Perusahaan-Perusahaan Dunia yang Menciptakan Inovasi untuk Memenangkan Competitive Advantage

7 Feb

Perusahaan-Perusahaan Dunia yang Menciptakan Inovasi

untuk Memenangkan Competitive Advantage

 

  1. Disney adalah sebuah perusahaan film animasi kartun yang menyasar kepada penonton anak-anak usia 8 bulan hingga 8 tahun. Film animasi kartun yang dibuat mempunyai nuansa hiburan bagi anak-anak dan mempunyai tokoh peran yang kuat dalam imajinasi anak-anak. Tokoh kartun seperti Mickey Mouse, Donald Duck, Goffee, Pluto sampai saat ini masih digandrungi oleh anak-anak diseluruh dunia. Walt Disney membuat film animasi kartun memang bertujuan untuk menghibur anak-anak yang diisi dengan pesan-pesan moral positif. Film animasi kartun Walt Disney juga diciptakan untuk mengguggah dunia imajinasi anak-anak. Disney juga memproduksi film-film menghibur yang diadatapsi dari kisah dongeng Hans Christian Andersen (Cinderella), JM Barrie (Peter Pan) dan Rudyard Kipling (The Jungle Book). Disney juga terus mengembangkan bisnsinya disamping memproduksi film animasi kartun. Disney juga membuat toko merchandise dari produk-produknya, saluran TV, perusahaaan internet (Buena Vista Interactive), membangun taman hiburan (Disneyland Florida, Disneyland Paris, Disneyland Hong Kong, Disneyland Tokyo, Animal Kingdom, Disney Village). Semua itu menciptakan pertumbuhan bisnis Disney dan memberikan keuntungan kepada Disney dan memperkuat branding Disney ke dalam dunia anak-anak
  2. Netflix berhasil memanfaatkan teknologi internet untuk menyediakan film-film digital dan mengalahkan saingan utamanya yaitu Blockbuster yang tidak mau beradatapsi untuk beralih ke teknologi baru yaitu teknologi internet dan masih terus berfokus kepada toko-toko eceran. Sementara saat ini konsumen lebih suka memilih film melalui situs web dan menonton film melalui situs web. Strategi Netflix yang memanfaatkan jaringan internet berkecepatan tinggi dalam waktu singkat banyak memperoleh pelanggan baru yaitu mereka yang suka menonton film di waktu senggang atau di akhir pekan.
  3. Nvidia adalah perusahaan yang menjual graphic card, selama era tahun 1997-2001, perusahaan ini berhasil menguasai pasar game 3 dimensi. Ketika video game 3 dimensi dapat dijalankan di PC pribadi. Keunggulan graphic card buatan Nvidia adalah perusahaan ini mengambil alih kendali pembuatan dan managemen untuk drivernya, perusahaan ini mengembangkan UDA (Unified Driver Architecture). Semua chip Nvidia menggunakan perangkat lunak driver yang sama dank ode drivernya bisa di download melalui internet. Driver perangkat lunak akan beradatapsi sendiri dengan setiap chip dengan menanyakan setiap chip tentang tindakan yang didukungnya, kemudian driver akan menyesuaikan perintahnya untuk chip, pendekatan itu akan menyederhanakan masalah untuk pengguna karena mereka tidak perlu repot untuk mencocokan driver dengan chip. Nvidia membuat driver dan mendistribusikannya. Menerapkan strategi baru Nvidia, perusahaan ini menginvestasi uang untuk peralatan emulasi dan rekayasa chip, pada bulan Agustus 1997, perusahaan ini mengeluarkan produk baru yaitu RIVA 128 dan cukup sukses di pasaran. Pada tahun 1998, Nvidia meluncurkan RIVA TNT, bisa dijalankan di DirectX 6 buatan Microsoft dan merupakan chip pertama yang menggunakan Unified Driver Architecture baru. Kemudian Nvidia meluncurkan produk baru yaitu GeForce 256 yang menggerakan teknologi 3 dimensi ke wilayah yang baru, GeForce 256 memiliki 23 juta transistor, dua kali lipat kompleksitas CPU Intel Pentium II. Dengan kemampuan dan kekuatan proses grafis GeForce 256 teknologi ini menawarkan kecanggihan yang luar biasa dengan mengeluarkan biaya seharga $ 100 yang bekerja lebih cepat daripada Reality Engine yang harganya $ 100.00 pada tahun 1992.
  4. Pada tahun 1964, IBM memperkenalkan produknya yaitu system/360 sebagai komputer mainframe pertama di dunia. Majalah bisnis Fortune menyebutnya sebagai judi 5 miliar dolar IBM karena untuk pengembangan produk ini diperlukan biaya yang lebih tinggi dibandingkan biaya proyek untuk pengembangan bom atom. System/360 sangat berbeda dengan komputer era sebelumnya karena mesinnya menggunakan perangkat lunak dan peralatan peripheral yang dapat dipertukarkan. Strategi ini sukses besar. Pada tahun 1969, IBM menawarkan perangkat keras, pelayanan, dan perangkat lunak yang dijual kepada individu, langkah itu sebagai sebuah strategi pemasaran yang tepat membuat IBM menjadi perusahaan perangkat lunak dan pelayanan. Pada tahun 1981, IBM dan industri komputer memasuki fase baru dengan peluncuran IBM Personal Computer (PC) yang mencerminkan terobosan di bidang teknologi dan pilihannya semakin luas. (Thingking Global-Lely Noormindhawati).
  5. Cisco System sebagai pemain baru di dalam industri telekomunikasi dengan cepat menjadi perusahaan yang besar. Cisco yang dimulai dan dibangun oleh dua anggota staf universitas dari Stanford University yaitu Len Bosack dan Sandy Lerner berhasil menawarkan keunggulan teknologi. Cisco mampu merebut pasar peratalatan antar-jejaring (inter-networking). Cisco dapat merebut pasar yang sebelumnya dikuasai oleh IBM, AT&T, Altacel, NEC, Siemens, Matra. Keunggulan dari produk Cisco adalah Inti Router Cisco adalah Firmware yaitu perangkat lunak yang terintalasi di dalam read-only memory atau diimplementasikan dalam array yang dapat deprogram. Produk Cisco mengandung seratus ribu baris kode yang ditulis dengan sangat terampil. Kode itu diciptakan oleh tim yang sangat kecil (2-5 orang), sepotong kode sangat pintar itu memberikan produk tersebut keunggulannya. Bagian router Cisco yang paling sulit untuk ditiru adalah perangkat lunak. Router hanya sebuah komputer kecil yang menggunakan mikroprosesor, memori dan piranti masukan-keluaran untuk mengelola aliran data melalui jejaring digital, kinerjanya tidak banyak berhubungan dengan spesifikasi mikroprosesor, memori dan chip logika  di dalamnya.
  6. Virgin membentuk sebuah branding baru yaitu Virgin Galatic yaitu sebuah pesawat ulang alik yang dapat mengangkut penumpangnya ke luar angkasa, Richard Branson melihat prospek bisnis yang besar karena setiap orang ingin merasakan perjalanan yang berbeda, ingin melihat galaxy sebagai sebuah pengalaman baru yang sudah sejak lama diimpikan oleh umat manusia. Virgin terus mendesain produk pesawat yang bagus, tahan lama dan juga efisien dalam penggunaan bahan bakarnya.
  7. Fedex menawarkan paket pengiriman selama satu hari ke seluruh wilayah Amerika. Paket yang dikirim bisa berupa barang dan juga makanan. Hari libur besar seperti Natal dibulan Desember, Fedex bekerja lebih cepat lagi, sperti yang diliput oleh kantor berita ABC dalam acara ABC News, seorang repoter memesan kue Apple Pie ditoko Mom’s Apple Pie Bakery di Occoquan Virginia untuk dikirim ke kota Honolulu Hawaii, proses pengiriman ini hanya memerlukan waktu 6 jam, Fedex menamakan paket Express Fedex.  Di kantor Hub Center Fedex pengiriman paket tersebut di kontrol secara Real Time dari mulai awal pemesanan, masuk ke mobil kargo menuju bandara, masuk ke kargo pesawat hingga ke alamat pemesan, semua diperhatikan, karena waktu menjadi sangat penting, semakin cepat bekerja dan memakan waktu yang pendek, maka akan menciptakan efisiensi kerja.
  8. Samsung menjadi salah satu sponsor dalam pembuatan film Jurassic World dengan menyediakan teknologi pendukung dalam film tersebut. Samsung membangun the Jurassic World Samsung Innovation Center yang merupakan taman teknologi yang berfungsi sebagai museum yang dilengkapi dengan teknologi gambar HD 3D. Fasilitas ini dapat memberikan informasi dan sebagai pendidikan kepada para pengujungnya. Tempat ini memberikan sentuhan teknologi baru, para pengunjung diajak untuk memasuki era purbakala dimana binatang dinasourus menjadi salah satu makhluk yang mendiami planet bumi
  9. Dell akan menyediakan solusi teknologi kepada pasar Indonesia. Dell akan menyediakan solusi untuk pengembangan bisnis yaitu Server, Storage, Pelayanan IT dan Program Perangkat Lunak. Keempat produk tersebut akan ditawarkan kepada para pebisnis besar dan juga UKM. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil membutuhkan perusahaan yang bisa dijadikan partner untuk menciptakan kemudahan sebagai IT provider karena ini akan memudahkan para pengusaha untuk mengelola bisnis mereka. Jumlah pelanggan akan terus tumbuh sesuai dengan perjalanan waktu bagi perusahaan besar dan UKM, mereka juga membutuhkan layanan cloud computing untuk menciptakan efisiensi bisnis mereka dan juga akan mendorong pertumbuhan bisnis mereka. IDC melihat bahwa 83 persen pengeluaran biaya untuk IT akan dialokasikan untuk komunikasi, finansial, manufaktur dan juga sektor konsumen. McKinsey memperkirakan bahwa ada 90 juta orang Indonesia yang akan memasuki untuk menjadi kelas menengah. Itu adalah angka yang besar. Dell Indonesia juga akan memperkenalkan setidaknya 15 model PC dari Sembilan unit produk, seperti Alienware Laptops dan Dell Precision Workstations.
  10. Ketika Amazon menjadi e-commerce banyak pihak yang mengatakan bahwa ini bukan ladang dan keahlian amazon. Amazon hanyalah sebuah toko retail buku di internet, tetapi Jeff Bezos berpikir kita harus melakukan sesuatu yang baru, mendesain arah bisnis baru yang akan memberikan penghasilan lebih besar ketimbang hanya sebuah toko buku retail di internet. Terbukti Amazon menjadi pelopor retail ecommerce di dunia pada tahun 2005, dan saat ini para kompetitor, seperti lazada dan zalora mengikuti langkah amazon.
  11. Sergei Brain dan Larry Page berhasil menciptakan mesin pencari Google dari proyek mereka yang bernama proyek Page di Stanford University. Tujuannya untuk mengelola informasi diseluruh dunia, informasi yang ada di internet dapat diakses oleh semua orang. Akhirnya dengan cepat Google menjadi andalan para pengguna komputer. Setelah populer dan dikenal oleh para pengguna komputer, kemudian Google masuk dalam bisnis iklan Web berbaris. Google dijadikan alat untuk memasang iklan di internet untuk menjangkau banyak konsumen yang lebih luas. Bisnis Google tumbuh dan berkembang, ketika Google menunjuk Eric Schmidt mantan pejabat kepala Sun Microsystem dan juga CEO dari Novell, pendapatan Google telah melampau U$ 29 miliar dengan keuntungan bersih sebesar U$ 8,5 milyar. Latar Belakang: Google berubah, Google ingin melihat masa depan bisnis dan masa depan teknologi. Google saat ini hanya berfokus kepada mesin pencari dan iklan digital. Google telah bermain sangat nyaman dalam core business mereka. Ini saatnya berubah, latar belakang perubahan ini diperkuat oleh pernyataan Larry Page: Sudah lama kami percaya bahwa setelah sekian lama perusahaan akan menjadi terlalu nyaman melakukan sesuatu yang sama terus-menerus. Di industri teknologi, dimana ide revolusioner akan menjadi area pertumbuhan baru, Anda harus terus merasa tidak nyaman agar bisa selalu yang jadi terdepan (Larry Page). Tujuan Perusahaan Google ingin membuat fondasi baru dari berbagai bidang usaha baru yang berkaitan dengan teknologi dan menguntungkan dimasa depan. Perubahan bisnis Google. Masa lalu: Fokus kepada mesin pencari dan iklan google dihalaman website google dengan iklan baris. Google telah sangat nyaman berada di area ini dan Google telah melakukan banyak terobosan dibidang teknologi mesin pencari dan juga iklan digital. Saat ini dan masa depan: Teknologi akan terus berkembang. Google memerlukan inovasi baru dalam menjalankan usaha. Mesin pencari dan iklan baris telah menjadi usaha yang memberikan keuntungan kepada Google. Tetapi Google menyadari bahwa teknologi berkembang terus dan Google akan menjadi bagian penting dalam perubahan itu dan terus menerus menjadi pemain utama dalam pengembangan teknologi dan bisnis teknologi yang akan memberikan keuntungan Google dimasa mendatang. Pada bulan Agustus 2015, Google merubah organisasi dan menjadi holding company dan menaungi beberapa perusahaan dengan bisnis yang berbeda.
  12. Nike mendekatkan diri kepada pelanggan dan juga mencari ide-ide baru dari pelanggan, tujuannya supaya Nike bisa mendesain produk-produk baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh tim produksi mereka. Karena industri sepatu olah raga juga terus mengalami perubahan tren, cara terbaik adalah mengetahui secara langsung apa yang pelanggan inginkan dari mulai pilihan warna dan desain. Kemudian Nike menciptakan iklan-iklan yang inovatif dan unik untuk meningkatkan penjualan produk mereka baik melalui iklan di TV maupun di Sosial Media.
  13. Bisnis penerbangan yang rumit dan mahal, menjadi peluang bagi Herb Kelleher untuk melihat potensi bisnis yang masih belum dilirik oleh perusahaan penerbangan lain, yaitu tiket murah dengan harga yang terjangkau. Saat ini bisnis Southwest menginspirasi banyak pengusaha untuk menciptakan penerbangan murah dengan pelayanan yang memuaskan. Hal itu membawa dampak yang besar bagi industri penerbangan, bahwa setiap orang bisa naik pesawat dan terbang ke mana saja. Pelayanan yang baik adalah kuncinya apapun bisnis yang Anda jalankan.
  14. Sony perusahaan elektronik asal Jepang di era 1960-an dengan cepat berhasil melakukan ekspansi bisnis ke Eropa dan Amerika, setelah sukses dengan transistor radio yang paling efektif dan juga transistor TV (1960). Ekspansi Sony tidak dapat dibendung lagi. Pada tahun 1961, Sony terdaftar di Wall Street dan menjadi perusahaan Jepang yang terdaftar di bursa efek itu. Market Size Sony sangat besar diseluruh dunia dan peningkatan penjualan terjadi diseluruh dunia dari mulai produk Walkman, Radio Tape dan juga TV. Sony berhasil menciptakan produk-produk baru yang lebih trendy dan lebih ringkas dalam penggunaan komponen materi yang terkandung dalam produk-produknya sehingga bobot berat produk menjadi sangat ringan.
  15. Ketika Jimmy Webb sedang mengembangkan sebuah situs baru untuk membangun website ensiklopedia berbabis web yang dapat diakses oleh para pengguna internet. Salah seorang relawannya mencoba menggunakan open-source jenis baru yang bernama a’wiki’ (berasal dari bahasa Hawaii yang berarti cepat). Wiki sudah diciptakan dan dikembangkan sejak tahun 1985 oleh Howard Cunningham, dia adalah seorang programmer komputer dari Amerika Serikat. Para relawan memakai open-source a’wiki karena hal ini adalah cara terbaik untuk mendorong para sukarelawan sari kalangan akademisi dan juga komunitas teknologi untuk melakukan kolaborasi yang lebih baik di web. Hal ini memungkinkan para sukarelawan untuk melakukan link ke halaman yang berbeda dan pengguna bisa dengan mudah membuat halaman dengan konten baru. Kecepatan dan kemampuannya merupakan perbaikan yang sangat signifikan terhadap software yang digunakan. Software tersebut sangat mudah digunakan dan dijalankan, biaya yang pemeliharannya relatif rendah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: