Niche Marketing Untuk Perbankan Septo Indarto

29 Nov

Niche Marketing Untuk Perbankan

Septo Indarto

Pengertian Niche Marketing

Latar Belakang:

Saat ini persaingan antar bank di Indonesia dalam memperebutkan nasabah sebagai konsumen semakin ketat. Persaingan itu terjadi karena potensi market yang ada di Indonesia sangat besar dan jumlah kelas menengah di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Kelas menengah yang meningkat dari tahun ke tahun memerlukan produk-produk perbankan yang bisa mendukung semua aktivitas mereka menjadi lebih mudah. Oleh karena itu setiap bank harus pintar dan jeli untuk menguasai pasar ceruk yang ada. Bank pemerintah, bank swasta dan bank swasta asing terus meningkatkan pelayanan mereka dan terus menciptakan produk-produk baru yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah sehingga nasabah ingin membeli dan menggunakan produk mereka.

 

Oleh karena itu penting sekali untuk mempelajari Niche Marketing untuk para professional yang bekerja di industri perbankan.

Niche Marketing adalah cara untuk menemukan keunikan pasar dan kita mencari cara bagaimana produk kita bisa diterima pasar dengan baik.

Yang menjadi pertanyaan untuk Anda adalah

1. Apakah konsumen memilih produk perusahaan anda?

2. Apakah konsumen merasa puas dengan produk yang anda tawarkan?

Anda yang bekerja di industri perbankan harus mampu menjawab dua pertanyaan tersebut, apakah produk anda memang layak untuk ditawarkan kepada nasabah? Apakah produk anda memang benar-benar unik dan sangat berbeda dari kompetitor bank lain?

Kondisi Umum yang Terjadi Dalam Persaingan produk

1. Banyak bank yang menawarkan produk yang sejenis, seperti jika menabung di bank kami maka bebas biaya administrasi, anda mendapatkan hadiah langung berupa gadget, fasilitas ATM tersedia dimana saja, produk tabungan anda juga dilengkapi dengan asuransi jiwa oleh karena itu produk kami dapat mengcover kebutuhan asuransi jiwa anda.

-Jika produk yang ditawarkan sejenis, dimana market segment yang anda akan tuju?

-Apakah anda mampu menjelaskan keunikan produk anda dibandingkan dengan produk kompetitor dari bank lain?

2. Hal yang paling sering ditawarkan oleh marketer bank adalah: Kami menawarkan bunga rendah untuk membantu usaha anda, bunga yang ditawarkan flat, sehingga anda tidak usah khawatir.

-Jika semua bank menawarkan suku bunga flat, adakah cara lain yang dapat digunakan supaya para nasabah tertarik untuk meminjam bunga dengan kesadaran sendiri.

Cara alternatif:

-Apakah bank anda sudah siap menjadi partner nasabah yang sedang merintis usaha, seperti: Jika nasabah anda ada yang membangun usaha souvenir maukah anda membeli produk mereka dan produk mereka dijadikan hadiah kepada setiap nasabah yang menabung misalnya setiap nasabah yang menabung diberikan hadiah payung atau mug gelas yang ada logo bank anda. Cara ini adalah salah satu cara yang efektif untuk membantu nasabah yang meminjam dana supaya usaha mereka cepat berkembang. Strategi lain:  Jika salah satu nasabah anda yang meminjam dana kepada bank anda dan memulai bisnis di bidang kuliner seperti membuka restoran, apakah bank anda siap membantu mereka, misalnya dengan memberikan voucher potongan harga yang berlogo bank anda dan foto/logo nasabah anda, voucher tersebut diberikan kepada pegawai atau nasabah di hari tertentu, sehingga banyak yang akan mengunjungi restoran nasabah bank anda dan usahanya cepat maju.  

 

3. Saat ini bank banyak yang menawarkan produk e-money kepada nasabahnya untuk kemudahan transaksi non-tunai, perusahaan-perusahaan non bank dan non keuangan, seperti perusahaan telekomunikasi juga menawarkan produk e-money kepada nasabah. Ini menjadikan persaingan semakin ketat. E-money akan semakin meningkat penggunannya dan akan menjadi cara baru dalam aktivitas transaksi non tunai, sehingga masyarakat akan dimudahkan dalam kegiatan perekonomian dan tidak perlu membawa uang dalam jumlah banyak untuk melakukan aktivitasnya. Produk e-money jelas akan menciptakan persaingan ketat dan perusahaan-perusahaan yang terlibat harus serius dalam menggarapnya.  

 

Ada beberapa hal yang anda harus analisa: (Tulis analisa anda).

1. Bagaimana menciptakan market segment untuk produk anda?

2. Bagaimana mengembangkan Revenue Stream dari bisnis perbankan anda?

3. Bagaimana menciptakan the new product and the development product untuk memperkuat bisnis anda?

 

4. Perusahaan telekomunikasi yang serius menggarap e-money adalah Telkomsel, XL Axiata dan juga Indosat. Telkomsel meluncurkan produk Telkomsel Cash (TCASH).

TCASH diciptakan untuk pelanggan Telkomsel  supaya mereka tidak perlu repot untuk membawa uang tunai karena semua transaksi bisa digunakan melalui ponsel. Layanan yang dilayani adalah transaksi belanja, membayar tagihan, mengirim uang yang dilakukan semudah mengirim SMS. TCASH saat ini telah mempunyai pelanggan hingga 15 juta orang.

XL Tunai yang diluncurkan sejak bulan Juni 2012 melayani para pengguna XL untuk transaksi pembayaran pulsa, belanja di toko, belanja online, membayar tagihan bulanan, mengirim uang dan penarikan uang. Manfaatnya adalah pelanggan mendapat kemudahan untuk melakukan transaksi pembayaran sehingga akan mendapatkan value added dari produk XL. Keuntungan lainnya dalah pelanggan akan menghemat waktu dan tenaga saat melakukan transaksi seperti tidak perlu antre diloket untuk pembayaran tagihan bulanan. Saat ini XL Tunai telah memiliki 1,4 juta pelanggan dan potensinya masih besar untuk mendapatkan pelanggan baru dan juga pengembangan produk. Para pelanggan XL juga dapat belanja online di toko online elevania (salah satu usaha XL Axiata) yang dapat dilakukan transaksi melalui handphone.

-Indosat menciptakan produk layanan e-money Dompetku. Layanan Dompetku bisa digunakan untuk pembayaran tagihan dan pembelian pulsa. Dompetku bisa digunakan  untuk membayar cicilan motor, membeli asuransi,

Pertanyaan:

1. Apakah perusahaan telekomunikasi dapat menjadi saingan bagi perusahaan perbankan dalam pengembangan produk e-money?

2. Apakah konsumen akan lebih sering menggunakan layanan e-money yang ditawarkan oleh perusahaan telekomunikasi ketimbang layanan dari perusahaan perbankan, karena kemudahan dalam melakukan transaksi?

 

Bagaimana Kita Caranya Melakukan Niche Marketing

Kita harus dapat mengontrol pasar sehingga kita tidak perlu bersaing masalah harga. Produk kita diterima baik oleh konsumen dan bukan karena harga yang kita tawarkan.
Intinya adalah Niche sama dengan persaingan tanpa harga.

1. Langkah-langkah Niche Marketing

Bagaimana Menciptakan Niche Marketing untuk Perbankan:

1. Melihat apa yang dibutuhkan konsumen.
2. Setelah melihat apa yang dibutuhkan oleh konsumen, kemudian menciptakan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
3. Ketika produk sudah layak dijual maka produk langsung ditawarkan kepada konsumen, lakukan Sales Channel segera, bisa mengirim brosur, e-brochure, menciptakan video mengenai keunggulan produk tersebut (bisa ditayangkan di website perusahaan atau melalui youtube.com), meng-up date social media tentang produk yang kita akan jual kepada konsumen.
4. Mengadakan press conference untuk meliput mengenai produk kita.
5. Melakukan presentasi kepada nasabah, bila perlu adakah acara lunch bersama para nasabah, tempat bisa di hotel atau yang lainnya dan juga berikan souvenir yang bergambar produk baru yang perusahaan luncurkan.
6. Setelah produk dipromosikan dan disosialisasikan kepada nasabah, maka kita juga perlu mengamatai apa yang dilakukan Kompetitor. Karena bila produk yang kita luncurkan sukses dan mendapat respon yang baik dari pasar, maka kompetitor akan meniru langkah yang kita lakukan.

Niche Marketing untuk Bisnis:

1. Kita perlu melukan uji dan pengukuran. Pemasaran adalah investasi saat kita melakukannya dengan uji dan pengukuran (Test and Measure).
2. Kita bisa memulai dari jumlah prospek (Number of Leads). Ini adalah jumlah total dari pembeli potensial yang telah menghubungi kita sebelumnya.
3. Kita harus melakukan Conversation Rate, yaitu presentasi orang yang telah membeli terhadap mereka yang mungkin membeli. Jika Anda memiliki 10 orang yang sedang berjalan melewati toko Anda hari ini dan Anda menjual hanya kepada tiga orang dari mereka, maka Anda akan mendapatkan Conversion Rate 3 dari 10 atau 30 persen.
4. Anda harus membuat para pelanggan tertarik untuk membelinya.
5.Business Chassis: Jumlah pelanggan yang berbeda dengan siapa Anda berhubungan.
6. Anda harus mempunyai database mengenai pelanggan sehingga mereka tertarik kembali membeli produk-produk Anda.
7. Lakukan uji dan pengukuran (Test and Measuring) untuk segala sesuatunya.
8. Ciptakan pandangan jangka panjang dari nilai pelanggan kita dan mengetahui life time value mereka.
9. Selalu berusaha untuk mengurangi biaya pelanggan baru (Acquisition Cost) dan meningkatkan Life Time Value Anda.
10. Lakukan USP (Unique Selling Proposition) ini akan membuat kita terlepas dari para kompetitor.

Sumber: The Business Coach

2. Pengembangan Produk

1. Bank CIMB Niaga Syariah meluncurkan produk Investor Account iB X-tra di Jakarta (Rabu 9/9/2015)/ Investor Account iB X-tra adalah rekening investor berbasis syariah dengan akad wadiah berupa tabungan untuk nasabah perorangan atau rekening giro bagi nasabah institusi. Rekenining ini khusus hanya digunakan untuk melakukan penyelesaian transaksi efek, baik berupa kewajiban serah maupun hak terima dana terkait dengan efek yang dimiliki melalui perusahaan sekuritas. Keunggulannya adalah layanan nasabah investor maupun perusahaan sekuritas dalam bentuk CIMB Clilks bagi nasabah perorangan dan BizChannel@CIMB bagi nasabah Account iB X-tra. Investor bisa melakukan transaksi melalui internet banking. Tersedia juga layanan host to host Gateway@CIMB kepada perusahaan sekuritas aktif pada transaksi online trading dengan jumlah nasabah investor yang besar. Layanan lain adalah investor bisa mengecek saldo dan mutasi dana melalui sejumlah fasilitias e-channel seperti CIMB Cliks, Go Mobile, Phone Banking 14041, dan ATM. Limit transaksi dan akses kredit investor Account iB X-tra tidak dibatasi, plus bebas biaya administrasi bulanan. (Kontan, 10 September 2015).

2. Commonwealth Life (Commonwealth Bank) meluncurkan aplikasi digital yang mudah digunakan oleh masyarakat yaitu Financial Calculator. Produk ini adalah persembahan dari PT . Common Wealth Life yang merupakan perusahaan asuransi jiwa. Produk ini diluncurkan karena berbagai aplikasi layanan online dalam bidang keuangan dan perencanaan keuangan dan investasi akan semakin diperlukan oleh masyarakat dan layanan ini terus dikembangkan oleh para pelaku industri keuangan. Aplikasi digital ini sukses diluncurkan pada tahun 2013 dan hadir dengan tampilan yang menraik, komunikatif dan sangat mudah dioperasikan (User Friendly). Ada dua keuntungan yang bisa kita dapatkan melalui fasilitas Financial Calculator:
1. Memperoleh rencana keuangan melalui ilustrasi dasar sebagai referensi umum dan informasi.
2. Opsi-opsi untuk mengalihkan uang atau menginvestasikan uang Anda.
Aplikasi ini sangat berguna bagi anda yang ingin memiliki program perencanaan keuangan dimasa mendatang. Aplikasi ini dapat memberikan pandangan dan pertimbangan untuk anda pergunakan untuk melakukan perubahan investasi yang sudah berjalan sehingga menghasilkan hasil yang lebih baik lagi. Anda juga bisa berbagi mengenai fasilitas ini ke teman-teman anda di facebook dan twitter melalui fitur social media sharing yang tersedia pada financial calculator (Sumber Commonwealth life).

3. BRI sebagai bank pelat merah pada tahun 2015 menargetkan untuk melucurkan penyaluran kredit korporasi senilai Rp 140 triliun. Hingga bulan Agustus 2015, bank BRI telah menyalurkan kredit sebesar Rp 132 triliun dan dari dana sebesar itu telah disalurkan dana sebesar Rp 78 Triliun ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan sisanya disalurkan kepada perusahaan swasta.
Untuk BUMN BRI telah memiliki pipeline permintaan kredit dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT. Pertamina dan Perum Bulog. Untuk perusahaan swasta BRI mennyalurkan pinjaman ke perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan terutama perusahaan-perusahaan yang telah dikenal. (Kontan, Sabtu 19 September 2015).

4. CIMB Niaga meluncurkan rekening ponsel, nasabah bisa mengirim dan menerima uang melalui nomer HP ke nomer HP lainnya diseluruh Indonesia tanpa dikenakan biaya. Layanan rekening ponsel memberikan kemudahan yaitu tarik tunai di ATM CIMB Niaga manapun dapat dilakukan tanpa menggunakan kartu, cukup menggunakan ponsel, manfaat lainnya seperti transfer ke nomer rekening bank di seluruh Indonesia, bayar tagihan da nisi pulsa HP pra bayar juga dapat dilakukan melalui Rekening Ponsel. (Koran Sindo, Senin 16 Juli 2015).

Cara Menentukan Market Size

Kompetisi berkaitan juga dengan market size (Besarnya Pasar yang Ingin Kita Raih atau kuasai). Bagaiaman cara menentukan Market size:

1. Pertama kita harus memperkirakan berapa besar populasi dari para pelanggan yang ada di pasar. Data mengenai jumlah biasanya diterbitkan oleh Biro Statistik Pemerintah dan Direktori Bisnis.
2. Kita harus memperkirakan jumlah dari keseluruhan yang ada di pasar dan akan menggunakan produk kita dimasa mendatang.
3. Kita harus menghitung mengenai berapa kali setiap pelanggan akan membeli produk kita. (Untuk industri perbankan contohnya berapa kali konsumen mau membeli produk-produk perbankan yang dijual, seperti kartu kredit, produk tabungan, asuransi dll. Walaupun hanya untuk satu kali pembelian. Misalnya Pak Ratno bulan Januari membeli produk tabungan yang ditawarkan oleh marketer bank, kemudian bulan Februari membeli produk kartu kredit dan di bulan Maret membeli produk asuransi).
4. Kita harus melihat para kompetitor dan berapa banyak jumlah dari produk yang sejenis mereka bisa jual setiap tahun (Untuk industri perbankan kita bisa melihat bank pesaing kita menjual produk kartu kredit yang sama dengan produk kartu kredit yang kita tawarkan di pasaran, kita harus mengetahui jumlah orang yang membeli produk kartu kredit bank pesaing kita dengan cara itu kita bisa mengetahui apakah produk kartu kredit kita mempunyai market yang besar atau kecil atau berapa presentase untuk menguasai pasar biasanya dengan melakukan survey pasar, misalnya Bank A berhasil menguasai 40% pasar produk kartu kredit, Bank B berhasil menguasai sekitar 10% pasar produk kartu kredit dan produk bank kita berhasil menguasai 50% produk kartu kredit, berarti bank tempat kita bekerja adalah bank paling besar untuk menguasai produk kartu kredit).

Poin penting: Ketika anda mengetahui market size perusahaan anda, anda akan mengetahui berapa besar porsi produk perusahaan dalam bersaing dengan kompetitor.

Cara Menentukan Competitive Advantge

Competitive Advantage akan memberikan sebuah gambaran kepada anda, apakah produk yang anda jual mempunyai banyak keunggulan yang tidak dipunyai oleh para kompetitor.
Orang-orang akan membeli produk anda mengenai apa yang anda jual sebagai penawaran anda. Ini adalah kombinasi dari sebuah produk dan sebuah pelayanan. Hal ini tidak identik kepada pesaing anda.
Bagaimana cara melakukannya:

1. Buat sebuah daftar produk-produk yang akan membuat seorang pelanggan memilihnya dari penawaran yang anda lakukan kepada mereka. Ini berkaitan dengan kualitas produk dan branding.
2. Putuskan apakah produk anda lebih baik, bagaimana kualitasnya sama atau lebih buruk dari kompetitor anda untuk setiap poin di daftar anda.
-Produk tabungan bank A menawarkan asuransi jiwa sebagai pelengkapnya, apakah produk kita juga menawari hal yang sama, jika sama apakah kualitasnya bisa lebih baik atau lebih buruk.
3. Ambil faktor-faktor dimana anda produk atau jasa yang anda miliki jelas terlihat lebih baik. Ini yang akan disebut sebagai Competitive Advantage (Keunggulan Kompetitif milik anda).
-Produk tabungan kita menawarkan asuransi jiwa sebagai pelengkap, bisa melakukan pencairan di seluruh ATM di seluruh Indonesia dan di luar negeri, tabungan yang mempunyai kelipatan Rp 500.000 nasabah akan diberi hadiah berupa tiket wisata, tiket umroh atau sepeda motor.

Jika keunggulan terkait produk anda. Anda tetap harus mewaspadai kompetitor anda. Produk unggul sering ditiru. Jika hal ini berkaitan dengan reputasi atau brand, maka hal yang sama akan dilakukan oleh kompetitor dalam jangka panjang untuk meniru produk anda.

 

Cara Menentukan Advanced & Uniqueness

Ketika anda menciptakan produk-produk yang luar biasa  dan tentunya semua orang akan membelinya. Anda harus mempunyai detail semua kelengkapan produk anda dan juga spesifikasinya. Yang anda lakukan adalah meningkatkan kualitasnya. Jadi memang terlihat unik dan berbeda dari produk yang ada di pasaran.

Kuncinya:

1. Sebuah keunggulan adalah apakah produk anda berguna untuk pemakainya.

2. Sebuah keuntungan adalah apakah produk anda mempunyai kelengkapan untuk pemakainya.

Pelanggan biasanya memutuskan untuk membeli produk yang dipilih karena memberikan hal yang dibutuhkan. Pelanggan tidak membeli kelengkapan tambahan, mereka membeli apakah produk tersebut sangat berguna bagi mereka.

 

-Nasabah merasa nyaman dengan produk tabungan yang anda tawarkan karena menawarkan satu paket yaitu Kartu ATM bisa diakses dimana saja, Kartu ATM bisa memberikan diskon hotel bagi nasabahnya untuk pergi baik keperluan bisnis dan wisata dan juga asurasni jiwa. Hal yang harus di riset: Saat ini ekonomi tumbuh dan membuka peluang bisnis bagi siapa pun yang siap menjadi pengusaha. Membawa ATM yang bisa diakses dimana saja adalah sebuah hal yang dibutuhkan, penawaran diskon hotel akan membawa manfaat untuk menghemat biaya perjalanan bagi nasabah.

Niche Marketing dalam ilmu marketing

Niche adalah cara untuk menemukan keunikan pasar bagaimana produk kita bisa diterima pasar dengan baik. Kita harus dapat mengontrol pasar sehingga kita tidak perlu bersaing masalah harga. Produk kita diterima oleh konsumen bukan karena harga yang kita tawarkan tetapi karena produk kita memang unik dan dibutuhkan oleh konsumen. Intinya Niche adalah sama dengan persaingan tanpa harga. Dengan kata lain Niche Market produk atau jasa khusus yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan pasar secara spesifik.
Pendekatan Niche Market ditujukan untuk memperkecil persaingan dipasar.
Misalnya: Pengusaha Sepatu memfokuskan memproduksi Sepatu Olahraga sehingga akan fokus untuk mengembangkan Niche Market nya. Yaitu orang-orang yang gemar dan aktif berolahraga.
Dalam Niche Market kita harus melakukan riset pasar yang mendalam untuk benar-benar mengetahui apa yang dibutuhkan oleh para pelanggan dan siapa target konsumen yang akan kita tuju. Ini penting sekali supaya kita fokus kepada penjualan dan peningkatan kualitas barang.

Manfaat melakukan Niche Marketing

1. Untuk meningkatkan pertumbuhan pasar
2. Penciptaan nilai dan nilai yang dirasakan (Nilai=Keunggulan produk).
3. Meningkatkan Keuntungan,
4. Peningkatan penjualan produk
5. Menetapkan harga dan mencari pangsa pasar,
6. Menciptakan loyalitas pelanggan
7. Peningkatan daya saing

Kriteria keberhasilan untuk niche marketing

1.Produk (unik), apakah Anda bisa menawarkan produk unik kepada para pelanggan dan produk yang Anda tawarkan berbeda dengan produk pesaing. Produk unik akan selalu dicari oleh pelanggan, karena pelanggan memang benar-benar menyukainya. Contoh produk-produk Apple adalah produk yang unik dan selalu di cari oleh konsumennya dan banyak dari produk-produk Apple dijadikan koleksi oleh pelanggan fanatiknya.
2.Produk berkualitas tinggi, Anda bisa menawarkan kepada konsumen produk-produk yang berkualitas tinggi.
Samsung menciptakan produk-produk elektronik untuk kebutuhan rumah tangga dengan kualitas premium. Harga yang ditawarkan adalah harga premium tetapi para pelanggan sangat puas dengan kualitas yang Samsung tawarkan.
3.Merek, bagaimana kita menciptakan merek yang kuat dibenak konsumen, sehingga konsumen selalu ingat mengenai produk-produk kita dan bisa menjadi pelanggan yang setia.
Citilink anak perusahaan Garuda berhasil mengembangkan mereknya sendiri, Citilink yang berfokus kepada tiket berbiaya rendah, memasuki pasar ceruk (Niche Market) yang sudah diisi oleh AirAsia, Lion Air dan Mandala. Merek Citilink menjadi pilihan pelanggan karena pelayanannya, jarang sekali melakukan delay penerbangan, harga yang flat untuk setiap tiket.
4.Mengembangkan ceruk ketika konsentrasi pasar rendah. Kita tetap harus fokus kepada pengembangan ceruk pasar walaupun permintaan pasar sedang rendah. Jika sedang rendah maka ciptakan inovasi-inovasi baru pada produk kita. Sehingga kita tetap mampu mendapatkan keuntungan dari keadaan pasar yang sedang rendah.
Pasar mobil rendah mempunyai kosentrasi pasar yang rendah, karena pembelinya tidak begitu banyak. Tetapi perusahaan mobil mewah selalu menawarkan teknologi terbaru untuk menjual produk-produknya walaupun jumlah pelanggan sangat terbatas.
5.Menaklukkan kompetitor sejenis. Apakah kita mampu menaklukan competitor kita yang menjual produk yang sama. Dalam Niche Market, beberapa perusahaan menjual produk yang sama, sehingga perusahaan harus benar-benar fokus untuk dapat mengalahkan pesaingnya. Perusahaan Coca-Cola selama bertahun-tahun bersaing dengan perusahaan Pepsi Co. Dalam perjalanan waktu Coca Cola memenangkan persaingan melawan Pepsi, Coca Cola lebih fokus untuk menciptakan produk-produk baru dan juga kampanye iklan yang lebih agresif di TV, sehingga penjualan Coca Cola jauh lebih besar dibandingkan Pepsi.

 

Elemen penting dari strategi niche marketing

• Mengetahui tentang pelanggan. Segmentasi pasar secara keseluruhan memungkinkan perusahaan untuk menargetkan jenis usaha bisnis yang dapat ditawarkan dan bisa menjualnya kepada konsumen. Perusahaan telah mengetahui siapa target konsumen mereka.
• Tetapkan tujuan dan sasaran yang jelas untuk bisnis dan harapan apa untuk mencapai dengan mengikuti pendekatan niche marketing:
1. Mencapai segmen pelanggan baru?
2. Biaya pemasaran yang lebih rendah?
3. Mengamankan harga premium?
• Apakah nich emarketing mengenai sumber daya, kemampuan dan preferensi usaha? Ini penting sekali untuk mengukur kemampuan kita dalam merebut ceruk pasar yang ada.
What are Niche Markets? What Advantages do They Offer?
Dawn Thilmany, Ph.D. Professor, Department of Agricultural and Resource Economics
Colorado State University

Ringkasan mengenai  tiga aturan untuk niche marketing

9. Ringkasan mengenai tiga aturan untuk niche marketing 1. Memenuhi kebutuhan unik pasar
• Ini mungkin membutuhkan survey dari konsumen atau pasar. Produk yang dijual harus benar-benar berbeda dari yang ada di pasar, sehingga produk kita selalu di cari oleh pelanggan.
2. Memberikan Informasi yang benar
• Mengembangkan materi promosi yang ditargetkan pada kepentingan segmen konsumen, kita harus memberikan informasi yang benar mengenai produk yang kita jual kepada konsumen, sehingga konsumen bisa menilainya dan merasakan kelebihan produk yang kita jual.
3. Menguji Produk
• Kita bisa memulainya dengan menguji produk kita dipasar dengan tujuan apakah produk kita disukai atau tidak disukai oleh konsumen. Kita bisa mengetahui apa kelebihan dan kekurangan produk-produk kita dalam bersaing dengan para kompetitor. Kita bisa melakukan promosi ke pengcer kecil (toko) dan pengecer besar (retail).

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: