Memahami Pasar dengan Cara Berkomunikasi yang Baik Septo Indarto

16 Mar

Memahami Pasar dengan Cara Berkomunikasi yang Baik

Septo Indarto

Tidak ada satu pun pihak yang dapat melihat secara kesuluruhan pasar akan bergerak, walupun dapat hanya sedikit untuk meramalkannya. Pasar adalah sebuah tempat dimana setiap kejadian yang tidak terduga dapat terjadi dan bedrlangsung dengan cepat. Para analisis yang mengamatyi situasi pasar dari detik ke detik akan selalu membuat opini yang diperbaharui setiap saat, tujuannya hanya satu memberikan informasi secara beaik dan benar kepada para pelanggan.

Hal yang terpenting harus kita ingat dalam melihat gejolak pasar adalah bahwa kita tidak dapat meramal masa depan, karena sebuah keadaan atau peristiwa terjadi karena disebabkan oleh banyak faktor yang tidak pernah kita duga dan kita pikirkan. Hal yang terbaik dapat kita lakukan adalah bagaimana memahami sebuah gejolak pasar dan menerima informasi setiap saat, karena sekali lagi tidak ada yang mampu meramal apa yang akan terjadi dimasa mendatang. Itulah pasar yang bersifat dinamis dan mempunyai cara sendiri dalam bekerja.

Hal yang terpenting bagi kita untuk kita perhatikan adalah pasar akan terus bekerja dan berubah, peristiwa-perisitiwa diseluruh dunia menentukan perubahan itu dalam bekerja tanpa kita pernah sadari bahwa perubahan yang terjadi sangat cepat dan  kita mempunyai tugas yang penting untuk memahami perubahan itu dan dampak perubahan bagi jalannya organisasi kita, khususnya dalam penjualan produk yang akan kita tawarkan ke pasar. Ini memang bukan pekerjaan yang mudah tetapi kita harus mampu melakukannya untuk mempertahankan pertumbuhan bisnis yang ada saat ini. Tanpa itu semua hasilnya adalah kita akan mengalami kerugian yang sangat besar.

Banyak hal yang harus kita lakukan untuk memahami cara pasar bekerja dan itu membutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Para kompetitor akan terus menganggu kita dengan menciptakan produk-produk yang lebih inovatif dan unik, jika kita menyadarinya maka hal itu akan menganggu bisnis kita saat ini dan dimasa yang akan datang, tentunya akan mempengaruhi pendapatan perusahaan, sementara kita harus selalu dalam keadaan siap dan siaga  untuk melihat aksi-aksi para kompetitor kita. Mereka akan terus mnyerang kita bahkan akan mengahancurkan bisnis kita, karena mereka akan mengembangkan produk-produk baru untuk terus dapat memimpin pasar. Kita tidak boleh lengah dalam menghadapinya.

Anda sebagai seorang pemimpin dituntut untuk bersikap cepat, mengambil keputusan yang tepat dan mampu berkomunikasi dengan para karyawan dan juga para pemegang saham serta para analis pasar. Anda harus mengatakan kita dalam tahap perubahan. Kalau perlu kita harus melakukan perubahan budaya keraja dalam mengantisipasi perubahan yang berlasung dengan cepat karena perubahan yang datang tiba-tiba dan sangat cepat berasal dari luar. Kita sebagai seorang pemimpin tidak dapat diam, melihat perubahan yang terjadi. Inilah yang harus kita lakukan dalam memahami cara kerja pasar dan melihat perubahan yang terjadi di pasar.

Kemampuan Anda berkomunikasi baik internal dan eksternal adalah hal yang utama. Ketika pasar terus bergerak untuk berubah dengan cepat dan yang menjadi sebuah fokus dalam perubahan itu adalah apakah produk Anda akan diterima oleh pasar dan mampu memenangkan pertarungan melawa kompetitor atau yang terjadi produk Abda tidak laku bahkan para kompetitor mampu mengalahkan Anda dalam jangka waktu singkat dengan produk-produk yang lebih inovatif dan menarik para konsumen untuk membelinya. Satu hal yang Anda harus perhatikan apapun kondisi yang Anda harus hadapai Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada karyawan dan juga kepada para investor dan analisa, sehingga mereka dapat memberikan gambaran yang tepat mengenai perubahan pasar, informasi itu sangat penting untuk menyusun strategi bisnis untuk memahami gejolak pasar yang penuh dengan misteri.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: