Tiket.com

11 Jan

 

Tiket.com

Septo Indarto

 

Tiket.com adalah salah satu start-up yang sukses mengembangkan bisnisnya di bidang penjualan tiket online. Didirikan oleh Natali Ardianto, Tiket.com sukses menjadi salah satu perusahaan yang dapat tumbuh dengan baik. Hal ini membuktikan bahwa bisnis pariwisata di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa dan banyaknya orang-orang Indonesia saat ini yang pergi wisata dan menganggarkan anggaran khusus untuk pergi wisata. Saat ini Tiket.com telah memiliki omzet mencapai angka triliunan dimana diikuti pertumbuhan industri pariwisata terus tumbuh walaupun situasi ekonomi sedang sulit.

Tiket.com lahir pada bulan Maret 2011, sekitar tujuh anak muda yang memiliki latar belakang pendidikan dan keahlian yang berbeda-beda berkumpul bersama-sama tanpa disengaja. Kemudian mereka memutuskan untuk mendirikan bisnis bersama yang bergerak di industri travel.  Pada bulan November 2011 dengan bantuan modal dari seorang angel investor, Tiket.com resmi berjalan dan bisa diakses secara online. Ketika pertama kali situs ini diluncurkan Tiket.com berhasil menyediakan 250 hotel, tiket travel dan tiket Blitz Megaplex. Kehadiran situs ini mendapatkan sambutan yang sangat meriah dan hebatnya lagi perusahaan ini didirikan dan dikelola oleh 100% orang Indonesia. Sehingga hal itu menjadi bukti kreativitas anak muda Indonesia mampu mengelola sebuah perusahaan pariwisata berbasis teknologi internet.

Latar belakang Tiket.com berdiri adalah Indonesia adalah Negara yang sedang berkembang dan industri pariwisata mulai tumbuh sehingga diperlukan anak-anak bangsa yang mampu mengelola peluang itu. Mereka melihat bahwa Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk mengembangkan bisnis pariwisata berbasis teknologi internet. Alasan yang lainnya adalah bisnis travel termasuk bisnis yang mudah dan praktis serta tidak membutuhkan biaya logistik yang berbeda dengan bisnis lain yang membutuhkan biaya logistik besar. Disisi lain perkembangan teknologi tubuh dan berkembang dengan cepat dan ini akan membantu pertumbuhan bisnis pariwisata berbasis teknologi internet.

Kunci kenapa Tiket.com dapat bertahan dan berkembang di industri travel adalah perusahaan ini berusaha terus untuk memahami situasi, menjalankan sistem perusahaan yang agak berbeda. Semua karyawan tidak dibeda-bedakan, misalnya semua karyawan wajib menggunakan seragam yang sama, kami juga tetap mengutamakan kenyamanan pelanggan sebagai tujuan utama, kemudian karyawan hingga direktur. Kunci keberhasilan adalah mendirikan perusahaan yang memiliki fundamental yang baik dari segi finansial, legalitas, struktur dan semua hal harus diperhatikan.

Keuntungan yang didapat oleh Tiket.com berasal dari komisi produk yang dijual, yaitu tiket maskapai penerbangan, hotel, kereta api dll. Strategi yang dilakukan adalah bagian marketing mengadakan berbagai macam promo dan fokus utama adalah kenyamanan konsumen. Tiket.com ingin mendapatkan pelanggan yang loyal sekaligus menciptakan perusahaan yang sehat dan dipercaya, targetnya adalah perusahaan ini terus mengalami pertumbuhan berkali-kali, misalnya seperti tahun 2014 pertumbuhan mencapai 400% walaupun Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi untuk Tiket.com industri travel tidak terasa dampaknya.

Apa yang telah dilakukan oleh perusahaan Start-up Tiket.com dimulai dari ide sederhana, yaitu bagaimana membangun sebuah perusahaan yang mampu mencari celah pasar yang sebenarnya telah banyak dilakukan oleh para pesaingnya dalam hal ini adalah industri travel atau pariwisata. Perusahaan Start-uo fokus kepada pengembangan bisnis mereka dan fokus kepada pelayanan, sehingga perusahaan ini mampu untuk berkembang. Mereka melihat bahwa industri pariwisata Indonesia akan terus berkembang dan semakin banyak orang Indonesia yang ingin pergi berwisata untuk menikmati liburan dan mencari pengalaman baru.

Internet telah menjangkau lebih banyak pelanggan dan memudahkan kegiatan promosi. Tiket.com berhasil memanfaatkan teknologi internet untuk perkembangan bisnis mereka.

Ketika anda mulai ingin membangun sebuah perusahaan start-up, langkah-langkah apa yang anda harus lakukan:

  1. Bagaimana mengembangkan ide anda.

Anda perlu mengembangkan ide anda tidak perlu ide-ide yang brilian, ide sederhana bisa menciptakan sebuh perusahaan start-up  karena dalam jangka pendek yang harus dilakukan adalah bagaimana perusahaan start-up bisa segera mendapatkan pemasukan.

  1. Memulai Membangun Bisnis dari Skala Kecil.

Mulailah dari bisnis dalam skala kecil yang tidak membutuhkan banyak biaya. Kita bisa belajar dari tantangan yang kita hadapi ketika sebelum kita membesarkan bisnis kita.

  1. Anda Harus Mencari Mentor Bisnis yang Bisa Membantu Anda Seperti Anda Memerlukan Seorang Sahabat.

Seorang mentor akan memberikan masukan yang anda perlukan untuk didengar, seperti nasehat seorang teman yang ingin anda dengar. Anda memerlukan keduanya yang mampu memberikan perbedaan. Banyak sekali pengusaha-pengusaha sukses mendapatkan hal yang positif dari ide-ide sang mentor and pandangan yang berbeda yang dapat menjadi nilai tambah bagi diri kita.

  1. Merekrut Orang-orang yang Berkualitas.

Anda perlu merekrut orang-orang yang berkualitas untuk mengembangkan bisnis perusahaan anda. Karena mereka akan bekerja sesuai dengan kompetensi mereka.

  1. Apa yang Dinginkan oleh Para Pelanggan.

Setiap bisnis yang akan diciptakan selalu dari sebuah pertanyaan apa yang diinginkan pelanggan. Karena dengan memahami keinginan pelanggan kita bisa menciptakan model bisnis yang akan kita lakukan.

  1. Jangan Pernah Melewatkan Kesempatan Untuk Selalu Mempelajari Peluang-peluang Baru yang dapat Dimanfaatkan.

Fokus kepada peluang-peluang yang kita dapat lakukan saat ini karena ini adalah sebuah kesempatan tidak  datang untuk keduakalinya.

  1. Para Sukarelawan Bisa Membantu Perkembangan Bisnis Anda.

Para sukarelawan bisa membantu bisnis anda untuk tumbuh dan berkembang dan memberikan energi motivasi yang positif. Anda bisa mendapatkan pengalaman kepemimpinan yang nyata dan pelajaran terbaik dalam hal ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: