Kekuatan Ilmu Pengetahuan Berasal dari Sebuah Inspirasi

3 Feb

Kekuatan Ilmu Pengetahuan Berasal dari Sebuah Inspirasi

Septo Indarto (Team Double S)

 

Mungkin ketika Anda membaca judul diatas Anda tentunya akan bertanya apakah benar kekuatan ilmu pengetahuan berasal dari sebuah inspirasi? Inspirasi memberikan ruang luas kepada umat manusia untuk mengembangkan pemikirannya yang sekarang kita kenal sebagai ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan modern yang digagas oleh para ilmuwan Yunani, seperti Plato, Socrates. Pengembangan berlanjut di era Romawi, kemudian di era kejayaan Islam, diteruskan oleh gerakan Renaissance di Itali, sampai akhirnya revolusi industri di Inggris, Amerika meneruskan dengan penguatan penelitian sebuah kajian ilmu pengetahuan saat ini peradaban dunia ilmu pengetahuan menyebar ke seluruh dunia melalui jaringan internet.

Inspirasi bisa lahir dimana saja dan kapan saja, inspirasi menciptakan sebuah ide, ide itu diimplementasikan dalam sebuah aksi, kemudian melakukan sebuah riset untuk menguji dan membutuhkan waktu, setelah yakin dapat disebarkan melalui jurnal ilmiah, majalah, surat kabar, buku, web site. Maka sebuah karya ilmu pengetahuan bisa di baca oleh semua orang diseluruh dunia.

Ilmu pengetahuan bersifat dinamis, artinya akan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan waktu. Saat ini kita hidup dalam sebuah era yang dikenal sebagai era digital, penyebaran ilmu pengetahuan berlangsung lebih cepat dalam hitungan detik, karena kita hidup dalam sebuah sebuah komunitas yang bergerak didukung oleh mobile technology.

Riset universitas terhadap kajian ilmu pengetahuan semakin maju. Bahkan riset-riset dijadikan keunggulan dalam penilaian sebuah kualitas dari sebuah universitas. Hal ini merupakan kemajuan yang positif. Universitas selama ratusan tahun telah menjadi tempat untuk meneliti berbagai kajian ilmu, mempelajari ilmu baru dan mengembangkannya, didukung oleh dana untuk kegiatan riset. Riset menciptakan sebuah inovasi, jika digunakan dalam hal yang positif akan memberikan dampak yang positif untuk meningkatkan kualitas hidup umat manusia.

Para ilmuwan di dunia telah banyak berjasa dalam menciptakan kemajuan penelitian dan terus meneliti rahasia kehidupan di dunia, semakin kita banyak belajar maka jawabannya banyak hal yang sama sekali kita tidak mengetahuinya. Kehidupan menyimpan banyak misteri dan harus dipelajari untuk membuka misteri tersebut dengan ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan mengajarkan kepada umat manusia untuk berpikir lebih maju dan melihat masa depan sebagai waktu yang lebih baik untuk menciptakan produktivitas yang berguna untuk meningkatkan kualitas diri dalam kehidupan. Ruang waktu dimasa mendatang akan berjalan dan terbuka lebih luas, hanya orang-orang yang berpikir mengenai sebuah waktu maka dia akan lebih mengerti makna kehidupan. Ini merupakan sebuah terobosan ketika kita berpikir, melakukan penelitian, mempelajari hal-hal yang batu yang belum pernah kita ketahui sampai saat ini. Dunia yang sekarang kita tinggal dan kita hidup adalah sebuah tempat yang dinamis dan terus menciptakan misteri yang harus kita pelajari untuk kita ketahui, butuh sebuah kesabaran untuk mengetahuinya, tetapi motivasi manusia untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk kemajuan ilmu pengetahuan telah mampu secara bertahap membuka rahasia-rahasia kehidupan di planet bumi dan di luar angkasa. Ilmu pengetahuan akan selalu berkembang karena zaman akan semakin maju.

Akan lebih banyak penemuan-penemuan baru dimasa yang akan datang dan membuat diri kita akan lebih maju. Manusia tidak pernah merasa puas untuk mempelajari sesuatu, pengembangan riset juga sekarang didukung oleh teknologi internet berbasis multimedia. Ini adalah sebuah langkah yang diciptakan oleh umat manusia dan langkah itu tidak akan pernah berhenti karena manusia tidak pernah akan merasa puas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: