Memahami Cloud Computing untuk Perkembangan Bisnis

19 Jan

Memahami Cloud Computing untuk Perkembangan Bisnis

Septo Indarto

Penting sekali untuk setiap orang memahami mengenai cloud computing. Cloud computing akan menjadi standar bagi perkembangan teknologi berbasis internet. Cloud computing telah berkembang pesat dan mempengaruhi banyak bidang termasuk dunia bisnis.

Definisi cloud computing (komputasi awan) adalah  gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

Yang terkoneksi dengan cloud computing adalah ketika kita telah menyewa layanan jasa ini, kepada perusahaan penyedia jasa layanan cloud computing.

Di tahun 2020, akan ada lebih dari 50 miliar mesin yang akan terhubung dengan jaringan internet ini adalah sebuah angka yang sangat besar, dunia akan semakin terkoneksi satu sama lainnya. Internet telah menjadi bagian kehidupan manusia modern untuk melakukan aktivitas pekerjaan dan aktivitas hiburan.  Yang mengejutkan adalah kapasitas penyimpanan data akan semakin besar. Gigabyte yang menjadi standar penyimpanan saat ini akan segera menjadi masa lalu. Terrabyte akan menjadi kenangan. Digantikan dengen Exabyte yang akan digunakan sehari-sehari. Ini adalah sebuah revolusi teknologi. Pada tahun 2020, manusia akan memproduksi lebih dari 44 (zettabyte) data digital setiap tahunnya.  44 dengan 21 angka nol di belakangnya. Itulah yang dinamakan dengan istilah Big Data. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana dunia dapat mengatasi berbagai macam limpahan informasi sebanyak itu? Dan yang lebih penting lagi, bagaimana industri dapat meraih keuntungan dari kemajuan tersebut? Hal itu tentu memerlukan pandangan dari berbagai macam sudut pandang. Tetapi satu hal yang harus kita sadari bahwa revolusi digital tidak akan pernah mati dan akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Salah satu perusahaan yang terus mempersiapkan ledakan era big data adalah GE (General Electric). GE mempunyai komitmen penuh untuk mendukung perubahan-perubahan yang terjadi dalam revolusi digital di era big data. Era big data dalam industri berbasis internet akan mengalami peningkatan dalam mengolah data. Bahkan industri  internet dapat mengolah data dua kali lebih cepat dari sektor manapun, dengan infrastruktur investasi terencana hingga $60 triliun dalam 15 tahun ke depan. Software Predix milik GE dirancang sedemikian rupa untuk menghadirkan infrastrastruktur berbasis cloud dengan tingkat keamanan yang tinggi, Predix dirancang untuk industri, oleh industri, guna mengolah data masa depan.

Predix menangkap dan menganalisa volume unik, kecepatan dan beragam data mesin yang dihasilkan di dunia industri.Predix diciptakan dengan kemampuan yang lebih dengan Predix anda dapat meraih manfaat dari pengalaman yang dihadirkan oleh salah satu perusahaan manufaktur terbesar. GE saat ini memiliki 400 pabrik di seluruh dunia dan kini memonitor dan menganalisa 50 juta elemen data dari 10 juta sensor yang terpasang pada aset sejumlah $1 triliun setiap harinya. Predix tidak hanya bermanfaat bagi anda dalam menjalankan bisnis anda tapi juga untuk semua industri.

Dalam menghadirkan solusi berbasis layanan cloud. Software GE Predix memastikan sistem yang fleksibel dan ter-update secara konstan. Untuk organisasi-organisasi individual, tidak perlu lagi pengeluaran besar untuk pemesanan sistem in-house data analytics yang seringkali memakan waktu lama, hingga memperpendek umur relevansi software tersebut. Karena sering kali harus di up date dengan sistem Predix membantu para developer untuk meninjau operasional mesin dengan lebih baik, sehingga mereka dapat menguji dan mengaktifkan aplikasi industrial lebih mudah yang mampu berintegrasi dengan mulus dengan sistem berbasis cloud. Ini adalah sistem yang lahir dari inovasi, di mana inovasi berkembang pesat. Melalui inovasi tersebut, lahirlah potensi besar untuk penghematan. Kita dapat menghemat biaya yang kita keluarkan.

Manfaat Cloud Computing bagi perkembangan bisnis, yaitu:

  1. Cloud Computing akan Menghemat Biaya. Karena kita hanya menyewa layanan tersebut dengan harga sewa yang ditawarkan, sementara up grade teknologi software dan hardware tidak menjadi tanggung jawab pengguna tetapi menjadi tanggung jawab perusahaan penyedia jasa layanan cloud computing.
  2. Keamanan Data. Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll. Sistem keamanan data yang digunakan berlapis untuk mencegah serangan hacker.
  3. Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi. Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan jaringan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Kita hanya memerlukan data yang diperlukan.
  4. Investasi Jangka Panjang. Untuk investasi jangka panjang menggunakan teknologi berbasis cloud computing akan menghemat biaya karena biaya akan pembelian inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi karena semua telah dijalankan lewat komputasi berbasis Cloud.
  5. Collaborative Working

Mempergunakan layanan cloud untuk e-mail, instant messaging, voice communication, berbagi informasi, membuat daftar acara, konferensi telah menjadi kelengkapan untuk standar bisnis saat ini. Layanan cloud telah meyediakan semua layanan itu yang sangat berguna aktivitias bisnis.

Penerapan Cloud Computing telah dilakukan oleh beberapa perusahaan IT ternama dunia seperti Google dengan produk aplikasi Google Drive, IBM dengan produk Blue Cord Initiative, Microsoft melalui sistem operasinya yang berbasis Cloud Computing yaitu Windows Azure menyediakan free trial yang dapat kita coba layanan yang ditawarkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: