Apa itu Core Value Septo Indarto

11 Feb

Core Value adalah kemampuan Anda dalam membangun sebuah kapabilitas untuk menjadi yang berbeda dari Anda miliki dalam bersaing dengan kompetitor, ini tidak bisa ditiru oleh perusahaan lain. Hal ini yang harus dilakukan untuk mempertahankan keuntungan karena Anda mempunyai perbedaan dari kompetitor yang lainya dan Anda bisa berfokus kepada kekuatan Anda untuk mendapatkan nilai yang maksimum untuk usaha Anda.

Mendifinisikan nilai Anda bukanlah hal yang mudah, karena Anda tidak bisa hanya menempatkan sebagai sesuatu yang abstrak saja, tapi harus diintegrasikan kepada banyak pertimbangan yang berbeda (seprti apa yang diinginkan oleh pelanggan, berapa jumlah asset Anda, hal apa yang Anda akan lakukan, apa yang akan dilakukan oleh kompetitor Anda dan apa target pribadi dan keuangan dari pemiliknya).

Umumnya Sebuah Core Value dinilai dari empat  kategori yaitu:

  1. Network Effect
  2. Customer Service
  3. Lowest Cost
  4. User Experience

Network Effect: Anda menjadi panutan dengan mencapai prestasi ketika mendapat banyak kritik di pasar dari kompetitor  dan juga tidak mempengaruhi untuk pelanggan potensial untuk menggunakan produk yang lain.  Contoh: Google, Linkedin, Facebook. Google digunakan sebagai mesin pencari mengalahkan yang lain. Linkedin meraih pasar potensial dari sosial media untuk kalangan professional kerja. Facebook tumbuh, berkembang, besar dan dapat mengalahkan Myspace.

Customer Service: Dengan membangun proses dan budaya untuk fokus kepada pelayanan konsumen, ini adalah nilai yang potensial untuk membiarkan pelanggan menilai Anda dengan penilaian yang bagus sebagai perbandingan dengan kompetitor. Contoh banyak pihak yang luas dengan pelayanan IBM, Zappos, Amazon etc.

Lowest Cost: Nilai yang lain yang Anda harus raih adalah bagaimana mengembangkan skill, hubungan, proses, isi,   mengatur keuangan, dan budaya untuk mampu bersaing dengan yang lainnya dalam pasar mengenai biaya dan menjadi pemain utama dalam jangka panjang. Contohnya: Ketika Honda memasuki pasar Amerika sebagai perusahaan yang berbiaya rendah dan dapat memasarkan mobil, motor, skuter, Faktanya mereka bisa menciptakan motor  dan mobil yang berkualitas dan menggunakan biaya produksi yang rendah dan siap memasuki pasar yang baru.

User Experience: Bagaimana membangun banyaknya kekuatan nilai dan menjadi hal yang berharga kepada para pengguna. Para pengguna merasa puas mengenai produk-produk yang ditawarkan karena dianggap memberikan kualitas terbaik dan nilai lebih. Contohnya: produk-produk Apple selalu mendapatkan sambutan dari para pelanggan setianya.

(Disciplined Entrepreneurship-Bill Aulet).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: