Bagaimana Mengelola Keuangan Bagi Para Profesional yang Baru Bekerja

8 Jan

Bagaimana Mengelola Keuangan Bagi Para Profesional yang Baru Bekerja

Septo Indarto

 

Bagi semua orang yang baru lulus kuliah maka langkah selanjutnya adalah mencari pekerjaan dengan gaji yang layak sebagai pendapatan perbulan untuk membiayai hidup kita saat ini dan dimasa mendatang. Bagi para profesional yang baru bekerja sangat penting untuk mengelola keuangan mereka karena gaji pertama dan gaji selanjutnya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan kita dan sisanya bisa di tabung.

  1. Kita harus mampu membuat anggaran bulanan. Tujuannya untuk mengatur keuangan kita, apa yang kita harus beli dan apa yang tidak perlu kita beli. Penghasilan pertama pasti sangat menyenangkan, tetapi tetap kita harus menciptakan daftar mengenai kebutuhan kita, kita harus membelanjakan uang kita untuk kepentingan kita, sehingga kita bisa mencukupi kebutuhan kita. Anda harus bisa belajar hidup hemat dan mengatur keuangan anda.
  2. Persiapan Dana Darurat

Kita harus mempersiapkan dana darurat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak pernah kita pikirkan dan terjadi berada diluar jangkuan kita. Anda harus menabung ketika mulai mendapatkan gaji pertama anda. Karena biasanya ketika kita masih muda jarang sekali memikirkan tabungan untuk kepentingan masa depan. Tabungan sangat penting dan dapat digunakan kapan saja ketika anda membutuhkan untuk digunakan.

  1. Memulai Investasi

Tidak ada salahnya anda mulai belajar mengenai investasi dan mulai investasi sesuai dengan kemampuan anda. Berinvestasi adalah jalan terbaik untuk menuju kemandirian finansial dimasa mendatang selain menabung. Anda harus berhati-hati memilih produk investasi dan pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda. Karena investasi memberikan keuntungan bunga yang lebih besar dibanding dengan tabungan.

  1. Membeli Polis Asuransi

Biaya kesehatan akan semakin mahal dari tahun ke tahun, oleh karena itu tidak ada salahnya gaji pertama anda digunakan juga untuk membeli polis asuransi jiwa atau bisa juga membayar BPJS. Asuransi jiwa dengan produk unit link selain menawarkan perlindungan juga menawarkan investasi jangka panjang. Rata-rata anda harus membayar asuransi selama sepuluh tahun, setelah itu uang anda bisa diambil. Oleh karena itu anda perlu disiplin dalam membayarnya, jangan sampai anda melakukan cuti polis dalam waktu tertentu, sediakan anggaran dari gaji anda untuk membeli produk polis asuransi jiwa.

  1. Anda Harus Hidup dengan Hemat. Anda harus belajar hidup hemat, karena jika tidak gaji pertama yang anda terima belum sampai akhir bulan akan habis karena anda tergonda membeli barang-barang yang tidak anda butuhkan. Hindarkan hal ini, karena ini akan membuang uang anda dan akan merugikan anda saat ini dan dimasa depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: