Memahami Keinginan Konsumen

10 Nov

Memahami Keinginan Konsumen
Septo Indarto

Dalam dunia marketing saat ini memahami keinginan konsumen adalah hal yang sangat penting. Seorang marketer tidak bisa menjual produk-produk yang tidak diinginkan oleh konsumen. Di masa lalu, perusahaan-perusahaan banyak menciptakan produk dan jasa tanpa mengetahui keinginan konsumen dan setiap marketer diminta untuk menjual produk-produk tersebut kepada konsumen tanpa pernah mengetahui apakah konsumen memerlukan produk tersebut. Seven Eleven adalah salah satu restoran nirlaba asal Amerika Serikat yang sukses di Indonesia, khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Di Indonesia, 7-Eleven dikelola oleh PT Modern Putra Indonesia, anak perusahaan PT Modern International, yang merupakan distributor Fuji Film di Indonesia. Saat ini, 7-Eleven baru membuka cabang-cabangnya di Jakarta, dan untuk kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Palembang, dan Medan.
Apa rahasia sukses Seven Eleven dengan cepat dapat tumbuh dengan cepat. Seven Eeleven sebelum membuka sebuah toko pada awal berdirinya, melakukan survei mengenai kebiasaan ngumpul-ngumpul anak-anak muda diperkotaan. Dari hasil survei itu kemudian disimpulkan bahwa anak-anak muda membutuhkan sebuah tempat untuk ngumpul dan nongkrong yang menyediakan makanan enak dan praktis dan tempat itu menyediakan sarana jaringan internet gratis (Free Wifi).
Kenapa Seven Eleven sangat sukses, ini adalah tipsnya:
1. Seven Eleven menyediakan makanan siap saji yang praktis dengan harga yang tidak mahal untuk ukuran dikota-kota besar.
2. Seven Eleven mendesain tempat untuk berkumpul bagi anak-anak muda perkotaan.
3. Seven Eleven juga berfungsi sebagai minimarket yang hanya menyediakan makanan dan minuman dengan segmen pasar anak muda perkotaan.
4. Seven Eleven mencari lokasi-lokasi minimarket yang strategis sehingga mudah dijangkau, seperti di jalan protocol, pusat bisnis, stasiun kereta. Sangat mudah menemukan lokasi restoran Seven Eleven
5. Seven Eleven menyediakan fasilitas internet gratis kepada pengunjungnya. Anak-anak muda di perkotaan senang berkumpul dan nongkrong, mereka ketika berkumpul juga membawa smartphone, PC tablet, dan juga Laptop/Notebook. Mereka juga berselancar di internet sambil berkumpul, sehingga akses internet menjadi kebutuhan ketika berkumpul bersama teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: