Perkembangan Bisnis Komik Strip di Era Digital

28 Des

Perkembangan Bisnis Komik Strip di Era Digital

Septo Indarto

 

Komik Strip memasuki era baru yaitu era digital dan bisnisnya berkembang pesat dari tahun ke tahun. Di masa lalu, para pencinta komik strip membaca komik strip melali media cetak dari buku komik hingga majalah, saat ini ketika perkembangan teknologi digital semakin maju, para pencinta komik memanfaatkan blog dan juga media sosial untuk membaca komik strip. Para kartunis juga saat ini rajin memajang karya mereka di media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Apa itu komik strip? Komik strip adalah gambar atau rangkaian gambar yang berisi cerita yang digambar oleh kartunis dan diterbitkan secara teratur di sebuah media, bisa majalah, Koran tau buku komik. Tetapi saat ini cara itu telah berubah, para kartunis memanfaatkan internet untuk memajang karya mereka dan juga menjual karya-karya mereka kepada para pencinta komik, baik pencinta komik di Indonesia dan pecinta komik di luar negeri.

Internet telah menjadi media baru bagi para kartunis karena mempermudah mereka untuk menggambar, mengedit, up load dan sharing, setiap orang dapat membacanya. Sehingga membuat para kartunis untuk berkarya dan menciptakan karya-karya baru.

Jika dibandingkan sebelum adanya internet, para kartunis sangat sulit mendistribusikan karya mereka, sangat banyak proses yang harus dilalui, dari mulai mencari penerbit yang mau menerbitkan karya mereka, kemudia mencetaknya dan menjualnya kepada konsumen. Jika diterima masih ada proses yang melelahkan yaitu negosiasi yang membutuhkan waktu yang sangat lama dan hal itu membuat para kartunis tidak bisa berbuat apa-apa akhirnya membuat para kartunis menjadi sangat malas untuk berkarya. Karena harus melalui proses yang panjang.

Line sebagai sosial media yang berbasis mobile, saat ini melengkapi layanan komik digital karena tren komik di Indonesia sedang tumbuh pesat. Layanan ini disesuaikan dengan gaya hidup kawula muda Indonesia yang kini banyak menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari.

Satu hal yang harus dilihat bahwa teknologi internet membantu para komikus dapat dengan mudah mempromosikan karya mereka dan juga menjual karya-karya mereka kepada para pencinta komik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: