Pemimpin VS Bos- Septo Indarto

8 Agu

Pemimpin VS Bos- Septo Indarto

Banyak orang sering bertanya apa beda seorang pemimpin dan seorang bos. Anggapan orang adalah: Seorang pemimpin adalah seorang bos dan seorang bos adalah seorang pemimpin. Itulah anggapan banyak orang selama ini. Tetapi pada kenyataannya antara Pemimpin dan Bos tentunya sangat berbeda. Seorang Bos belum tentu bisa menjadi seorang pemimpin, seorang pemimpin sudah memiliki sifat-sifat menjadi pemimpin. Dia mampu menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin, sedangkan seorang bos belum tentu dapat menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin.
Perbedaan Seoarang Pemimpin VS Bos
Pemimpin Bos
Banyak melakukan coaching bagi bawahannya Hanya mampu memberi perintah
Menjabat karena kemampuan Menjabat memang mempunyai jenjang karir
Selalu mengatakan Kita adalah TIM Selalu mengatakan Saya adalah Atasan
Selalu bilang kita selasaikan selesaikan tugas itu bersama Selalu bilang Tolong Selesaikan Tugas Itu
Mengembangkan kemampuan bawahan Tidak pernah mau tahu tentang bawahannya
Peduli dengan bawahannya Tidak peduli sama sekali dengan bawahannya
Selalu merasa bahwa kita semua adalah kesatuan dalam kelompok kerja Selalu merasa bahwa atasan dan bawahan adalah berbeda

Jadi antara pemimpin dan bos adalah berbeda. Pemimpin akan selalu tampil di depan dan memberikan arahan kepada anak buahnya bagaimana mereka bekerja. Sedangkan bos selalu berada dibelakang dan menunggu hasil kerja dari anak buahnya.
Perusahaan-perusahaan yang sukses karena mempunyai pemimpin yang mempunyai karakter kepemimpinan yang sangat kuat. Sedangkan perusahaan yang gagal karena mempunyai bos yang sangat berkuasa sehingga organisasi perusahaan tidak mempunyai team work yang kuat. Seorang pemimpin tanpa kenal lelah selalu berusaha mengembangkan kemampuan anak buahnya sedangkan seorang bos tidak mau mengembangkan kemampuan anak buahnya, yang ada dalam mindsetnya adalah: Menyuruh untuk menyelesaikan tugas yang di berikan oleh bos kepada bawahannya dan kemudian memberi gaji saja, sehingga kemampuan anak buah tidak dapat berkembang sama sekali. Ini yan menjadi fokus perbedaan antara Pemimpin VS Bos. Jika seorang pegawai ingin berkembang kemampuannya maka dia harus mempunyai atasan yang berperan sebagai seorang pemimpin bukan berperan sebagai bos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: