BRI dan Ekonomi Rakyat Kecil

24 Des

BRI dan Ekonomi Rakyat Kecil

Septo Indarto

 

Bank Rakyat Indonesia atau yang dikenal dengan nama BRI adalah bank yang mempunyai market segment untuk membantu para pengusaha kecil melalui kredit usaha rakyat (KUR) membantu mereka menjadi pengusaha yang sukses dan mandiri. Usaha rakyat harus dibantu untuk tumbuh dan berkembang. UKM adalah prioritas utama BRI. BRI pada tahun 2015 mendapat jatah untuk penyaluran kredit usaha rakyat sebesar Rp 21,4 triliun. Dengan jumlah itu BRI bisa menjangkau sekitar 2 juta nasabah dengan asumsi rata-rata nasabah memperoleh kredit sebesar Rp 10 juta. Menurut data yang dirilis ada sekitar 50 juta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

BRI memfokuskan dan memprioritaskan juga penyaluran KUR kepada pengusaha kecil yang belum pernah mendapatkan pembiayaan dari bank. Tujuannya untuk membantu mereka para pengusaha kecil mampu tumbuh dan berkembang. Jika BRI berhasil menyalurkan KUR sebesar Rp 21,4 triliun maka hal itu akan mampu menyumbang pertumbuhan ekonomi hingga 0,34%. BRI berupaya target itu terlaksana dengan baik di lapangan.

BRI menyalurkan KUR dengan memanfaatkan seluruh jaringan infrastruktur yang ada, yaitu dengan jaringan kantor dan melibatkan 8.577 mantri khusus KUR, 4.935 petugas administrasi, 953 account officer untuk KUR ritel. Dalam penyaluran KUR tersebut bahkan para mantri KUR bekerja selama tujuah hari seminggu, tujuannya untuk memaksimalkan penyaluran KUR kepada para pengusaha kecil sesuai target yang sudah direncanakan. Tujuannya para mantra KUR tetap bekerja untuk hari Sabtu-Minggu untuk penyaluran KUR, karena para pengusaha tidak mempunyai waktu sehingga BRI menjemput bola untuk menyalurkan kredit kepada mereka.

BRi terus memperluas jaringannya dalam menyalurkan KUR. Karena dengan membantu para pengusaha kecil maka hal itu akan menciptakan kesejahteraan dan mampu menciptakan lapangan kerja yang bermanfaat bagi masyarakat sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dan menciptakan masyarakat yang lebih produktif dan mandiri secara ekonomi. Para pengusaha kecil selama ini mengalami kesulitan dalam mendapatkan akses permodalan untuk membangun usaha mereka, disinilah peran BRI untuk membantu mereka dalam mendapatkan akses kredit sebagai modal.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: