General Electric dan Budaya Inovasi Septo Indarto

19 Des

General Electric dan Budaya Inovasi

Septo Indarto

 

General Electric atau yang dikenal dengan GE adalah simbol inovasi. GE adalah perusahaan manufaktur teknologi dan telah lama menciptakan banyak inovasi untuk kemajuan peradaban manusia. Salah satu CEO GE yang legendaris adalah Jack Welch yang dikenal sebagai oaring yang menyukai budaya inovasi. Jack Welch dikenal sebagai legenda GE dan veteran bisnis atau guru inovasi dan managemen. Dia mengubah kultur GE dari perusahaan yang sudah terjebak dalam zona nyaman menjadi perusahaan yang terus meningkatkan kinerja organisasi. Jack adalah orang yang keras tetapi sangat visioner, dia tidak takut memecat ratusan eksekutif di GE jika gagal melakukan tugasnya, dia selalu mendorong setiap departemen di GE untuk bergerak cepat dan bekerja untuk menyelesaikan proyek-proyek yang menjadi sumber keuntungan di perusahaan itu. Bagi Jack inovasi adalah nyawa perusahaan. Tanpa inovasi GE akan berjalan tanpa tujuan dan bekerja tanpa menghasilkan apapun.

CEO Jeffery R. Immelt tetap mempertahankan gaya Jack Welch, tetapi Jeffery Immelt memberikan arahan baru bagi setiap eksekutif dan para staff. GE harus menjadi perusahaan manufaktur kelas dunia, GE harus membuka diri terhadap perubahan zaman, GE bisa merekrut banyak talenta dari seluruh dunia dan mengubah gaya kerja GE menjadi slogan Imagination at Work. Setiap pegawai baik level eksekutif maupun level staff mempunyai hak yang sama dalam mengeluarkan gagasan untuk kemajuan GE. GE juga harus memasuki bisnis baru yang mempunyai potensi besar untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. GE harus menjadi konsultan juga bukan hanya sekedar pabrik yang menjual produk kepada pelanggan, sehingga pelanggan akan merasa puas terhadap pelayanan GE.

Bagaimana Jeffrey Immelt melakukan pembaharuan dalam budaya kerja di General Electric inilah langkah-langkahnya:

  1. Menjadi Pakar untuk Semua

Para pakar berbagi rahasia mengenai inovasi untuk meningaktkan produktivitas, seperti gagasan six sigma yang telah menjadi budaya di perusahaan itu.

  1. Menjual Budaya

GE menawarkan pelatihan dengan berbagai teknik yang menjadi ciri GE dimulai dari memberi wewenang pada karyawan kecil melalui work out untuk menciptakan budaya belajar dan menaikan gajinya hingga 10%.

  1. Berbagi informasi

Konsumen bisa mengambil sejumlah besar data, seperti informasi pasar dan riset dasar yang dihasilkan oleh GE.

  1. Jangkuan Global

GE berbagi keahlian globalnya, termasuk berbagi informasi mengenai China dan juga berbagai koneksi layanan outsourcing ke India. Sumber Businessweek 13 Oktober 2003.

Bidang Baru Penelitian

GE menyediakan dana senilai $ 100 juta untuk mengupgrade pusat Litbang. GE ingin mengembangkan teknologi yang inovatif.

Saat Ini Masa Depan
Sinar X Digital dan Pemindai CT Pengobatan molekuller. Para dokter mampu melihat dan mengubah molekul protein tunggal atau DNA.
Teknologi Pembangkit Energi

Turbin Listrik Berefisiensi Tinggi

Energi Hidrogen

Perangkat baru akan dibutuhkan untuk menggantikan infrastruktur berbasis minyak bumi yang bernilai triliunan dolar.

Material Canggih

Keramik dan Logam campuran super yang tahan suhu tinggi

Teknologi Nano

Rekayasa pada skala atom per atom akan memungkinkan para ilmuwan membuat material baru sesuai spesifikasi pelanggan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: