Bagaimana Menciptakan Market Segment

24 Nov

Bagaimana Menciptakan Market Segment- Septo Indarto

Suatu pasar terdiri dari begitu banyak konsumen dan konsumen tersebut begitu beragam dan berbeda-beda dalam banyak hal. Hal itu sering kali mempersulit perusahaan untuk menjual produk mereka. Market Segment adalah salah satu cara yang efektif untuk membantu perusahaan dalam menjual produk mereka.

Penting sekali untuk mengerti apa saja kebutuhan dan keinginan konsumen supaya kita mampu merancang strategi pemasaran yang efektif. Sehingga biaya yang dibutuhkan dalam biaya pemasaran tidak terlalu besar.

Karena setiap perusahaan saat ini dituntut untuk lebih mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen.

Market Segment dibuat untuk menciptakan kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana kita dapat membuat kelompok-kelompok konsumen untuk memudahkan kita untuk menjual sebuah produk kepada mereka. Tujuan dari Market Segment adalah membagi-bagi berbagai macam tipe konsumen yang ada dipasar  dan memilih salah satu bagian dari market segment tersebut yang akan dijadikan target pemasaran. Tujuannya adalah untuk memperjelas target konsumen yang akan kita buat untuk memudahkan kita menjual produk kepada mereka.

Dalam Market Segment, kebutuhan tiap pelanggan adalah berbeda dan unik, oleh karena itu dalam menjalankan bisnis kita memerlukan program pemasaran yang berbeda. Jadi dalam Market Segment kita menawarkan diferensiasi produk untuk melayani segment yang berbeda. Kita perlu melakukan penelitian mengenai kebutuhan dan keinginan dari tiap pelanggan dan kita bisa menyediakan kebutuhan dan keinginan tersebut. Para pelanggan hanya membeli sebuah produk atau jasa yang didasarkan kepada dasar manfaat yang diberikan atas kemampuan produk dan jasa dalam membantu para pelanggan untuk memenuhi kebutuhannya.

Bisa saja setiap perusahaan menawarkan berbagai macam produk tapi para pelanggan hanya membeli sebuah produk  karena memberikan manfaat kepada para pelanggan.

Contoh: ketika musim panas, para pelanggan hanya mencari minuman Aqua untuk kebutuhan sehari-hari. Mereka bisa membeli minuman Aqua dalam bentuk botol atau dirigen (botol besar). Tetapi di pasaran disediakan banyak sekali variasi minuman seperti minuman bersoda, minuman jus, minuman susu dll dari berbagai macam merek, tetapi kenapa para pelanggan lebih sering membeli minuman Aqua. Minuman Aqua adalah air putih yang sudah disterilkan dengan teknologi penjernih air, minuman Aqua adalah air putih yang menjadi kebutuhan untuk di minum untuk menjaga kondisi tubuh dari dehidrasi, di musim panas kebutuhan akan air putih semakin meningkat, karena keringat yang dikeluarkan akan sangat banyak disamping itu air putih dikonsumsi sebagai kebutuhan pokok sehari-hari.

Bagaimana melakukan Market Segment:

  1. Kita bisa mulai dengan mempelajari karakteristik pelanggan yang mudah dikenali dengan cara mengamati apakah kelompok pelanggan yang ada memang benar-benar memiliki pola kebutuhan yang berbeda.
  2. Mengelompokan pelanggan berdasarkan pola kebutuhannya, kemudian mencari karakteristik pembedanya yang bisa dikenali dengan mudah. Cara ini adalah mengenal kebutuhan dan keinginan pelanggan lalu kita bisa merancang produk dan strategi untuk melayani kebutuhan yang berbeda tersebut.

Pemasar harus fokus kepada peluang konsumen untuk membeli produk dan jasa yang kita akan jual kepada mereka bukan berfokus kepada volume statistik penjualan atau besarnya pangsa pasar.

Contoh Studi Kasus: Perusahaan kamera instant Polaroid pernah melakukan riset pasar untuk menidentifikasi perusahaan kompetitor dalam menjual produk yang paling murah yang bersaing dengan kamera Polaroid. Kategori yang di riset adalah umur 18-25 tahun, hasil studi menyimpulkan bahwa tidak ada kamera lain yang bersaing dengan kamera Polaroid yang paling termurah. Kelompok ini cenderung menggunakan kamera ini untuk bersenang-senang. Kelompok konsumen tersebut cenderung merupakan pasar untuk hiburan dan mereka membeli kamera itu hanya untuk bersenang-senang. Jika mereka tidak membeli produk Polaroid maka uangnya digunakan untuk membeli produk hiburan. Market Segment usia 18-25 tahun, pasar kamera instan Polaroid masuk ke dalam kategori  pasar hiburan dan bukan pasar kamera.

Menciptakan Market Targeting

Kenapa menciptakan Marketing Targeting sangat penting? Karena kita akan fokus kepada target konsumen yang  akan kita tuju.

  1. Kita harus menciptakan ukuran dan potensi pertumbuhan. Tujuannya untuk mengentahui ukuran segmen dan potensi pertumbuhan yang cocok bagi bisnis Anda yang harus disesuaikan dengan sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki.

2.Karakteristik Struktural Segmen yang terdiri atas kompetisi,

kejenuhan segmen, protektabilitas, risiko lingkungan.

  1. Kesesuaian antara produk dan jasa. Ada tiga pertanyaan mengenai hal ini:
  2. Apakah melayani segmen tertentu bisa sesuai dengan kekuatan perusahaan dan citra yang diharapkan?

2.Adakah sinergi yang didapatkan dari melayani segmen tersebut?

3.Dapatkah perusahaan menanggung biaya memasuki segmen yang bersangkutan dan dapatkah perusahaan menetapkan harga produk, sehingga biaya pengeluaran bisa kembali?

(Pemasaran Strategik oleh Fandy Tjiptono Ph.D  dan Gregorius Chandra-Penerbit Andi Yogyakarta)

Bagaimana Langkah-langkah Menciptakan Market Segment:

  1. Tentukan target segment berdasarkan (kelompok) usia. Usia 15 – 25 tahun, berdasarkan umur untuk mengetahui produk-produk yang dapat kita jual.

2.Tentukan target segment berdasarkan Geografi. Dimana mereka tinggal. Hal ini sangat penting untuk melihat pasar yang berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasar. Ini berkaitan dengan Wilayah: Negara, benua, Besarnya wilayah: Jumlah penduduk disebuah wilayah, Jumlah populasi: Jumlah urbanisasi, penduduk rural, Musim: Berkaitan dengan pola cuaca).

3.Tentukan target segment berdasarkan Demografi. Target ini berdasarkan pembagian kelompok, yaitu: Umur, jenis kelamin, income, kelas sosial, gaya hidup.

  1. Tentukan target segment berdasarkan Psychographic. Target ini berdasarkan: Aktivitas, minat yang sama, opini dan nilai.
  2. Tentukan target segment berdasarkan Behavioralistic. Target ini berdasarkan: Opinioni, kepentingan yang sama dan hobi, kekuatan loyalitas, pekerjaan, Manfaat yang dicari, pemakaian.

 

IBM dimasa jayanya adalah perusahaan yang menguasai pasar korporat. Tetapi pada awal tahun 1990-an, pada waktu era berkembangnya personal computer, IBM mengalami pertumbuhan penjualan dan profit yang lambat, pasar mereka mulai diambil oleh Microsoft dengan sistem OS Windowsnya dan mulai masuk ke rumah-rumah. Dimasa lalu, IBM membagi produk-produknya ke dalam kelompok-kelompok dan mengelola divisi-divisi penjualannya yang dibagi-bagi secara geografis.

Perusahaan lalu direstrukturisasi di tahun 1991 dan mulai menerapkan pendekatan dan strategi segmentasi baru. IBM tidak menggunakan lagi sistem penjualan yang dibagi-bagi ke beberapa daerah dan menganggapnya sebagai segmen pasar karena cara tersebut dianggap tidak bisa mengelompokkan konsumen berdasarkan kebutuhannya sehingga mereka mengalami kesulitan untuk menyasar pasar dengan tepat.

Untuk menembus dominasi Microsoft dalam merebut kembali Home PC, kemudian IBM mulai menciptakan produk IBM Symphony. IBM Symphony merupakan software pesaing Microsoft Office dan diberikan secara gratis kepada para pengguna komputer. Ternyata dalam waktu hanya satu minggu sejak tanggal peluncurannya, IBM Symphony telah diunduh sebanyak 100.000 kali, IBM Symphony mendapat penerimaan yang cukup bagus dari pasar. Sebagai aplikasi software produktivitas penggunannya banyak dari kalangan perkantoran dan juga kalangan rumahan.

Citilink sebagai anak perusahaan Garuda Indonesia. Menyasar Market Segment pasar berbiaya rendah. Di Pasar ini, Citilink bersaing dengan AirAsia, Lion Air dan Sriwijaya Air. Citilink memakai pesawat Airbus A320, sebagai pesawat irit bahan bakar dan juga untuk jarak menengah, sehingga mampu memberikan pelayanan domestik untuk perjalanan wisata dan perjalanan bisnis ke seluruh daerah Indonesia. Apa yang menyebabkan banyak konsumen yang memilih Citilink:

  1. Citilink adalah anak perusahaan Garuda, sehingga telah mempunyai branding yang kuat.
  2. Harga tiket yang ditawarkan cukup kompetitif diantara para pesaing.
  3. Pelayanan sangat memuaskan.
  4. Citilink sangat tepat waktu, sehingga para penumpang tidak mengalami penundaan keberangkatan (Delay).

Keuntungan memakai Market Segment adalah:

1.Kita mempunyai kesempatan untuk menciptakan dan mengembangkan produk-produk baru.

2.Dapat menciptakan desain market yang disesuaikan dengan kebutuhan kita untuk menjangkau siapa yang akan membeli produk-produk kita.

Menciptakan semua sumber-sumber pemasaran yang dapat kita jangkau.

(Marketing Segmentation-Group 6)

Market Segmentation (Discipline Entrepreneurship)

  1. Ciptakan sebuah pasar baru yang Anda dapat menjadi pemain utama. (Menciptakan sebuah produk yang inovatif dimana belum ada di pasar akan menciptakan kesuksesan kepada bisnis Anda sebagai pemula).
  2. Anda perlu menciptakan ide baru, tujuannya Anda bisa menciptakan produk baru. Anda bisa memulainya dengan melihat apakah Anda bisa menciptakan produk baru untuk meraih konsumen yang potensial untuk membeli produk- produk Anda).
  3. Anda bisa memulai untuk memulai industri yang mempunyai potensi dan Anda bisa membuat daftar industri yang menciptakan keuntungan yang mempunyai potensi dari ide- ide Anda.
  4. Anda perlu fokus kepada End User bukan kepada para Pelanggan kebanyakan.
  5. Anda bisa berbicara dengan pelanggan potensial Anda.

Bagaimana caranya:

1.Anda harus mempunyai tingkat keingintahuan yang tinggi.

2.Anda harus berani mendapatkan informasi melalui telepon, saat mengendarai mobil, naik pesawat terbang untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin yang Anda perlukan.

3.Anda harus mempunyai kemampuan untuk mendengarkan dan  mengajak orang untuk berbicara.

  1. Anda harus berpikiran terbuka dan mempunyai tujuan,

dan tidak pernah mengandaikan sebuah solusi,  Anda   harus mencari tahu, bukan pembelaan terhadap pandangan Anda.

5.Anda harus mempunyai kemampuan untuk menjelaskan apa yang menjadi inti dari yang Anda tawarkan dan juga Anda harus fleksibel.

  1. Anda harus mempunyai waktu dan mempesiapkan langkah- langkah ini sebaik mungkin.

Berapa Lama Seharusnya Kita Menghabiskan Waktu untuk Menciptakan Market Segment:

Caranya adalah jangan pernah kita biarkan market segment menjadi proses yang dilakukan hanya sekali saja, kita harus melakukannya berulangkali. Hal yang harus dilakukan adalah bagaimana market segment menjadi penilaian yang akurat untuk menciptakan kesempatan-kesempatan menciptakan pemasaran untuk melangkah ke tahapan selanjutnya.

Hal yang Anda harus ketahui adalah Market Segment digunakan untuk menciptakan kesempatan berbagai market yang mempunyai potensi. Pertama kali Anda mempunyai daftar mengenai potensi pasar, direct market research berdasarkan sejumlah market segment yang akan membantu Anda untuk memilih pasar yang sesuai untuk ide Anda atau teknologi yang akan ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini bukan untuk menyediakan solusi yang sempurna tetapi menyediakan spketrum bisnis yang lebih besar saat ini untuk membantu Anda memulai untuk fokus kepada bisnis yang Anda akan jalankan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: