ini adalah sebuah cara efektif untuk promosi.

 

Bagaimana Melakukannya:

1.Mengatur waktu acara yang sesuai dengan tenggat waktu jurnalis.

2.Kontak Jurnalis di kota Anda sebelum event diselenggarakan.

3.Kita harus memastikan para atasan senior telah siap dan mereka melakukan briefing terhadap jenis-jenis pertanyaan yang akan ditanyakan dan dapat menjawab pertanyaan tersebut.

  1. Hal yang Anda harus ingat bahwa media akan berada di pihak Anda selama mereka mendapat keuntungan untuk pihak mereka. (More Great Ideas a Day-Marshall Candevish-Business).

 

Perusahaan-perusahaan teknologi seperti Samsung selalu mengadakan jumpa pers ketika meluncurkan produk baru, apakah itu Smartphone, TV, Kitchen Tools dll. Tujuannya banyak media meliputnya dan Produk Samsung menjadi topik popular di sejumlah media (SAMSUNG TV CHANNEL).

 

Promosi Menggunakan E-mail

 

E-mail sampai saat ini masih dijadikan media yang ampuh dan praktis untuk digunakan untuk kepentingan promosi. Karena E-mail berisi konten yang dibutuhkan oleh seorang pemasar untuk kegiatan marketing.

Anda harus memilih e-mail yang praktis dan mudah digunakan untuk kepentingan promosi Anda. Salah satu e-mail yang paling banyak digunakan adalah Gmail dari Google. Gmail digunakan karena penggunannya yang mudah dan aman karena sistem keamanan terus diperbaharui oleh Google sebagai penyedia layanan ini.

Bagaimana caranya menggunakan e-mail untuk kepentingan pemasaran:

  1. Anda harus memilih produk e-mail yang cocok untuk Anda gunakan dan mudah digunakan. Anda bisa memilih antara lain menggunakan Yahoo atau Gmail.
  2. Buat kata-kata yang menarik yang Anda tulis/ketik untuk kepentingan promosi, seperti Penawaran Menarik diskon 30% jika Anda menggunakan produk Anti Virus dari Perusahaan Kami.
  3. Lampirkan gambar dan video sehingga orang yang membacanya lebih mudah memahami mengenai pesan Anda. Karena e-mail yang berisi gambar dan teks adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan otak pembeli.
  4. Tulis pesan yang informatif dan singkat. Jangan lupa catumkan alamat Anda, nomer telepon yang bisa dihubungi, Anda bisa juga memberikan link address twitter dan facebook Anda di e-mail.
  5. Anda bisa melampirkan e-brochure dalam format PDF untuk kepentingan promosi Anda.

 

E-mail masih sangat efektif untuk media promosi karena e-mail bersifat pribadi (personal). Kita mengirim ke alamat tujuan, sehingga kita fokus kepada orang-orang yang bisa kita hubungi sebagai calon pelanggan kita. E-mail masih media yang sangat ampuh dibandingkan Media Sosial dalam berpromosi, karena e-mail memberikan pesan yang jelas dan kita bisa melampirkan dokumen-dokumen pendukung dalam bentuk PDF. Seorang pemasar bisa langsung menciptakan kontak melalui e-mail, bisa berupa surat menyurat atau lewat telepon.

Sosial Media mudah digunakan untuk promosi, tetapi ada satu hal yang harus kita ketahui, karena orang-orang yang menjadi teman atau networking kita di media sosial sangat banyak dan selalu memposting beragam postingan sangat sulit bagi para pemasar untuk fokus, walaupun kita sering memposting artikel-artikel kita dan memasang (mentag) foto-foto untuk kegiatan pemasaran, tidak banyak orang yang akan membaca postingan kita, karena postingan yang di posting terlalu banyak dan terlalu beragam.

 

Laporan dari Radicati Group mengenai E-mail Statistic Report 2012-2016 yaitu:

  1. Pada tahun 2012 ada lebih dari 3 milair akun e-amil diseluruh dunia dan jumlah itu akan terus tumbuh menajdi 4,3 miliar pada tahun 2016.
  2. 75% adalah akun para konsumen dan 25% adalah akun korporat. Jumlah akun korporat akan terus meningkat karena banyak perusahaan yang menggunakan e-mail untuk kegiatan promosi dan juga surat menyurat.

 

Para pemasar harus jeli bahwa 75% adalah akun para konsumen. Ini adalah senjata yang sangat ampuh untuk kegiatan marketing. Oleh karena itu kita bisa menciptakan e-mail yang menarik untuk dibaca oleh para konsumen. Hal yang penting penting adalah sebelumnya kita harus mengetahui apa kebutuhan mereka lalu menciptakan e-mail e-mail yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, sehingga e-mail kita dibaca oleh mereka dan mereka ingin membeli produk-produk kita.

 

Menggunakan Infografis Sebagai Media Promosi

 

Infografis saat ini sudah digunakan oleh setiap pemasar untuk melakukan kegiatan pemasaran. Infografis mempunyai desain yang menarik karena tampilan visualnya memudahkan kita untuk menangkap pesan-pesan yang disampaikan. Bahkan Infografis juga digunakan untuk kegiatan survei.

Infografis adalah gabungan antara tampilan visual dan teks yang menyampaikan sebuah informasi yang ditujukan kepada semu orang dengan cara yang unik dan pesan yang disampaikan sangat jelas. Infografis berisi informasi, statistic dan tampilan visual.

Saat ini Infografis sangat populer dikalangan para pengguna internet dan sering menjadi alat yang ampuh bagi digital marketing.

Marketer menyukai Infografis karena:

1.Infografis mempunyai tampilan visual yang menarik

2.Infografis membantu para marketer menyimpan informasi secara lebih efektif.

3.Infografis memberikan informasi yang lebih mudah dicerna dan menarik ketimbang hanya banyak teks yang ditampilkan dalam menyediakan informasi yang sama.

4.Infografis dapat dibagikan ke media sosial.

5.Infografis dapat meningkatkan kesadaran sebuah merek bagi orang yang melihatnya.

 

Langkah-langkah membuat Infografis:

  1. Menetapkan tujuan, Anda perlu mencari tahu cara membuat pesan yang jelas dan sederhana, seperti: Anda ingin menyampaikan pesan tertentu, Anda ingin melaporkan sebuah data, Anda ingin memperkenalkan branding Anda.

2.Menentukan ukuran keberhasilan. Anda bisa megukur keberhasilan Anda, apakah sebuah Infografis yang Anda buat disukai oleh orang-orang yang melihatnya.

  1. Menetukan Informasi yang Anda Ingin Sampaikan. Anda harus menentukan dulu informasi yang ingin disampaikan kepada semua orang, untuk itu Anda harus menentukan pesan yang akan disampikan dan data-data yang akan ditayangka. Pesan dan data di infografis harus dibuat lebih mudah dan menarik.

5.Anda harus menentukan rancangan infografis. Anda bisa memilihnya untuk memudahkan Anda dalam memilih rancangan infografis, Anda bisa melihatnya di Piktochart.

6.Berbagi dan Mempromosikan Infografis. Anda bisa membaginya dan mempromosikan Infografis melalui sosial media dan e-mail kepada para pelanggan Anda.

7.Menganalisa Masukan Anda. Anda bisa menggunakan program analisis seperti Google Analytics untuk memantau infografis Anda dan Anda bisa mengecek e-mail yang masuk dari para pelanggan Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: