Revolusi Teknologi Nirkabel

30 Des

Revolusi Teknologi Nirkabel

Septo Indarto

 

Perkembangan teknologi nirkabel sangat pesat, jutaan orang telah menikmati penggunaan teknologi ini, mulai dari hanya sekedar mencari informasi di internet, mencetak foto, hingga menonton film kualitas HD. Perkembangan akan terus terjadi karena hal itu merupakan tuntutan zaman, tetapi tujuannya memberikan kemudahan bagi setiap orang dalam melakukan berbagai aktivitas baik mobile ataupun di dalam ruangan.

Apa saja perkembangan teknologi nirkabel:

  1. Zigbee, menggunakan sensor-sensor yang terkait satu sama lain dengan menggunakan pemancar radio mini. Mesin ini ukurannya lebih seukuran koin.
  2. Wi-Fi, dikirim via antenna Wi-Fi dari antena ke berbagai gadget, PC, Notebook. Data dianalisa. Wi-Fi adalah teknologi nirkabel berkecepatan tinggi yang terhubung ke PC, printer dan piranti lainnya dalam jangkauan pendek untuk mengakses internet.
  3. Wi-Max, adalah bentuk jaringan nirkabel berkecepatan tinggi yang sama dengan Wi-Fi tapi mempunyai daya jangkau sekitar 50 KM.
  4. Mobile-FI, hampir sama dengan Wi-Fi yaitu menyalurkan akses nirkabel berkecapatn tinggi ke kendaraan yang sedang bergerak.
  5. Ultrawideband, sebuah teknologi yang dapat mentransfer data file berukuran besar dalam jarak pendek dan menembus dinding.

Teknologi tersebut terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga koneksi nirkabel akan mudah diakses dimana saja. Teknologi-teknologi tersebut telah menciptakan sebuah lompatan besar dan revolusi digital dan akan terus berlangsung. Jaringan nirkabel berkecepatan tinggi telah mengubah cara kita hidup dan bekerja, kita dalam melakukan aktivitas tidak direpotkan kembali dengan banyaknya kabel untuk terhubung dengan internet. Hal ini tentunya menciptakan efisiensi dalam hal biaya.

Jaringan nirkabel juga membantu universitas untuk meningkatkan produktivitas para mahasiswa untuk mencari bahan informasi dan mengerjakan tugas-tugas kuliah dimana saja mereka berada dan tidak berpatokan di kampus saja. Mahasiswa sangat dimudahkan dengan adanya teknologi nirkabel untuk belajar dan juga bersosialisasi dalam lingkungan kampus. Bahkan dari penggunaan teknologi nirkabel melahirkan berbagai macam inovasi yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya dalam lingkungan kampus. Ini adalah sebuah lompatan besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di kampus-kampus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: