Rahasia Sukses Fedex oleh Septo Indarto

1 Okt

Fedex Company (Rahasia Sukses Fedex-Septo Indarto)

Kenapa Fedex bisa menjadi perusahaan yang sangat sukses di tingkat global?
Teknologi apa yang mereka kembangkan?

Untuk mengetahui rahasia sukses Fedex mari kita baca tulisan dibawah ini.

Teknologi Yang Dikembangkan:

Fedex menggunakan sistem pelacakan dan penelusuran untuk membantu untuk meningkatkan layanan dan biaya, teknologi ini yang membuat Fedex unggul dan jauh terdepan dan saat ini diikuti oleh para pesaingnya. Dalam pengiriman paket ke seluruh dunia Fedex menggunakan pesawat Boeing 777F dengan kecepatan yang mampu menempuh jarak 6,600 miles dan mulai digunakan pada bulan September 2009, pesawat mampu mengangkut hingga 102 Metric Tons. Pesawat ini terbang dari kota Memphis ke seluruh dunia.
Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah pengiriman paket ke kota Seoul, Korea Selatan hanya membutuhkan waktu 2 atau 3 hari kerja. Fedex menawarkan kecepatan pelayanan dari Amerika ke Korea Selatan, ini membuktikan pelayanan yang dapat di kontrol secara real time akan mempercepat jasa pelayanan.

Fedex juga satu-satunya perusahaan kargo di dunia yang menerbangkan pesawat tanpa pemberhentian ke kawasan Timur Tengah dengan tujuan utama kota Dubai (UEA). Hal ini bertujuan bahwa penerbangan pesawat Fedex tanpa transit menciptakan efisiensi dan juga kecepatan pengiriman barang. Pada tahun 2008 Fedex juga menerima pengiriman binatang hidup dengan kotak khusus, binatang yan pernah dikirim adalah Panda dari China ke Skotlandia.
Fedex menawarkan paket pengiriman selama satu hari ke seluruh wilayah Amerika. Paket yang dikirim bisa berupa barang dan juga makanan. Hari libur besar seperti Natal dibulan Desember, Fedex bekerja lebih cepat lagi, sperti yang diliput oleh kantor berita ABC dalam acara ABC News, seorang repoter memesan kue Apple Pie ditoko Mom’s Apple Pie Bakery di Occoquan Virginia untuk dikirim ke kota Honolulu Hawaii, proses pengiriman ini hanya memerlukan waktu 6 jam, Fedex menamakan paket Express Fedex. Di kantor Hub Center Fedex pengiriman paket tersebut di kontrol secara Real Time dari mulai awal pemesanan, masuk ke mobil kargo menuju bandara, masuk ke kargo pesawat hingga ke alamat pemesan, semua diperhatikan, karena waktu menjadi sangat penting, semakin cepat bekerja dan memakan waktu yang pendek, maka akan menciptakan efisiensi kerja.

Jaminan yang diberikan
Perusahaan FedEx memberikan jaminan pengiriman barang tepat waktu, semua pengiriman barang dapat di monitor dimana keberadaannya, melalui GPRS. Apa yang dilakukan FedEx diikuti oleh banyak perusahaan pengiriman barang di seluruh dunia.

Bisnis Saat ini
Bisnis FedEx saat ini mencapai U$38 miliar dari pendapatan pengiriman logistic
Fedex saat ini memperkerjakan hampir 300.000 pekerja dan melakukan pegiriman paket dan dan dokumen dalam jumlah jutaan ke 220 negara.

Cara Organisasi Bekerja
Fred Smith memberikan pendelegasian tugas kepada bawahannya untuk operasional di Fedex. Dia menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan orang yang tepat untuk menjadi rekan kerja dalam tim.
Fedex menawarkan kepada para pelanggannya sistem logistik yang saling terhubung, ketika Fedex menawarkan produknya ke perusahaan-perusahaan mereka telah memiliki sistem jaringan yang terintegrasi bahkan mampu mengubungkan titik jaringan pengiriman ke seluruh Amerika. Fedex mempunyai sistem control real time yang dapat mengukur setiap pengiriman, sejak mereka mulai menerimanya dari konsumen hingga mereka mengirimkan sampai ke tempat tujuan. Fedex terus memonitor paket barang selama perjalanan hingga sampai ke alamat tujuan dan para pelanggan yang mengirim juga mengetahui dimana keberadaan paket mereka dalam perjalanan sehingga akan memudahkan para pelanggan untuk memonitornya.

Program Sosial
Sejak tahun 2007, para sukarelawan dari Fedex Corporate Communication telah membantu para murid SMA untuk masuk perguruan tinggi dalam program bagian Memphis Challenge Program. Mereka para sukarelawan mengajar di kelas, para murid sangat terbantu dengan program ini, karena akan mengasah bakat dan keterampilan mereka dalam belajar. Sukarelawan yang mengajar juga membekali mengenai arti sebuah kepemimpinan yang harus dipraktikan oleh murid-murid. Para sukarelawan Fedex juga ikut membantu daerah-daerah yang terkena musibah dan bencana alam. Seperti pembangunan pasca gempa bumi di Haiti dan bencana agin topan di Haiyan. Fedex juga mendukung upaya teknologi ramah lingkungan dan mengajak komunitas untuk berperan aktif dalam melestarikan lingkungan. Fedex juga mendung program Safe Kids Initiatives di 240 kota diseluruh dunia. Fedex menyisikan $1 dari biaya pengiriman barang untuk mendukung program Teach for America yang digunakan untuk membangun sekolah baru, merenovasi sekolah yang sudah ada, melengkapi buku-buku perpustakaan dan alat-alat laboratorium di seluruh sekolah di Amerika. Fedex memberikan beasiswa kepada 221 pelajar pada tahun 2014. Fedex mendukung program kesehatan di Negara-negara berkembang dan Negara yang sedang di landa konflik, seperti pemeriksaan kesehatan dan juga operasi mata katarak.

Program Pelayanan Konsumen
Fedex membangun the Fedex Social Hub, departemen ini berisi beberapa orang untuk memonitor sejauh mana impact dari bisnis Fedex kepada konsumennya melalui sosial media baik di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Google Plus dll. Tim ini mempunyai tugas untuk mengumpulkan berbagai macam informasi yang berasal dari konsumen maupun media online, informasi itu beraneka ragam tetapi semuanya yang berkaitan dengan bisnis Fedex. Tujuannya untuk memonitor semua yang berhubungan dengan aspek bisnis di Fedex. Fedex Social Hub juga mempunyai pelayanan untuk menindak lanjuti permintaan-permintaan konsumen mengenai program-program dan produk-produk Fedex. Tim di Fedex Social Hub juga menangani keluhan-keluhan dari para konsumen yang dibaca dari halaman Fedex yang ada di website Fedex ataupun di halaman Social Media. Komentar-komentar mereka para pelanggan oleh tim disampaikan kepada pihak managemen Fedex.

Fred smith mengatakan bahwa Anda dapat dilindungi oleh hak paten, Anda dapat menemukan lokasi yang tepat, Anda dapat menciptakan produk yang hebat, tetapi jika perdagangan dilakukan apa adanya, sesorang akan menemukan keunggulan Anda untuk diubah menjadi kelemahan Anda (Fred Smith-Founder FedEx).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: