Bagaimana Menciptakan Brand Lokal yang Berdaya Saing Global Septo Indarto

22 Des

Bagaimana Menciptakan Brand Lokal yang Berdaya Saing Global

Septo Indarto

 

Pasar bebas adalah peluang yang sangat besar, pasar bebas bukanlah ancaman. Brand lokal harus fokus untuk menggarap pasar global. Peluang yang didapatkan sama sekali tidak terbatas dan untuk mewujudkan hal itu maka pengembangan inovasi produk serta menjaga kualitas produk adalah kunci utama suksesnya brand lokal di pasar bebas.

Prodok-produk makanan, fashion, pariwisata, software adalah produk-produk yang dapat kita jual ke pasaran dunia. Karena produk-produk tersebut merupakan andalan yang tidak pernah ada habisnya di konsumsi oleh para pelanggan. Produk-produk Indonesia, seperti Indomie telah dikenal di 80 negara sebagai makanan mie instant yang praktis dan dikonsumsi sebagai makanan di waktu senggang. Produk-produk dari Mayora telah dikenal di Eropa, di Timur Tengah, Di Asia karena Mayora menjual produk-produk makanan yang mempunyai cita rasa khas yang bisa dikonsumsi oleh semua orang. Produk dari Orang Tua mulai dari makanan sampai pasta gigi telah menjangkau Asia dan Timur Tengah sebagai tempat tujuan ekspor.

Tetapi sebelum kita membidik pasar global, kita harus fokus kepada pasar dalam negeri. Supaya brand kita dikenal oleh masyarakat. Satu hal yang harus kita fokuskan adalah Indonesia mempunyai pelanggan potensial berjumlah 250 juta, bagi semua perusahaan itu adalah pasar yang sangat besar. Oleh karena itu potensi besar tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Brand lokal juga harus fokus terlebih dahulu untuk menjadi pemenang di pasar lokal.

Bagaimana Brand Lokal bisa Berjaya di pasar global:

  1. Fokus kepada pasar lokal terlebih dahulu kemudian fokus ke pasar global.
  2. Terus mencari informasi mengenai pasar di Negara-negara lain. Lihat prospek dan potensi marketnya, apa yang bisa kita tawarkan dan jual kepada konsumen di Negara-negara tersebut.
  3. Lakukan pemasaran di Negara bersangkutan, brand lokal harus merekrut marketer di Negara bersangkutan dan menggunakan bahasa lokal di Negara bersangkutan.
  4. Sesuaikan harga produk yang dijual di Negara bersangkutan, sehingga produk-produk lokal dapat bersaing dari segi harga.
  5. Lakukan digital Marketing dengan memanfaatkan sosial media di Negara bersangkutan dan menggunakan bahasa lokal, sehingga akan menarik lebih banyak pelanggan untuk membeli produk lokal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: