Pentingnya Memahami Kejahatan Dunia Siber

10 Jan

 

Pentingnya Memahami Kejahatan Dunia Siber

Septo Indarto

 

Di Indonesia serangan siber meningkat tajam, data yang diperoleh adalah pada tahun 2014 telah terjadi serangan siber sebesar 48,4 juta serangan. Ini adalah angka yang sangat besar dan itu adalah data yang tercatat, serangan yang belum terdeteksi dan tercatat jauh lebih besar. Serangan siber bukan hanya mengarah kepada server perusahaan-perusahaan besar tetapi juga mengarah kepada para pengguna komputer pribadi. Hal yang paling fatal adalah banyak para pengguna komputer pribadi di Indonesia tidak memasang program antivirus, sehingga mudah sekali ditembus. Karena pada dasarnya banyak dari mereka tidak paham mengenai masalah keamanan di dunia internet. Padahal saat ini program antivirus yang dijual di pasaran sudah sangat terjangkau harganya dan program antivirus banyak menambahkan fitur-fitur baru yang sangat bermanfaat untuk melindungi komputer dari serangan siber.

Beberapa jenis insiden serangan siber di Indonesia:

  1. Aktivitas malware
  2. Lemahnya celah keamanan
  3. Kebocoran rekam jejak
  4. Password Harvesting atau Phising
  5. Kebocoran domain

Serangan tersebut menyebabkan kerugian sebesar Rp 33,29 miliar. Tersangka dari tahun 2012 hingga bulan April 2015 sebesar 497 tersangka. Dengan perincian WNA 389 orang dan WNI 108 orang.

Di Indonesia serangan siber harus menjadi perhatian utama, karena hal ini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata, serangan siber telah menjadi ancaman nasional yang sangat serius. Jika tidak ada strategi yang tepat untuk menangani serangan siber maka akan berpotensi buruk untuk bidang ekonomi dan dunia bisnis. Bidang perbankan adalah salah satu korban peretasan yang sering terjadi, sehingga banyak kasus pencurian password para nasabah dan kemudian mencuri uang para nasabah, ini adalah kejahatan serius. Serangan hacker akan berkembang dan akan menyerang ke banyak sasaran. Sasaran yang akan menjadi target hacker adalah transportasi, kelistrikan, kantor-kantor, rumah tangga, rumah sakit.

Sampai saat ini Indonesia adalah Negara yang sama sekali tidak siap untuk menghadapi serangan siber, karena belum ada standardnisasi program untuk menangkal serangan hacker. Jika ini dibiarkan terus akan merugikan Negara dimasa mendatang. Investor akan takut untuk datang dan menanamkan modalnya di Indonesia. Perkembangan bisnis akan terganggu, karena banyaknya data-data yang dicuri dan pemalsuan data oleh para hacker. Ini tidak bisa dibiarkan dalam jangka waktu terlalu lama. Sudah saatnya ada pemahaman baru tentang pentingnya masalah keamanan siber sehingga tidak akan merugikan Negara kita dalam jangka panjang. Ini membutuhkan sebuah terobosan dalam bertindak dan kita harus melakukan hal itu segera.

Bagaimana mencegah serangan siber, ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Anda harus menciptakan password yang unik sehingga sulit dideteksi dan ubahlah setiap saat. Para hacker selalu ingin mencari password yang lemah dan bisa dibobol, jika anda mempunyai password yang unik dengan karakter yang panjang dan kuat maka sulit bagi mereka untuk menembus jaringan komputer anda dan jangan lupa selalu ubah password anda sehingga tidak mudah bagi para penjahat untuk mengingatnya.
  2. Jangan pernah menggunakan satu password untuk beberapa layanan. Jika anda banyak menggunakan banyak layanan di internet, seperti e-mail dan sosial media, gunakanlah password yang berbeda, sehingga tidak mudah terbaca oleh para penjahat.
  3. Selalu memperbaharui software yang anda gunakan. Anda harus selalu memperbaharui software yang anda gunakan untuk memperkuat celah keamanan yang bisa ditembus oleh para hacker.
  4. Anda harus memastikan halaman web yang sedang anda akses aman dari serangan para hacker. Gunakan antivirus berbayar untuk mengecek keamanan web yang sedang anda akses.
  5. Jangan pernah mengirim data pribadi melalui e-mail, seperti nomer rahasia kartu kredit dan juga nomer rekening bank anda.
  6. Rekrutlah seorang ahli keamanan dunia maya. Anda harus merekrut seorang ahli keamanan dunia maya untuk menjaga server jaringan di tempat anda bekerja supaya sulit ditembus oleh para penjahat yang ingin meretas sistem keamanan jaringan server anda.
  7. Anda harus menciptakan data pendukung yang dapat disimpan di hardisk external, supaya data anda aman dan tidak bisa dilihat oleh siapapun. Data akan semakin penting untuk disimpan supaya dapat dipakai untuk kepentingan yang selayaknya.
  8. Hindarkan penggunaan komputer milik umum seperti di perpusatakaan, café dll dan juga hindarkan pemakaian jaringan wi-fi milik bersama karena para penjahat bisa meretas komputer milik anda.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: