Bagaimana Menciptakan Produk yang Inovatif

27 Nov

Bagaimana Menciptakan Produk yang Inovatif

Septo Indarto

 

Perusahaan perlu berinovasi jika ingin tumbuh dan makmur (Philip Kotler). Saat ini semua perusahaan dituntut untuk melakukan inovasi tanpa itu semua akan sangat sulit untuk bersaing dan akan menuju kehancuran. Kita sering mendengar kata Innovation or Die. Kata itu mencerminkan bahwa perusahaan-perusahaan yang tidak siap akan menuju kehancuran karena selama aktif, perusahaan tidak mampu menciptakan inovasi bahkan kinerja organisasi stagnan dan menurun akibatnya biaya operasional meningkat tajam dan pendapatan perusahaan tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Perusahaan harus menginvestasikan dananya untuk keperluan riset jangka panjang. Perusahaan-perusahaan teknologibseperti Samsung dan Google banyak menciptakan produk-produk unggulan karena budaya riset yang kuat, sehingga mereka berhasil mendominasi pasar teknologi. Produk-produk mereka selalu dibahas oleh media. Karena memang produk-produk tersebut mempunyai keunggulan dibandingkan produk-produk dari para pesaing. Perusahaan Samsung dan Google melakukan banyak inovasi untuk pengembangan produk-produk baru juga bertujuan untuk menghindari kejenuhan pasar. Jika sebuah produk diproduksi kemudian para kompetitor memproduksi barang atau jasa yang ada, maka akan tercipta kejenuhan pasar, karena para pemainnya jumlahnya bisa lebih dari dua perusahaan dan suplai produk kedalam pasar akan mengalami oversupply (kelebihan suplai) sehingga produk yang terserap tidak maksimal karena jumlahnya terlalu banyak dan yang membeli jumlahnya tidak bertambah.

Produk-produk baru akan menciptakan kegairahan di pasar karena akan menawarkan hal-hal baru yang belum pernah dibayangkan sebelumnya. Siklus produk teknologi sekarang sangat terbilang singkat sekali.

Bagaimana Menciptakan produk yang Inovatif:

  1. Membuat produk baru sebagai produk terobosan.
  2. Menerapkan sistem baru untuk menggantikan sistem lama.
  3. Menggunakan teknologi baru.
  4. Menciptakan desain baru yang bertujuan meningkatkan keunggulan.
  5. Memecahkan masalah besar perushaan

(Peng Kheng Sun-To Be an Innovator).

Siklus produk yang singkat karena pasar yang sudah jenuh dan keinginan konsumen untuk membutuhkan produk-produk yang lebih up to date, mengharuskan semua perusahaan harus berinovasi untuk memenuhi tuntutan tersebut. Inovasi adalah cara terbaik untuk mampu menjadi pemimpin di pasar yang penuh dengan persaingan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: