Bagaimana Menggunakan Web dan E-mail Untuk Kepentingan Bisnis Septo Indarto

30 Jan

Bagaimana Menggunakan Web dan E-mail Untuk Kepentingan Bisnis

Septo Indarto

Web Untuk Bisnis

Di era digital, saat ini banyak para pengguna internet menggunakan web untuk kepentingan bisnis. Web telah menjadi kebutuhan untuk organisasi perusahaan dan individu dalam menjalankan bisnis. Penggunaan web untuk bisnis akan terus berkembang dan mengalami peningkatan yang tajam. Karena web telah menjadi sebuah media yang efektif untuk keperluan promosi perusahaan, sehingga para pelanggan akan menjadi lebih banyak mengetahui tentang company profile dari sebuah organisasi perusahaan dengan cara mengakses sebuah situs resmi dari perusahaan yang bersangkutan.

Sebuah web akan berisi:

  1. Company Profile
  2. Pencarian data
  3. Artikel
  4. Video
  5. Kontak telepon yang bisa dihubungi
  6. E-mail yang bisa dihubungi
  7. Terhubung dengan media sosial

Web telah menjadi sebuah jembatan antara organisasi perusahaan dan para pelanggan untuk membina sebuah komunikasi dua arah. Contohnya para pelanggan dapat mengirim e-mail kepada bagian Corporate Communication Department untuk bertanya mengenai semua hal yang berhubungan dengan perusahaan.

Corporate Communication Department mempunyai kewajiban untuk menjawab semua pertanyaan tersebut melalui e-mail balasan.

Saat ini lebih dari 2 milyar orang dimuka bumi telah terhubung dengan jaringan internet. Internet telah menjadi media untuk bekerja dan telah menyediakan kebutuhan kita saat ini. Di masa yang akan datang perkembangan teknologi internet akan semakin berkembang dan di luar apa yang kita pikirkan, hal ini dikarenakan perkembangan inovasi akan menciptakan produk-produk baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

 

Setiap orang sekarang ini banyak yang mengakses internet mulai dari pc, smartphone, pc tablet dan gadget lainnya. Di masa lalu setiap pengguna komputer yang mengakses internet hanya menggunakan pc dan laptop saja. Program yang digunakan hanya dua saja yaitu:

  1. Netscape Navigator
  2. Microsoft Explorer

Saat ini pilihan program untuk mengakses internet pilihannya lebih banyak, kita bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari, Opera dll. Kita bisa memilih program untuk browsing internet yang disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Perkembangan teknologi coding telah mengalami perkembangan yang pesat. HTML saat ini adalah bahasa yang banyak digunakan untuk menciptakan dasar World Wide Web (WWW) sebagai standar untuk sebuah web.

Program java juga menjadi program yang paling banyak digunakan oleh para programmer. Diciptakan tahun 1991 oleh James Gosling dari Sun Microsystems, java adalah satu-satunya bahasa program yang bisa berjalan untuk setiap sistem operasi Unix, Windows, dan MacOs (sekarang iOS).

Setiap organisasi perusahaan akan terus meningkatkan kemampuan teknologi informasi dan juga kemampuan sumber daya di bidang teknologi informasi. Ini berlaku untuk perusahaan besar dan perusahaan kecil.

 

E-mail untuk Bisnis

E-mail saat ini menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet untuk berbagai macam kebutuhan, seperti mengirim surat, mengirim gambar, melampirkan dokumen, promosi barang dan jasa dengan mengirimkan e-brosur, mengirimkan newsletter. Pengguna e-mail dari tahun ke tahun semakin bertambah. Saat ini hampir semua kantor menggunakan e-mail untuk keperluan mengirim dan menerima surat serta dokumen.

Kelebihan e-mail dibandingkan menggunakan surat konvensional adalah

  1. Kelebihan e-mail adalah kita dapat mengirim semua jenis dokumen dan lampiran dalam berbagai macam format, mulai dari format Microsoft word hingga pdf.

 

  1. Kita dapat membalas e-mail yang kita terima dan juga meneruskan e-mail tersebut kepada orang lain. Biasanya e-mail yang diteruskan berisi hasil rapat di perusahaan dll.
  2. Saat ini, setiap orang rata-rata menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk membaca e-mail, menganalisa e-mail yang masuk ke account e-mail dan memberikan respon dengan membalas e-mail.
  3. Account e-mial akan menjadi kebutuhan pribadi yang sangat penting dan hal ini sama pentingnya kita memiliki nomer telepo pribadi.
  4. Yahoo dan Google masih menjadi yang paling dominan yang digunakan oleh setiap orang untuk membuat account e-mail.
  5. Para pengguna e-mail juga harus peduli mengenai keamanan data di e-mail yang mereka simpan. Terkait e-mail yang di kirim dan di terima sebaiknya di scan dahulu dengan anti virus. Gunakan anti virus yang mempunyai features untuk menscan  e-mail dari serangan virus, spyware, malware dan lakukan up date program setiap saat. Hapus e-mail yang sudah tidak di baca lagi sehingga bisa menghemat tempat penyimpanan data dan terhindar dari pencurian data e-mail.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: