Demografi Penduduk Usia Lanjut

24 Des

Demografi Penduduk Usia Lanjut

Septo Indarto

 

Di beberapa Negara populasi usia lanjut melebihi populasi usia produktif. Ini merupakan tanda bahaya dan ancaman bagi Negara-negara yang mempunyai populasi usia lanjut lebih besar karena akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan menganggu aktivitas bisnis. Laporan terbaru PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) tahun 2015 menulis dalam sebuah laporan bahwa ada enam Negara yang mempunyai potensi besar mengalami perburukan ekonomi pada tahun 2050. Enam Negara itu adalah

  1. Jepang
  2. Korea
  3. Yunani
  4. Italia
  5. Portugal
  6. Spanyol

Angka populasi usia lanjut yang berusia 60 tahun dan 60 tahun ke atas sebesar 40% dari total populasi Negara. Dalam jangka panjang keadaan itu akan mengurangi produktivitas dan akan mengancam pertumbuhan ekonomi dimasa mendatang. Biaya kesehatan dan asuransi pension yang harus dikeluarkan oleh Negara dan juga perusahaan asuransi akan meningkat, hal itu tentu saja memberatkan anggaran Negara. Sementara hal terburuk yang akan terjadi akan oarng-orang muda yang produktif akan bekerja dan membayar pajak lebih mahal untuk membiayai kesehatan dan kesehatan kaum lansia. Jika pemerintah di keenam Negara tersebut tidak mempunyai sebuah solusi untuk mengatasi masalah sosial tersebut maka akan menjadi beban berat bagi masing-masing pemerintah untuk memacu pertumbuhan ekonomi supaya bisa bertahan dalam persaingan global.

Orang-orang muda akan semakin berat dan bekerja lebih keras lagi, pemerintah akan kekurangan sumber keuangan dari sumber pajak, karena populasi usia produktif semakin berkurang. Negara-negara tersebut tentunya tidak dapat bersaing dalam produktivitas ekonomi dan akan mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang. Ekonomi global membutuhkan produktivitas dari orang-orang muda yang produktif untuk menciptakan nilai tambah yang akan menopang pertumbuhan ekonomi sebuah Negara. Jika hal itu tidak dapat dilakukan maka hal itu akan semakin merugikan dalam persaingan antar bangsa. Sebagai contoh Jepang telah memasuki masa resesi yang panjang karena populasi usia lanjut sangat besar. Daya saing Jepang semakin turun dari tahun ke tahun. Itu tanda bahaya bagi Jepang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: