Bagaimana Menciptakan Marketing Persona

10 Feb

Bagaimana Menciptakan Marketing Persona

Septo Indarto

 

Ketika kita membicarakan Persona maka kita akan membahas mengenai karakteristik pelanggan dan bagaimana mereka memutuskan membeli produk-produk Anda.

Memiliki persona yang terdefinisi dengan baik dapat membantu Anda membangun rencana pemasaran yang lebih baik dalam jangka panjang dan membantu Anda menargetkan kampanye pemasaran Anda dan menawarkan kepada kelompok  calon konsumen. Pada akhirnya, persona menempatkan diri Anda dengan pelanggan Anda dan membantu Anda mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan mereka.

Mengetahui karakteristik persona dapat sangat berharga untuk perusahaan Anda untuk mengembangkan kampanye pemasaran Anda dan produk dari waktu ke waktu. Jika Anda mengalami kesulitan mencapai pelanggan Anda dengan cara yang berharga untuk perusahaan Anda, Anda mungkin mempertimbangkan melakukan beberapa penelitian dan membangun beberapa persona.

Persona adalah target market yang telah digambarkan atau memperjelas siapa target konsumen Anda.

Bagaimana caranya Anda Membuat target market persona:

Persona Development:

  1. Tentukan Variabel:
  2. Market Pelanggan yaitu Demografi dan juga Psychographic.
  3. Pasar Bisnis yaitu Geografi dan Besarnya Pasar.
  4. Response Variables:

Behavioral (Prilaku):

  1. Manfaat yang diinginkan.
  2. Aplikasi atau Penggunaan Situasi
  3. Kepekaan untuk menciptakan Marketing mix
  4. Perilaku pembelian.

 

Bagaimana Caranya Mencari Informasi:

  1. Internal Interviews ( dilakukan dengan tim perusahaan)
  2. External Interviews (dilakukan dengan konsumen yang

prospektif  dan situasi saat ini)

  1. External Research (database yang banyak, market research

sources)

(Persona Development-Less 02- Johny

Chan-CEO & CO Founder e-Boost Consulting)

Contoh Studi Kasus: Perusahaan Kosmetik asal Inggris mengeluarkan sebuah produk kecantikan yaitu: Shea Body Butter (Skin Care).

Produk digunakan untuk: Wanita Dewasa.

Kategori: Wanita.

Usia: 20-40 Tahun.

Alasan orang membelinya: Keterikatan emosional.

Pekerjaan: Wanita Bekerja.

Market Segment: Kosmetik. (The Body Shop Product)

 

Persona (Discipline Entrepreneurship)

  1. Tentukan Features seperti apa yang akan Anda prioritaskan.
  2. Bagaimana Anda dapat mengakolasikan sumber-sumber

yang Anda miliki.

  1. Siapa yang bertanggungjawab menjual produk Anda
  2. Pesan seperti apa yang Anda harus sampaikan
  3. Dengan siapa Anda harus bekerjasama
  4. Kemana Anda akan bertemu dengan pelanggan Anda
  5. Siapa yang dapat mempengaruhi mindset pelanggan

Anda kepada produk-produk Anda

  1. Cara ini (persona) akan membantu Anda untuk fokus

mengenai  apa   yang Anda harus lakukan dan Anda

tidak usah melakukannya.

Dalam Persona, sesungguhnya kita mewakili orang-orang sungguhan yang dilakukan melalui penemuan. Kita harus melakukan penelitian, karena Persona dibuat untuk menggambarkan pelanggan setia yang memiliki tujuan yang sama untuk membeli produk Anda. Intinya Anda benar-benar memahami keinginan dan kebutuhan mereka.

Dengan Persona kita bisa membuat keputusan pemasaran .

Dalam marketing di sosial media, menciptakan persona mempunyai tantangan tersendiri. Kita banyak sekali menanggapi apa yang orang katakan dan lihat tentang bisnis kita, kita melakukan tweeting di twitter, sharing di facebook, dan pinning di pinterest. Tujuan kita adalah ingin meningkatkan penjualan kita. Dalam menciptakan persona kita harus tetap fokus untuk memahami pelanggan kita, bagaimana caranya? Cara terbaik adalah memantau setiap percakapan yang mereka lakukan dan juga menciptakan konten yang dapat membantu mereka tujuannya untuk menciptakan Persona.

Di Sosial Media, perusahaan-perusahaan membuat halaman khusus untuk para pelanggannya, menyediakan ruang untuk pelanggan untuk menulis pengalaman mereka ketika menggunakan produk mereka.

Gucci, produsen fashion asal Itali, mempromosikan produk-produk mereka di facebook fan page (https://www.facebook.com/GUCCI?fref=ts), mereka menggunakan sosial media facebook untuk promosi dan juga untuk memahami keinginan-keinginan pelanggan mereka terhadap produk-produk Gucci. Gucci mempromosikan produk-produk mereka seperti sepatu, tas, baju, jam tangan. Fokus pelanggan adalah mereka orang-orang yang menyukai fashion. Para pecinta produk Gucci banyak yang menulis kenapa mereka menyukai produk Gucci, kenapa mereka menjadi pelanggan setia Gucci, dan mereka selalu menunggu produk-produk keluaran Gucci terbaru. Saat ini para pelanggan Gucci yang memberikan kata Like sudah berjumlah 14.821.875 orang dan angka tersebut akan semakin bertambah.

 

Ketika kita sudah mengenal kebutuhan mereka, maka kita dapat menambah jumlah pelanggan, meningkatkan jumlah pembelian tiap pelanggan, menaikan harga.

Langkah-langkah apa yang kita harus lakukan dalam menciptakan persona di Sosial Media:

  1. Pencarian di Sosial Media. Kita dapat terus mencari informasi-informasi yang berkaitan dengan produk Kita di Sosial Media. Kita dapat mencari informasi yang berkaitan dengan bisnis kita produk, merek dll di facebook, youtube, twitter dll. Kemudian bisa mencari topik yang mencakup produk kita seperti misalnya mobil, electronics Goods, Fashion dll. Baca apa komentar dari orang-orang mengenai produk tersebut, cari tahu apa yang benar-benar mereka butuhkan dan buatlah analisa.
  2. Kita bisa mengontak pembeli kita. Tujuannya kita bisa mengetahui alasan mereka membeli produk kita. Kita bisa mendapatkan gambaran langsung dari mereka dan keinginan-keinginan mereka ketika akan membeli produk kita dilain waktu. Ini adalah waktu yang sangat berharga untuk mengenal lebih mendalam mengenai profil pelanggan kita.
  3. Kita bisa menganalisa produk pesaing. Kita bisa mencari informasi yang lebih mendalam mengenai produk-produk pesaing di Sosial Media dengan melakukan hal itu kita dapat memperluas pandangan kita mengenai sebuah persaingan dan bagaimana menghadapinya. Contoh: ketika mereka membeli sebuah produk sabun kecantikan Anda, maka Anda bisa menyediakan 2 atau 3 varian produk dan Anda harus memperhatikan satu dari 3 varian produk tersebut mana yang lebih laku salah satunya, kemudian lihat produk pesaing kita ketika kompetitor menawarkan hal yang sama dengan produk Anda, maka harus menganalisa produk pesaing yang menjadi ancaman serius bagi produk Anda.
  4. Kita bisa melakukan Survei. Survei akan membantu kita mendapatkan data-data mengenai pelanggan, lakukan survei minimal ke 100 orang dan cari info yang akurat kenapa mereka membeli produk kita dan apa kelebihan dan kelemahan produk kita, sehingga kita bisa meningkatkan kualitas produk kita.
  5. Buat Kata Kunci yang sering dicari oleh pelanggan. Cari kata kunci yang sering dicari oleh pelanggan ketika mereka mencari produk-produk yang mereka butuhkan. Misalnya kata Kunci: Sabun anti aging, Mobil Hybrid, Novel Popular, Restoran Enak dll.

 

 

 

Gunakan Bahasa yang Dipahamai

Ketika kita mulai melakukan persona, gunakan bahasa yang dipahami oleh pelanggan Kita. Memahami bahasa Pelanggan Anda adalah cara terbaik. Bagaimana caranya:

  1. Pantau komentar-komentar mereka di Sosial Media yang membahas sebuah produk yang berhubungan dengan produk yang Anda jual. Ini sangat penting ketika Anda membaca mengenai kebutuhan mereka berupa sebuah pertanyaan, ulasan produk dan pengalaman menggunakan produk tersebut. Kita perlu memantau komentar-komentar mereka, membaca kiriman posting mereka dan pertukaran informasi di media sosial. Sehingga kita benar-benar mengetahui mengenai produk yang mereka butuhkan dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Setelah kita memantau semua percakapan dan tulisan mereka, sudah saatnya Anda menemukan kata kunci yang digunakan oleh para pelanggan, kita harus belajar mengenai SEO (Search Engine Optimizion). SEO bertujuan untuk menyediakan konten online pada situs wen Anda dan saluran-saluran lain yang ditampilkan oleh mesin telusur. Salah satu pilihan adalah kita bisa menggunakan Google dengan dua cara pilihan:

  1. Membayar Iklan untuk memasukan kata kunci ke kolom kanan.
  2. Mengisi situs web Anda dan mentag kata kunci yang populer yang sering diketik orang sehingga akan muncul di halaman organic disebelah kiri. Semakin banyak orang mengklik situs Web yang kita kembangkan kontennya, maka akan naik peringkatnya. Tanpa perlu membayar ke Google.

Bagaimana Menggunakan Sebuah Metode Visual

Contoh mengenai Persona Marketing

Nama : Ellen Johnson

Status : Menikah

Usia : 40 Tahun

Pemasukan : $ 75.000

Pendidikan : Sarjana

Jumlah Anak : Satu

Seseorang atau sesuatu yang mempengaruhi: Martha Stewart

Tujuan Memakai Produk: Menghemat Waktu, Memberi Kesan

Kepada Teman-teman.

Bagaimana/Dimana mendapatkan Informasi: iVillage.com,

facebook, blog work it Mom!

Penolakan terhadap Perusahaan Anda: Harga-harga Mahal, sulit

pergi ke toko.

Pendorong Utama: Membiayai anak kuliah, pension dini.

Pemicu Pembelian: Peringatan dan hadiah kepada teman.

(The Visual Marketing Revolution-Stephanie Diamond).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: