Pengertian Lean Manufacturing

5 Jan

Pengertian Lean Manufacturing

Septo Indarto

 

Saat ini Lean Manufacturing banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan diseluruh dunia, termasuk di Indonesia. Lean ditujukan untuk meningkatkan kinerja organisasi perusahaan. Lean juga digunakan untuk memperbaiki kinerja organisasi. Perusahaan-perusahaan menginginkan peningkatakan kinerja operasional dalam memanfaatkan metode lean.

Sekarang kita bahas apa itu Lean manufacturing? Lean manufacturing adalah sebuah cara berpikir, filosofi, metode dan strategi manajemen untuk meningkatkan efisiensi di lini manufaktur atau produksi. Metode ini diadaptasi dari konsep Toyota Production System (TPS). Tujuan utama lean manufacturing adalah memaksimalkan nilai (value) bagi pelanggan dan meningkatkan profitabilitas perusahaan dengan menghilangkan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah (waste) sehingga bisa menciptakan efisiensi. Implementasi Lean Manufacturing (metode serta tools-nya) dilakukan secara terus-menerus untuk menciptakan perbaikan pada proses dan inovasi di dalam perusahaan, sehingga perusahaan tersebut melakukan apa yang disebut continuous improvement (CI) untuk mencapai operational excellence dan customer intimacy.

Lean adalah tentang memiliki sumber daya yang tepat, di tempat yang tepat untuk melakukan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dengan kualitas terbaik dan di waktu yang tepat. Lean adalah filosofi yang menghargai setiap orang di dalam organisasi, termasuk pelanggan, pemasok, stakeholder dan karyawan.

Lean juga bisa diterapkan di industri lain. Walaupun berasal dari industri manufaktur, konsep lean ternyata dapat juga diterapkan dalam bidang-bidang berbasis pelayanan, misalnya industri perbankan, industri penerbangan, industri pariwisata. Lean dalam bidang pelayanan menyandang prinsip yang sama, yaitu ‘Perbaikan yang Berkesinambungan’ dan ‘Menghilangan aktifitas non-value-add alias waste. Perbedaannya adalah prinsip-prinsip ini dapat diterapkan dalam bisnis layanan seperti call center, pelayanan kesehatan, software development, serta jasa profesional lainnya.

Karena itu, dalam bisnis layanan jasa juga terdapat beberapa bentuk pemborosan yang sering kita lihat seperti halnya dalam industri manufaktur, yang dapat menghambat operasional dan merugikan perusahaan. Seperti, pudarnya loyalitas, hilangnya kepercayaan pelanggan, berkurangnya keuntungan, yang akan mempengaruhi image perusahaan di mata umum secara langsung, mutu pelayanan yang semakin berkurang.

Kunci keberhasilan penerapan metode lean manufacturing:

  1. Mempersiapkan Kemampuan Sumber Daya Manusia

Perusahaan harus mempunyai kemampuan yang bagus dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki agar mempunyai kualitas yang bagus. Para pegawai harus mendapatkan motivasi yang terus menerus untuk menyebarluasakan beberapa orientasi  untuk  memperbaiki kualitas yang berkelanjutan. Perusahaan bisa merekrut seorang trainer untuk memberikan pelatihan motivasi kepada  karyawan  supaya pelaksanaan lean manufacturing tersebut berhasil.

  1. Melibatkan karyawan di Perusahaan

Jika tidak ada satu orang pun karyawan yang mau dan mampu untuk  menjalankan beberapa konsep dari lean manufacturing tersebut maka konsep ini tidak akan berhasil. Metode lean membutuhkan  karyawan dalam perusahaan tersebut untuk  pengambilan keputusan dalam pengembangan suatu sistem yang  berasal dari level atas hingga level terendah. Artinya semua karyawan dalam perusahaan harus ikut andil dalam pelaksanaan konsep lean manufacturing tersebut. Perusahaan bisa melatih karyawan dengan pelatihan atau training  agar bisa memiliki SDM yang handal dan bermutu mengenai bagaimana caranya menerapkan konsep lean diperusahaan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: