Bagaimana Menciptakan Strategi Komunikasi

11 Feb

Bagaimana Menciptakan Strategi Komunikasi

Septo Indarto

Dalam dunia bisnis strategi komunikasi adalah hal yang penting diterapkan oleh setiap perusahaan. Strategi komunikasi adalah sebuah cara bagaimana organisasi perusahaan Anda bisa menjabarkan mengenai visi dan misi perusahaan dan juga tujuan-tujuan yang ingin dicapai (Goals).

Menyusun strategi komunikasi adalah seni, bukan ilmu pengetahuan dan ada banyak cara berbeda dalam mengerjakan tugas untuk menyusun strategi komunikasi.  Saran yang disediakan di bawah ini hanya sebuah panduan. Apakah strategi komunikasi Anda dirancang untuk proyek tertentu atau untuk periode yang sama sebagai strategi organisasi Anda?

Apa langkah-langkahnya

  • Tujuan
  • Audiens
  • Pesan
  • Alat dan kegiatan
  • Sumber Daya
  • Skala waktu
  • Evaluasi dan amandemen

Tujuan

Tujuan Anda adalah kunci keberhasilan strategi komunikasi Anda. Mereka harus memastikan bahwa strategi komunikasi Anda secara organisasi didorong untuk mengaturnya daripada komunikasi yang tidak ada manfaatnya. Kegiatan komunikasi Anda bukan merupakan tujuan itu sendiri, tetapi harus melayani dan karenanya harus selaras dengan tujuan organisasi Anda. Tanyakan kepada diri sendiri apa yang dapat Anda lakukan dalam komunikasi untuk membantu organisasi Anda mencapai tujuan utamanya.

Menyelaraskan komunikasi Anda dan tujuan organisasi juga akan membantu untuk memperkuat pentingnya dan relevansi komunikasi dan dengan demikian membuat kasus yang meyakinkan untuk resourcing yang tepat dari aktivitas komunikasi dalam organisasi Anda.

 

Pemirsa

Anda harus mengidentifikasi khalayak mereka dengan siapa Anda perlu berkomunikasi untuk mencapai tujuan organisasi Anda. Penonton terbaik untuk menargetkan untuk mencapai tujuan mungkin tidak selalu menjadi yang paling jelas, dan menargetkan penonton seperti media tidak selalu membantu mencapai tujuan Anda. Semua orang ingin media yang lebih tinggi dan profil politik, namun kegiatan yang bertujuan ke arah ini akhirnya mungkin melayani diri sendiri dan hanya komunikasi didorong, dengan tidak berdampak lebih luas. Mereka bahkan dapat memiliki efek negatif jika Anda mendedikasikan sumber daya terhadap ini yang seharusnya dimasukkan ke berkomunikasi dengan stakeholder kunci.

Pesan

Penargetan strategis dan konsistensi adalah kunci untuk pesan organisasi Anda. Buat kasus komprehensif yang mencakup semua pesan kunci, dan menekankan unsur-unsur yang berbeda dari kasus untuk audiens yang berbeda.

Untuk memaksimalkan dampak yang Anda harus meringkas kasus di tiga poin kunci yang dapat terus diulang. Ingat bahwa komunikasi adalah semua tentang cerita: menggunakan narasi yang menarik, kisah-kisah kemanusiaan dan menangkap citra.

Alat dan kegiatan

Mengidentifikasi alat dan kegiatan yang paling tepat untuk mengkomunikasikan pesan-pesan kunci untuk penonton. Ini akan disarankan oleh khalayak, pesan, atau kombinasi dari keduanya. Misalnya, laporan tahunan adalah alat yang berguna dalam komunikasi perusahaan sedangkan email newsletter cocok baik untuk komunikasi internal. Pastikan bahwa Anda menyesuaikan alat dan kegiatan ke tingkat waktu dan sumber daya manusia dan keuangan yang tersedia.

Sumber daya dan rentang waktu

Aturan utama untuk mengamati selalu memberikan apa yang Anda janjikan dan tidak pernah lebih menjanjikan. Menggunakan sumber daya Anda dan rentang waktu untuk mengatur tingkat harapan dan garis besar kasus untuk sumber daya lebih berdedikasi.

Evaluasi dan amandemen

Pertimbangkan melakukan audit komunikasi untuk menilai efektivitas strategi Anda dengan baik khalayak internal dan eksternal Anda. Anda harus menggunakan pertanyaan terbuka dengan petunjuknya dan tolok ukur yang tepat dan, jika mungkin, mendapatkan seseorang yang independen untuk melakukan pekerjaan. Mempertimbangkan dan mendiskusikan hasil dengan hati-hati dan menggunakan mereka untuk mengubah strategi Anda.

Pendengar  adalah  contoh untuk dipertimbangkan adalah staf, penyandang dana, target politik kunci dan media. Pertanyaan Anda harus mempertimbangkan meminta adalah:

  • Apa yang Anda baca / lihat / dengar?
  • Apa yang bekerja / tidak bekerja?
  • Apa yang Anda ingin melihat lebih dari?
  • Informasi apa yang Anda butuhkan bahwa Anda tidak sedang disertakan dengan?
  • Seberapa sering Anda ingin kami untuk berkomunikasi dengan Anda?

Sementara menyusun strategi Anda, Anda harus melibatkan tim Anda, dan pada skala yang lebih kecil, seluruh organisasi. Umpan strategi komunikasi ke dalam strategi organisasi untuk memastikan keselarasan maksimum dan efisiensi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: