Serangan Siber 2016

7 Jan

Serangan Siber 2016

Septo Indarto

 

Serangan siber pada tahun 2016 akan terus meningkat dan masalah keamanan akan terus mendapat perhatian yang sangat penting. Anda perlu melindungi komputer anda dari semua serangan tersebut. Serangan siber 2016 bukan hanya sekedar serangan dari kaum teroris untuk mengacaukan keamanan dunia tetapi juga ditujukan kepada kelompok bisnis untuk mendapatkan data-data penting seperti data pribadi, password, rekening bank, data perusahaan.

Menurut Juan Andrés Guerrero-Saade, Senior Security Expert, Global Research and Analysis Team Kaspersky Lab, mengatakan bahwa konsep advanced dan persistent bisa jadi hilang pada tahun ini untuk mengurangi jejak yang tertinggal di sistem terinfeksi sehingga akan sulit dideteksi. Para penjahat siber juga akan lebih mengandalkan off-the-shelf malware untuk meminimalkan biaya yang harus mereka keluarkan. Yang terjadi pada tahun 2016 kita akan melihat evolusi yang signifikan dari keahlian tradecraft dalam spionasecyber.  Mereka berupaya  untuk meminimalkan biaya dengan memanfaatkan kembali malware yang tersedia secara komersial. Mereka menjadi lebih mahir dalam menyembunyikan peralatan canggih, infrastruktur, serta identitas mereka dengan cara menghilangkan sifat terus-menerus (persistence). Selain APT yang akan menghilang dan diganti ancaman yang lebih berbahaya dan sulit terdeteksi, akan muncul tindak kejahatan melalui smart TV dan mesin pembuat kopi. Perangkat mobile dan Internet-of-Things (IoT) juga dijadikan target.

Untuk kejahatan perbankan para penjahat siber akan menggunakan ransomware yang popularistasnya sedang meningkat  dengan penggunaan Virus Trojan perbankan. Ini juga diprediksi akan semakin meluas ke area yang baru ancamannya, seperti perangkat dengan sistem operasi (OS) X. Perangkat ini kebanyakan dimiliki oleh para target yang dianggap kaya sehingga akan lebih menguntungkan penjahat siber. Hal yang harus diwaspadai adalah model pembayaran terbaru, seperti ApplePay dan AndroidPay, serta bursa saham akan menjadi target empuk bagi serangan siber keuangan. Ini akan terus dikembangkan oleh para penjahat siber. Sehingga mereka akan mendapatkan keuntungan dari aktivitas pencurian dari sistem pembayaran terbaru.

Bagaimana solusinya untuk menghdapai semua serangan siber pada tahun 2016. Menurut Kaspersky Lab, seperti dikutip dari rilisnya, ada beberapa tindakan yang harus diambil:

  1. Berinvestasi dalam solusi keamanan yang kuat untuk semua perangkat, ini penting sekali karena sekarang semua perangkat saling terintegrasi satu sama lain.
  2. Mengeksplorasi dan memanfaatkan opsi tambahan yang biasanya disertakan dalam solusi perlindungan anda, seperti Default Deny Execution Controls, Whitelisting, Encryption, dan Automated Backups. Anda harus menggunakan software keamanan yang menyediakan fasilitas tambahan yang lengkap, sehingga tingkat keamanan semakin tinggi dan sulit dideteksi oleh para penjahat siber.
  3. Mempelajari dasar-dasar kemanan siber dan ajarkan juga kepada teman anda. Ini penting sekali untuk mencegah penularan virus, malware, spyware dll.
  4. Beralihlah ke komunikasi terenkripsi.
  5. Pertimbangkan baik-baik untuk merubah kebiasaan online Anda serta informasi apa yang anda bagikan, khususnya di jaringan sosial media. Setelah meng-upload, informasi itu akan tetap berada di internet untuk selamanya dan dapat digunakan untuk melawan anda atau bahkan perusahaan anda.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: