Mengukur Efektifitas Dalam Promosi Septo Indarto

10 Nov

Mengukur Efektifitas Dalam Promosi
Septo Indarto

Saat ini para Marketer dituntut lebih banyak oleh perusahaan untuk melakukan aktifitas promosi yang tepat, artinya aktifitas promosi yang dilakukan harus tepat sasaran dalam mencari pasar yaitu target konsumen. Hal ini membutuhkan kerja keras dan harus melakukan riset pasar. Saat ini untuk membangun sebuah brand baru bukanlah hal yang sulit tetapi untuk mempertahankan brand adalah hal yang sulit oleh karena para Marketer harus jeli melihat kondisi pasar setiap saat dan terus melakukan inovasi marketing. Pasar adalah ruang untuk inovasi tanpa batas dan ini adalah kesempatan para Marketer untuk melakukan banyak inovasi pemasaran untuk menjaga branding untuk selalu dikenal dan diingat oleh konsumen.
Konsumen saat ini dalah konsumen pintar, mereka adalah kelompok yang cerdas, mereka akan mencari tahu informasi terlebih dahulu untuk membeli sebuah produk yang mereka inginkan untuk di beli. Informasi yang berlimpah di internet dan juga ulasan di media cetak merupakan media yang sering mereka baca untuk mencari referensi mengenai kualitas sebuah produk disamping harga yang ditawarkan.
Untuk mengetahui efektifitas dalam promosi para Marketer harus melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Para Marketer harus terus memantau pasar, cari informasi sebanyak mungkin mengenai produk-produk yang laku di pasaran.
2. Menetapkan segmentasi konsumen, para Marketer harus mengetahui produk-produk yang di jual kepada siapa. Contoh Produk Apple di promosikan kepada orang-orang yang gila teknologi dan menghargai sebuah kualitas produk. Walaupun produk-produk Apple di jual dengan harga yang mahal, tetapi peminatnya sangat banyak, karena perusahaan Apple sudah tahu konsumen yang akan mereka bidik.
3. Lakukan banyak promosi di setiap acara pameran. Langkah ini sangat berguna untuk mempromosikan produk-produk kita kepada konsumen. Karena setiap pameran produk yang sedang diselenggarakan, orang-orang akan datang dalam jumlah yang banyak, sehingga hal itu adalah aktivitas marketing yang sangat efektif untuk dilakukan.
4. Cari informasi di forum-forum online mengenai produk kita. Hal ini sangat berguna bagi para Marketer, apakah produk yang mereka jual dikenal dan diulas oleh para konsumen. Di forum online banyak sekali diskusi-diskusi mengenai produk yang disukai dan tidak disukai oleh konsumen.
5. Buat Website yang berisi informasi produk-produk yang akan dijual dan sediakan kolom untuk melakukan komentar. Informasi cukup singkat dan jelas dan berisi mengenai produk yang akan dijual.
6. Gunakan Media Sosial untuk mempromosikan produk kita dan setiap saat harus terus meng up date informasi mengenai produk-produk terbaru dan akan dijual kepasaran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: