Kehebatan Jeff Bezos Dalam Membangun Amazon Septo Indarto

6 Des

Kehebatan Jeff Bezos Dalam Membangun Amazon

Septo Indarto

Jeff Bezos telah lama dikenal orang sebagai pencinta buku dan sejak lama bermimpi mempunyai toko buku. Dia sejak kecil telah dikenal sebagai orang yang pintar dalam pelajaran matematika, kemampuannya dalam berhitung sejak kecil membawa dirinya menjadi salah satu programer hebat di bidang komputer. Tapi disisi lain, dia adalah orang yang mempunyai kemampuan hebat dalam berbisnis. Visinya tajam dalam memandang masa depan, dia selalu ingin berbuat sesuatu yang berbeda, sesuatu yang inovatif, dan dia pekerja keras untuk mewujudkan impian-impiannya.

Ketika dunia sudah mulai memasuki dunia digital dan internet telah mengalami perubahan besar, bukan saja dikenal dan digunakan sebagai alat pencari informasi untuk kebutuhan akademis. Jezz Bezos mempunyai pandangan yang lebih maju, bahwa internet akan menjadi salah satu kekuatan besar yang akan mengubah dunia dan perubahan tersebut juga akan mengubah mengenai cara orang untuk berbisnis. Internet adalah dunia tanpa batas dan hal itu tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Jeff Bezos mengawali bisnis amazon dengan menjual buku di internet. Dia menawarkan pemesanan buku melalui pelayanan online dengan harga yang lebih murah. Nama amazon diambil dari nama sungai di Brasil yang merupakan sungai terbesar di Negara itu. Jeff Bezos melihat sebuah cara baru untuk menawarkan dan menjual barang dengan menjangkau pasar secara global. Selama lebih 15 tahun amazon berbisnis dan mulai menampakan hasil. Amazon secara demi sedikit mampu menjadi pemain utama bukan hanya di Amerika tetapi juga global dan mampu mengalahkan dominasi toko buku Noble and Barnes.

Tetapi Jeff Bezos merasa tidak puas, maka amazon harus mempunyai skala bisnis yang lebih luas yaitu menjadi toko online yang menyediakan apapun yang dibutuhkan orang, maka dengan konsep the everything store, Jeff Bezos mampu membawa amazon menjadi pemain paling diperhitungkan, disegani, ditakuti dan dihormati oleh para pesaingnya.

Amazon saat ini menjual semua barang yang dibutuhkan oleh konsumen, mulai dari buku (yang dahulu menjadi inti bisnis mereka), film, pakaian, kosmetik, baju, alat pertanian, elektronik, program aplikasi, tv berbayar dan masih banyak lagi.  Saat ini amazon merupakan branding yang paling berpengaruh di jagad internet dan mendominasi dalam penjualan ritel, sehingga semua orang dapat dengan mudah untuk mengakses situs amazon diseluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: