Singgih Susilo Kartono

22 Des

Singgih Susilo Kartono
Septo Indarto

Namanya telah mendunia, dikenal oleh banyak pencinta musik, dia adalah Singgih Susilo Kartono. Dia sukses mengembangkan brand lokal ke tingkat internasional. Radio Magno mempunyai desain yang unik karena terbuat dari kayu dan suara yang dihasilkan sangat bagus. Singgih adalah lulusan ITB dan jeli melihat potensi alam Indonesia. Alam Indonesia memberikan banyak inspirasi yang tidak terbatas bagi dirinya dalam mengembangkan sebuah produk. Produk yang mempunyai desain yang unik, kualitas yang bagus dan produknya diterima oleh masyarakat lokal dan masyarakat internasional.
Awal dia menjadi seorang pengusaha sukses dilator belakangi oleh kesedihan bahwa desa telah kehilangan daya tarik, banyak orang desa yang pergi ke kota hanya untuk mencari pekerjaan disamping itu dia mengamati bagaimana desa yang karakternya produktif telah bergeser menjadi konsumtif karena pengaruh budaya kota.
Dia mempunyai gagasan untuk mengembangkan produk unik yang ramah lingkungan, lahirnya radio magno. Singgih telah berhasil mengembangkan technology intensive dan labor intensive yang disinergikan di laboratorium Magno, sehingga terciptalah produk yang unik yang dipadukan dengan kecanggihan teknologi saat ini. Singgih melihat bahwa desa memberikan dukungan sumber daya yang tidak terbatas untuk menciptakan sebuah ide dan juga bahan bakunya, tergantung kita mampu mengolahnya. Karena desa telah menyediakan semuanya.
Singgih tidak puas hanya dengan produk radio Magno, tetapi dia ingin terus berkarya dan menciptakan produk-produk lain yang inovatif. Saat ini dia mengembangkan produk Spedagi singkatan dari Sepedaan Pagi-pagi, sepeda ini terbuat dari bambu, karena dia menemukan fakta bahwa bambu merupakan material yang kuat dan mampu menahan beban orang bersepeda dengan gerakan yang dinamik. Bambu juga mempunyai sifat ramah lingkungan.
Spedagi bisa memberikan pengalaman yang luar biasa kepetika melalkukan tur keliling desa. Dia terus mengembangkan konsep economicology yaitu bagaimana pentingnya ekologi dalam menopang pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan. Alam menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh manusia. Dengan mengembangkan potensi desa, diharapkan masyarakat desa menjadi lebih produktif dalam mengelola sumber daya yang telah disediakan, tetapi tujuannya adalah dia ingin membangun desa dan memberikan lapangan pekerjaan dan mengembangkan pendidikan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat desa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: