Mencari Pekerjaan Melalui Internet

9 Jan

 

Mencari Pekerjaan Melalui Internet

Septo Indarto

 

Saat ini hampir setiap orang mencari pekerjaan dan mengirim lamaran pekerjaan lewat internet. Karena biaya yang dibutuhkan sangat murah. Berbeda seperti dimasa lalu, ketika para pencari kerja (Job Seeker) mencari pekerjaan lewat surat kabar, kemudian jika ada lowongan yang diinginkan para pencari kerja akan mengetik dengan mesin tik dan kemudian memphoto copy (menyalin) dokumen dalam junlah banyak lalu mengirimkannya melalui pos serta menunggu jawaban melalui surat atau telepon. Kita bisa bayangkan berapa biaya yang dikeluarkan tentunya sangat banyak.

Saat ini perusahaan-perusahaan memasang iklan mengenai lowongan pekerjaan melalui situs mereka atau memasang iklan di perusahaan-perusahaan job sekeer seperti jobstreet.com, karirpad.com, careerbuilding.com dll. Perkembangan teknoogi internet mengubah cara bagaimana merekrut calon pegawai baru. Para pencari kerja hanya membuka situs-situs lowongan kerja, mengetik surat lamaran dengan Microsoft word atau program penulisan yang lain, kemudian menscanning dokumen-dokumen yang diperlukan lalu mengirimnya melalui e-mail atau melalui account di situs lowongan pekerjaan. Pilihan posisi pekerjaan yang ditawarkan lebih banyak, karena setiap jam di up date terus informasinya. Ini yang menjadi kelebihan mencari pekerjaan melalui internet.

Berikut ini beberapa tips dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang anda miliki sebelum anda benar-benar melamar pekerjaan tersebut:

  1. Anda harus mencari informasi mengenai perusahaan memiliki nama di bidangnya dan berapa lama perusahaan tersebut telah berdiri. Sehinnga Anda tidak hanya sekedar mencari pekerjaan untuk bergaya atau sekedar gengsi untuk diperlihatkan di mata teman-teman, dengan bekerja di perusahaan yang terkenal serta memiliki reputasi yang baik. Dengan anda bekerja di perusahaan yang memiliki reputasi yang baik, maka anda akan lebih mudah untuk mencapai kesejahteraan serta karir anda akan lebih maksimal lagi dalam bekerja.
  2. Anda harus menentukan pilihan untuk kemajuan anda dalam berkarir yaitu perkembangan dalam industri. Anda harus mencari peluang industri sedang berkembang dan prospek bisnisnya, sehingga kesempatan anda dalam bekerja akan lebih mudah anda dapatkan.
  3. Anda harus menentukan pilihan lokasi perusahaan juga dapat menentukan kenyamanan anda dalam bekerja. Anda harus memilih perusahaan yang memiliki letak kantor di lokasi yang tengah berkembang terutama untuk bisnis, jika lokasinya terletak di kawasan bisnis akan mempercepat kemajuan karir anda.
  4. Anda bisa memilih dan mendapatkan pekerjaan dengan mudah ketika anda memiliki jaringan yang kuat. caranya yaitu dengan anda ikut bergabung dengan beberapa kelompok industri lokal di daerah anda.
  5. Setelah anda mantap dengan langkah-langkah yang anda lakukan maka bisa mengirim cv anda melalui e-mail atau situs perusahaan tersebut

Tetapi  para pencari kerja tetap harus hati-hati, karena banyak situs-situs lowongan pekerjaan juga memberikan informasi palsu kepada para pencari kerja. Hal ini yang harus diwaspadai. Para pencari kerja harus berhati-hati terhadap lowongan pekerjaan yang menipu. Iklan lowongan ini sering kali muncul sebagai iklan banner pop up di setiap situs tujuannya untuk mencari uang dari para pencari kerja, target mereka adalah mencari uang sebanyak-banyaknya dari para pencari kerja yang baru lulus kuliah.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda waspadai:

  1. Meminta anda untuk membayar sejumlah uang yang disesuaikan dengan posisi yang dilamar sebelum memproses aplikasi anda dikirim atau memberikan pelatihan kepada anda alasannya supaya anda siap bekerja.
  2. Mengundang anda untuk jadwal wawancara, yang kemudian berubah menjadi kegiatan acara multi-level marketing atau skema penjualan piramida, anda biasanya diminta untuk membeli sebuah barang dengan alasan supaya anda bisa memahami mengenai pekerjaan yang akan anda jalani diperusahaan tersebut.
  3. Merekrut anda dan meminta anda untuk datang dengan mengatakan ada peluang bisnis yang bagus untuk masa depan anda, anda harus datang untuk mendapatkan peluang tersebut. Perusahaan tersebut telah menyalahgunakan resume yang anda kirim dan meminta anda untuk ikut bagian dari tim penjualan mereka untuk mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas. (Banyak perusahaan MLM yang melakukan hal itu).
  4. Perusahaan-perusahaan menggunakan e-mail gratisan bukan e-mail milik perusahaan, ini sangat berbahaya karena tujuannya untuk penipuan.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: