Tokoh Strategi Bisnis Carlos Ghosn

28 Des

Tokoh Strategi Bisnis

Carlos Ghosn

Septo Indarto

 

Carlos Ghosn telah melakukan lompatan yang besar untuk memabgun kembali brand Nissan, sebagai perusahaan mobil Jepang yang sangat disegani di pasaran dunia. Nissan adalah salah satu perusahaan mobil tertua di dunia yang berasal dari Jepang, tetapi Nissan Motor Co hampir bangkrut karena tidak mampu bersaing dan mempunyai hutang yang besar. Pada tahun 1999 perusahaan ini dinyatakan hampir bangkrut. Pada bulan Maret 1999, perusahaan mobil asal Perancis Renault dan Nissan resmi merger dan namanya menjadi Renault-Nissan. Pada bulan Mei 1999, Renault membeli 36.8% saham yang dimiliki oleh Nissan.

Apa yang dilakukan oleh Carlos Ghosn:

  1. Carlos Ghosn langsung mengubah bahasa resmi pengantar di perusahaan Nissan yang tadinya memakai bahasa Jepang dirubah menjadi bahasa Inggris sebagai bahasa resmi perusahaan.
  2. Carlos Ghosn banyak membawa para eksekutif yang berasal dari Eropa dan Amerika untuk menduduki posisi eksekutif menggantikan orang-orang Jepang untuk menciptakan peningkatan penjualan secara global untuk pertama kalinya
  3. Menaikan marjin laba operasi sebesar 11,3% dalam enam bulan dari bulan April hingga September 2004.
  4. Nissan banyak mengeluarkan mobil-mobil dengan model terbaru yang mampu menaikan jumlah penjualan.
  5. Peningkatan kualitas mobil, sehingga mobil Nissan mampu berkompetisi dengan merek-merek lain.

Carlos Ghosn juga memperoduksi kembali mobil legenda Datsun, mobil ini diproduksi kembali tetapi dipasarkan untuk Negara-negara berkembang, seperti Indonesia, India dan Rusia. Datsun adalah bagian dari sejarah kesuksesan Nissan di masa lampau. Karena Nissan adalah Datsun. Dimasa lalu Nissan memproduksi mesin mobil dan Datsun memproduksi body mobil.

Nissan juga memproduksi mobil-mobil sport yang dikhususkan untuk segmen mobil kelas atas. Sehingga hal ini menciptakan nilai jual Nissan dalam persaingan pasar otomotif dunia namanya semakin diperhitungkan.

Nissan saat ini juga berfokus kepada pengembangan teknologi mobil listrik yang mempunyai pasar yang sangat besar. Mobil listrik adalah mobil zero emission dan sangat bersahabat dengan lingkungan, sehingga tidak menimbulkan polusi udara dan sangat peduli dengan pelestarian alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: