Target Penjualan Anda Sudahkah Memuaskan

10 Nov

Target Penjualan Anda Sudahkah Memuaskan
Septo Indarto

Dalam dunia pemasaran, setiap perusahaan ingin menargetkan penjualan yang paling maksimal, departemen marketing dituntut untuk melakukan banyak program-program promosi untuk meningkatkan penjualan. Teori pemasaran yang dicetuskan oleh McCarthy (1968) yang dikenal sebagai 4P yaitu:
1. Product: Variasi produk, kualitas, desain, fitur, nama merek, ukuran, layanan, kemasan.
2. Price: Harga katalog, diskon, pelanggan khusus.
3. Promotion: Promosi penjualan, periklanan, personal selling, public relation, direct marketing.
4. Physical Distribution (Place): Saluran distribusi, cakupan distribusi, kelengkapan produk, lokasi, fasilitas penyimpanan dan transportasi.
Teori pemasaran McCarthy di fokuskan kepada dua isu utama yaitu:
1. Orientasi Internal, lebih berfokus kepada aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.
2. Orientasi pada pasar massal daripada relasi personal dengan pelanggan.
Teori 4P yang selama bertahun-tahun menjadi teori wajib yang dilakukan oleh para pemasar dan juga dijadikan bacaan wajib dalam buku-buku marketing menimbulkan banyak kritik, karena pola pemasarannya cenderung bersifat memaksa tanpa tahu keinginan pelanggan dan seringkali target penjualan perusahaan tidak mencapai target karena konsumen tidak mau membeli produk-produk yang ditawarkan.
Pakar pemasaran Lauterborn (1990) menggantikan konsep 4P versi McCarthy menjadi 4C yang lebih berorientasi kepada pelanggan. Yaitu:
1. Customer Needs
2. Convenience
3. Cost
4. Communication
Teori 4C lebih difokuskan kepada kebutuhan-kebutuhan para pelanggan, banyak perusahaan sebelum memutuskan menjual sebuah produk baru, perusahaan melakukan survey kepada konsumen, hal ini dilakukan untuk mengetahui mengenai apa keinginan konsumen, produk seperti apa yang mereka ingin beli, kisaran harga yang cocok untuk dijual. Perusahaan bisa memprediksi dengan tepat produk-produk yang dijual kepada konsumen.
Saat ini teori 4C banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan diseluruh dunia, teori 4C juga bisa mempelajari segment market yang berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan. Perusahaan mobil Honda meluncurkan Honda City yang dibuat di Thailand sebagai City Car untuk pasar Asia Tenggara, Honda City sangat dibutuhkan oleh orang-orang sibuk di kota besar di Asia Tenggara, harga yang ditawarkn tidak terlalu mahal dan sangat terjangkau, komponen spare part tidak terlalu mahal, mesin yang dipasang di mobil hemat bahan bakar. Sehingga mobil Honda City Car menjadi salah satu mobil yang laris di pasar Asia Tenggara, karena menyasar konsumen kelas menengah pekerja professional dikawasan Asia Tenggara dan juga harga jual yang tidak mahal. Bahkan Honda City dijadikan mobil yang menajdi gaya hidup kelompok kelas menengah di Asia Tenggara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: