Apakah Anda Seorang Sales Superstar

29 Okt

Apakah Anda Seorang Sales Superstar
Septo Indarto

Dalam dunia bisnis yang semakin dinamis untuk meningkatkan penjualan harus dilakukan oleh seorang sales. Penjualan adalah ujung tombak perusahaan. Kita membutuhkan orang-orang sales yang tangguh dan dapat menjual produk-produk diatas target. Seorang sales bukan hanya sekedar menjual produk dan jasa saja. Dia harus mempunyai kemampuan dan pengetahuan tentang ilmu sales. Tanpa itu semua seorang sales tidak mampu bekerja dengan hasil yang maksimal. Kerja keras saja tidak cukup untuk mencepai target yang telah dibuat.
Ketika memulai proses penjualan seorang Sales harus mengetahui:
1. Profil konsumen. Sangat penting untuk mengetahui profil konsumen yang akan dihubungi untuk melakukan penawaran sebuah produk dan jasa. Jika seorang sales tidak mengetahui profil konsumennya maka penawaran yang akan dilakukan akan di tolak dan itu akan menyebabkan kerugian.
2. Seorang Sales harus mengetahui trend yang terjadi di pasar. Produk-produk apa yang sedang disenangi oleh konsumen, sehingga akan memudahkan produk-produk yang akan dijual di pasaran. Contoh saat ini mobil dengan teknologi Going Green sedang laku dipasaran, karena pelanggan menyadari mengenai pelestarian lingkungan.
3. Seorang Sales juga harus mengetahui segmentasi pasar. Segmentasi pasar akan memudahkan seorang Sales untuk menjual produk-produk yang dijual yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Contoh seorang Sales menyasar konsumen berusia 18-30 tahun untuk menjual produk sepatu sport. Seorang Sales mengetahui model dan warna apa yang sangat laku dipasaran, sehingga penjualan dapat, meningkat.
4. Seorang Sales harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Sales dapat mendekati pelanggan untuk melakukan penawaran produk dan jasa. Komunikasi dapat dilakukan melalui telepn, video call, atau bertatap muka.
5. Seorang Sales dapat mengidentifikasi Pelanggan Sasaran, yaitu pembeli potensial, pengguna saat ini, seorang decider (orang yang membuat keputusan untuk melakukan pembelian) dan juga seorang influencer (orang yang mempengaruhi keputusan dan pilihan pembelian).
Lima langkah tersebut adalah salah satu cara yang dilakukan oleh seorang Sales dalam meningkatkan penjualan saat ini dan dimasa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: