Menciptakan Niche Marketing

14 Jan

Menciptakan Niche Marketing

Septo Indarto

Niche marketing adalah cara untuk menemukan keunikan pasar bagaimana produk kita bisa diterima pasar dengan baik. Kita harus dapat mengontrol pasar sehingga kita tidak perlu bersaing mengenai masalah harga. Produk kita diterima oleh konsumen bukan karena harga yang kita tawarkan tetapi karena produk kita memang unik dan dibutuhkan oleh konsumen. Intinya Niche marketing  adalah sama dengan persaingan tanpa harga. Dengan kata lain Niche Market produk atau jasa khusus yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan pasar secara spesifik.

Pendekatan Niche Market ditujukan untuk memperkecil persaingan dipasar.

Ada beberapa kriteria keberhasilan untuk niche marketing:

1.Produk (unik), apakah Anda bisa menawarkan produk unik kepada para pelanggan dan produk yang Anda tawarkan berbeda dengan produk pesaing. Produk unik akan selalu dicari oleh pelanggan, karena pelanggan memang benar-benar menyukainya. Contoh produk-produk Apple adalah produk yang unik dan selalu di cari oleh konsumennya dan banyak dari produk-produk Apple dijadikan koleksi oleh pelanggan fanatiknya.

2.Produk berkualitas tinggi, anda bisa menawarkan kepada konsumen produk-produk yang berkualitas tinggi.

Samsung menciptakan produk-produk elektronik untuk kebutuhan rumah tangga dengan kualitas premium. Harga yang ditawarkan adalah harga premium tetapi para pelanggan sangat puas dengan kualitas yang Samsung tawarkan.

3.Merek, bagaimana kita menciptakan merek yang kuat dibenak konsumen, sehingga konsumen selalu ingat mengenai produk-produk kita dan bisa menjadi pelanggan yang setia.

Citilink anak perusahaan Garuda berhasil mengembangkan mereknya sendiri, Citilink yang berfokus kepada tiket berbiaya rendah, memasuki pasar ceruk (Niche Market) yang sudah diisi oleh AirAsia, Lion Air dan Mandala. Merek Citilink menjadi pilihan pelanggan karena pelayanannya, jarang sekali melakukan penundaan penerbangan, harga yang flat untuk setiap tiket.  Citilink yang menargetkan dapat menguasai 30 persen pangsa pasar penerbangan di tanah air dari saat ini yang baru mencapai 13 persen.

4.Mengembangkan ceruk ketika konsentrasi pasar rendah. Kita tetap harus fokus kepada pengembangan ceruk pasar walaupun permintaan pasar sedang rendah. Jika sedang permintaan pasar rendah maka ciptakan inovasi-inovasi baru untuk produk kita kembangkan. Sehingga kita tetap mampu mendapatkan keuntungan dari keadaan pasar yang sedang rendah.

Perusahaan mobil mewah seperti BMW, Audi, Mercedes selalu menawarkan teknologi terbaru untuk menjual produk-produknya walaupun jumlah pelanggan sangat terbatas tetapi mempunyai pembeli yang setia. Bahkan teknologi yang mereka ciptakan di tahun selanjutnya menjadi standar kualitas bagi perkembangan industri mobil.

5.Menaklukkan kompetitor sejenis. Apakah kita mampu menaklukan kompetitor kita yang menjual produk yang sama. Dalam Niche Market, beberapa perusahaan menjual produk yang sama, sehingga perusahaan harus benar-benar fokus untuk dapat mengalahkan pesaingnya.

Perusahaan Coca-Cola selama bertahun-tahun bersaing dengan perusahaan Pepsi Co. dalam pasar muniman softdrink. Dalam perjalanan waktu Coca Cola memenangkan persaingan melawan Pepsi, Coca Cola lebih fokus untuk menciptakan produk-produk baru dan juga kampanye iklan yang lebih agresif di TV, sehingga penjualan Coca Cola jauh lebih besar dibandingkan Pepsi.

Elemen penting dari strategi niche marketing:

  • Mengetahui tentang pelanggan. Segmentasi pasar secara keseluruhan memungkinkan perusahaan untuk menargetkan jenis usaha bisnis yang dapat ditawarkan dan bisa menjualnya kepada konsumen. Perusahaan telah mengetahui siapa target konsumen mereka.
  • Tetapkan tujuan dan sasaran yang jelas untuk bisnis dan harapan apa untuk mencapai dengan mengikuti pendekatan niche marketing:
  1. Mencapai segmen pelanggan baru
  2. Biaya pemasaran yang lebih rendah
  3. Mempertahankan harga premium

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: